Sudah Siap Menjadi Ibu? Catat 5 Langkah Program Hamil Alami Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Kehidupan wanita biasanya akan semakin sempurna jika telah merasakan menjadi ibu. Oleh sebab itu tak heran jika sesudah menikah kamu ingin segera memiliki momongan. Untuk mewujudkannya, kamu bisa mencoba beberapa program hamil alami di bawah ini.

Bukan hanya aman, program hamil alami ini juga tidak mengeluarkan biaya yang mahal, lho.

Baca juga: Mampu Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini Deretan Manfaat Asam Folat untuk Pria

Program hamil alami dengan mencatat siklus menstruasi bulanan

Program hamil alami
Mencatat siklus haid di kalender bisa membantu program hamil berhasil. Sumber foto: Unsplash.com

Jika kamu ingin segera hamil, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenal periode mentsruasimu sendiri. Apakah tanggal kedatangan haidmu teratur setiap bulan? Jika iya, maka siklus bulananmu bisa dikatakan normal.

Namun jika jawabannya tidak, maka bisa jadi periode haidmu terbilang tidak teratur. Hal ini memerlukan perhatian, karena dari situ kamu bisa menghitung kapan tubuhmu menghasilkan sel-sel telur untuk dibuahi.

Informasi ini berguna agar kamu bisa menentukan kapan proses pembuahan, sehingga memperbesar kemungkinan untuk berhasil hamil.

Program hamil alami dengan memantau masa ovulasi

Dilansir dari livescience.com, wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur akan mengalami ovulasi sekitar 2 minggu sebelum menstruasi dimulai. Momen ini adalah saat ketika wanita sedang subur-suburnya dan paling baik untuk dibuahi.

Selain memantaunya melalui alat tes khusus, kamu juga bisa mengetahuinya dengan rajin mengecek cairan lendir yang biasa terdapat pada serviks. Sebelum ovulasi, wanita akan memproduksi jumlah lendir yang lebih banyak, tipis, dan licin.

Jika kamu menemukannya, kemungkinan besar saat itu kamu sedang mengalami masa subur. Manfaatkan momen ini untuk pembuahan, karena lendir tersebut akan membuat sperma lebih mudah membuahi sel telur.

Jadwalkan hubungan intim dengan cermat

Dalam dunia kedokteran ada istilah yang dinamakan ‘fertile window’. Ini diartikan sebagai rentang waktu sekitar 5 hari sebelum sel telur dihasilkan. Menurut the American Society for Reproductive Medicine ini adalah momen wanita yang memiliki siklus haid teratur sedang subur-suburnya.

Oleh karena itu para ahli menyarankan agar pasangan yang ingin segera memiliki keturunan untuk berhubungan intim di rentang waktu tersebut.

Jika proses pembuahan dilakukan setelah 12 sampai 24 jam sel telur dihasilkan, maka kesempatan untuk hamil menjadi menipis karena wanita sudah memasuki siklus menstruasi, dan sel telur tidak lagi berada di tuba falopi.

Perhatikan posisi badan setelah berhubungan intim

Dilansir dari webmd.com, berbaring di atas tempat tidur selama 10 sampai 15 menit setelah berhubungan seks cukup membantu terjadinya proses kehamilan.

Ini karena pada posisi tersebut, kemungkinan sperma yang telah masuk ke dalam serviks tetap diam di situ akan menjadi semakin besar.

Baca juga: Merawat Luka Herpes dengan Cara Sederhana dan Tetap Aman, Simak Panduannya!

Program hamil alami dengan pola hidup sehat

Menurut artikel yang disadur dari healthline.com, pilihan program hamil apapun yang kamu ambil harus diimbangin dengan gaya hidup sehat. Ini penting agar kondisi tubuh semakin prima dan bisa menghasilkan sel-sel telur maupun sperma yang berkualitas.

Tak hanya itu, kamu juga harus memerhatikan pola makan dengan baik. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk mendukung program hamil alami. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Makanan kaya antikosidan

Senyawa antioksidan seperti zinc dan asam folat bisa meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun laki-laki.

Ini karena antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak baik sel-sel telur maupun sperma. Jadi perbanyak makan buah dan sayuran seperti kacang, blueberry, kale, dan semacamnya.

Hindari lemak jenuh

Dilansir dari healthline.com, lemak jenuh bisa meningkatkan risiko kemandulan sebanyak 31 persen dibandingkan lemak tak jenuh.

Jadi agar program hamil yang kamu jalani bisa sukses, ada baiknya mulai menghindari makanan-makanan yang digoreng, mentega, es krim, dan sejenisnya.

Kurangi asupan karbohidrat

Tips ini sangat disarankan bagi wanita yang mengalami gangguan polycystic ovary syndrome (PCOS). Menerapkan pola diet rendah karbohidrat akan membuat kamu memiliki berat badan yang wajar, mengurangi kadar insulin, dan mengurangi lemak.

Ketiga hal tersebut dapat mendorong terjadinya siklus menstruasi yang lebih teratur di kemudian hari.

Itulah beberapa tips seputar program hamil alami yang bisa kamu coba. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor yang dapat diakses melalui aplikasi Grab 24/7 sekarang.

17 Natural Ways to Boost Fertility, https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant#6 diakses pada 5 Agustus 2020

Trying to Conceive: 10 Tips for Women, https://www.livescience.com/44221-how-to-get-pregnant.html diakses pada 5 Agustus 2020

7 Tips for Getting Pregnant Faster, https://www.webmd.com/baby/features/7-tips-getting-pregnant-faster#1 diakses pada 5 Agustus 2020

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin