Penyakit Jantung

Tanda-tanda Awal Serangan Jantung yang Sering Diabaikan, Apa Saja?

February 2, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Saat mendengar tentang serangan jantung, yang terpikirkan pastinya gejala yang berkaitan dengan rasa sakit di sekitar dada. Nyatanya, tidak semua serangan jantung menimbulkan tanda tersebut. 

Oleh karena itu, kamu perlu untuk lebih mewaspadai gejala-gejala serangan jantung. Ada tanda-tanda awal serangan jantung yang sering tidak disadari penderitanya.

Dengan mengenali tanda awal serangan jantung, maka dapat dilakukan perawatan yang tepat untuk mencegah akibat yang fatal. 

Gejala awal serangan jantung yang sering diabaikan

Dilansir Healthline, 85 persen kerusakan jantung terjadi dalam 2 jam pertama setelah serangan jantung. Saat seorang mengalami serangan jantung, dapat menimbulkan tanda-tanda awal di antaranya:

1. Nyeri ringan di dada

Dengan kata lain, serangan jantung bukan hanya nyeri hebat di dada. Nyeri ringan juga perlu diwaspadai. Biasanya rasa nyeri ini juga bisa datang dan pergi. 

2. Nyeri di bagian tubuh lain

Seperti yang sudah disebutkan di awal, jika tanda serangan jantung bukan hanya nyeri di dada. Bisa juga berupa nyeri di bahu, leher, punggung, lengan, rahang atau perut.

Bagian-bagian tersebut memang tidak berada di sekitar jantung, tapi saat merasakan nyeri yang tidak wajar di bagian tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

3. Sesak napas

Sesak napas umumnya datang setelah nyeri dada dirasakan. Tapi tidak selalu seperti itu. Sesak napas juga bisa terjadi tanpa gejala serangan jantung lain. Jadi tetap waspadai saat tiba-tiba mengalami sesak napas. 

4. Tanda-tanda lainnya

Selain yang sudah disebutkan, gejala awal serangan jantung dapat berupa keringat dingin, mual, muntah, using, kecemasan dan kebingungan. Terkadang, mengorok yang tidak seperti biasanya juga perlu diwaspadai sebagai salah satu tanda serangan jantung.

Gejala serangan jantung dari faktor jenis kelamin

Jika di atas sudah disebutkan gejala awal serangan jantung secara umum yang perlu kamu waspadai, ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui. Gejala serangan jantung dapat berbeda tergantung jenis kelamin. 

Nah, berikut beberapa perbedaan gejala awal serangan jantung pada pria dan wanita:

Gejala serangan jantung pada pria

  • Tekanan di dada. Orang akan mengungkapkan rasa tekanan itu seperti ada gaja yang duduk di dada. Tekanan itu bisa terjadi intens atau datang dan pergi. 
  • Rasa tidak nyaman di bagian lengan, bahu kiri, punggung, leher, rahang dan perut
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Perut tidak nyaman seperti gangguan pencernaan
  • Sesak napas, bahkan saat sedang tidak mengerjakan apapun
  • Pusing dan keringat dingin

Gejala serangan jantung pada wanita

Selain nyeri di dada, berikut tanda awal serangan jantung pada wanita yang perlu diwaspadai:

  • Kelelahan yang bisa berlangsung beberapa Hari tau kelelahan yang tiba-tiba
  • Gangguan tidur
  • Gelisah
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Gangguan pencernaan
  • Tekanan di dada tenga yang menyebar ke lengan

Meskipun tidak yakin, tapi jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera cari bantuan medis sebelum serangan jantung terlambat ditangani. 

Kenali silent heart attack: serangan jantung tersembunyi

Selain seringkali mengabaikan gejala awal serangan jantung, ada juga yang disebut dengan serangan silent heart attack. Di mana orang tersebut tidak menyadari dirinya sudah mengalami serangan jantung. 

Bahkan menurut Duke University Medical Center, sebanyak 200 ribu orang di Amerika tidak menyadari dirinya telah mengalami serangan jantung.

Kondisi tersebut kemudian mengakibatkan kerusakan jantung. Penderitanya pun lebih berisiko mengalami serangan jantung kembali di kemudian hari.

Walaupun disebut serangan jantung diam, sebenarnya orang yang mengalaminya mendapatkan beberapa gejala. Mungkin hanya tidak disadari. Beberapa yang biasanya muncul sebagai gejala antara lain:

  • Tidak nyaman di dada, lengan dan rahang yang hilang setelah istirahat
  • Sesak napas dan gampang kelelahan
  • Gangguan tidur dan lebih mudah lelah
  • Sakit perut 
  • Kulit lebih kering

Lakukanlah pemeriksaan rutin untuk mengenali gejala yang mungkin terjadi. Diagnosis yang lebih awal dapat membantu kamu mengatasi dan mencegah kerusakan jantung yang mungkin terjadi. 

Demikian informasi tanda awal serangan jantung yang sebaiknya tidak diabaikan. Semoga kamu jadi lebih waspada dengan kemungkinan serangan jantung dan gejalanya, ya!

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan mental? Konsultasikan melalui Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberikan solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 2 Februari 2021
Symptoms of a Heart Attack
Heart.org, diakses 2 Februari 2021
Warning Signs of a Heart Attack
WebMd, diakses 2 Februari 2021
Never Ignore These 11 Heart Symptoms
Harvard Health Publishing,diakses 2 Februari 2021
Could you have a heart attack and not know it?

    Berita Terkait
    register-docotr