Penyakit Jantung

Suara Berdesing pada Jantung, Berbahayakah?

April 9, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Suara berdesing pada jantung bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kondisi ini dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Apakah suara berdesing pada jantung berbahaya? Apa saja gejala yang bisa ditimbulkan? Ketahui selengkapnya di sini.

Baca juga: Awas! Ini 7 Komplikasi Akibat Hipertensi yang Patut Diwaspadai

Kenali suara berdesing pada jantung

Suara berdesing pada jantung (murmur jantung atau heart murmur) adalah suara yang dibuat oleh darah yang bergolak di dalam atau di dekat jantung. Suara ini dapat terdengar seperti desingan atau tiupan. Dokter dapat mendengar suara ini melalui stetoskop.

Detak jantung yang normal dapat membuat dua suara seperti “lub-dupp” ketika katup jantung menutup. Murmur jantung dapat muncul saat lahir atau bawaan. Namun, kondisi ini juga dapat terjadi di kemudian hari.

Apa penyebab suara berdesing pada jantung?

Penyebab murmur jantung bisa diketahui berdasarkan jenisnya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai penyebab murmur jantung.

1. Innocent heart murmurs

Seseorang dengan innocent murmur memiliki jantung yang normal. Murmur jantung ini umumnya memengaruhi bayi yang baru lahir atau anak-anak. Innocent murmur dapat terjadi ketika darah mengalir lebih cepat dibandingkan dengan biasanya melalui jantung.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan aliran darah mengalir cepat melalui jantung, yakni:

  • Aktifitas fisik atau olahraga
  • Kehamilan
  • Demam
  • Anemia atau kondisi yang terjadi ketika tidak memiliki cukup sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh
  • Kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme)
  • Fase pertumbuhan yang cepat, misalnya saja masa remaja

Sering dengan waktu, innocent heart murmur dapat hilang dengan sendirinya. Selain itu, innocent heart murmur juga dapat bertahan seumur hidup, akan tetapi tidak menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut.

2. Abnormal heart murmurs

Penyebab abnormal heart murmur pada orang dewasa dan anak-anak berbeda. Pada orang dewasa, murmur jantung jenis ini seringkali disebabkan oleh masalah pada katup jantung.

Sedangkan pada anak-anak, abnormal heart murmur dapat terjadi karena masalah struktural pada jantung atau kelainan jantung bawaan.

Kelainan bawaan pada jantung yang bisa menyebabkan abnormal heart murmur di antaranya adalah:

Terdapat lubang pada jantung

Bergantung pada ukuran dan lokasi lubang, kondisi ini dapat berlangsung serius atau tidak.

Cardiac shunts

Kondisi ini terjadi ketika terdapat aliran darah yang abnormal di antara ruang jantung atau pembuluh darah.

Masalah katup jantung bawaan

Misalnya saja seperti katup yang tidak memungkinkan cukup darah untuk melewatinya atau stenosis dan katup yang bocor (regurgitasi).

Pada orang dewasa dan anak-anak yang lebih besar, penyebab dari abnormal heart murmur dapat termasuk infeksi dan kondisi yang memengaruhi struktur jantung, seperti:

Kalsifikasi katup

Pengerasan atau penebalan pada katup ini seperti pada kasus stenosis mitral atau stenosis katup aorta, yang mana dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

Katup dapat mengalami penyempitan (stenotik), sehingga menyebabkan darah lebih sulit untuk mengalir melalui jantung dan mengakibatkan murmur jantung.

Endokarditis

Infeksi pada lapisan dalam jantung dan katup ini dapat terjadi ketika bakteri atau kuman yang berasal dari bagian tubuh lain menyebar melalui aliran darah kemudian menempel pada jantung.

Demam rematik

Demam rematik adalah kondisi serius yang terjadi ketika infeksi radang tenggorokan tidak ditangani dengan cepat. Secara permanen, ini dapat memengaruhi katup jantung dan mengganggu aliran darah normal melalui jantung.

Baca juga: Mungkinkah Serangan Jantung Bisa Terjadi Disebabkan oleh Stres?

Apakah suara berdesing pada jantung berbahaya?

Berbahaya atau tidaknya suara berdesing pada jantung bergantung dari penyebabnya. Berdasarkan Aurora Health Care, innocent heart murmur tidak berbahaya. Di sisi lain, innocent murmur bukanlah merupakan tanda dari penyakit jantung.

Sedangkan, abnormal heart murmur adalah kondisi yang perlu diwaspadai  dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya.

Meskipun demikian, seseorang harus segera menghubungi dokter apabila mengalami gejala tertentu, seperti nyeri dada, sesak napas, kelelahan, atau palpitasi jantung.

Gejala murmur jantung

Pada kasus innocent heart murmur, ini mungkin saja tidak menimbulkan gejala apapun. Sementara itu, bergantung pada penyebabnya, abnormal heart murmur bisa menimbulkan gejala, seperti:

  • Kulit berwarna kebiruan, terutama pada ujung jari dan bibir
  • Penambahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba
  • Sesak napas
  • Batuk kronis
  • Pembesaran hati
  • Nyeri dada
  • Pusing

Itulah beberapa informasi mengenai suara berdesing pada jantung. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Aurora Health Care (2017). Diakses pada 08 April 2021. 5 Vital Answers You Should Know — Heart Murmurs 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 08 April 2021. Heart murmurs 

Webmd (2020). Diakses pada 08 April 2021. What Are Heart Murmurs? 

    register-docotr