Penyakit Jantung

10 Buah yang Baik untuk Jantung, yang Mana Favoritmu?

March 29, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sayuran berdaun hijau, teh hijau dan ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ada juga buah yang baik untuk jantung. 

Dua yang paling dikenal baik untuk jantung adalah berries dan alpukat. Selain itu apa saja buah lainnya yang juga baik untuk jantung? Berikut daftarnya untuk kamu. 

Baca Juga: Ini Dia Beberapa Ciri-ciri Jantung Sehat yang Perlu Diketahui

10 buah yang baik untuk jantung

Kalau kamu tidak menyukai buah-buahan di bawah ini, mungkin kamu perlu mempertimbangkan kembali untuk mencobanya. Karena buah-buahan berikut ini memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan jantung.

1. Berries

Stroberi, blueberry, blackberry dan raspberry termasuk ke dalam buah yang menyehatkan jantung. Karena buah-buahan tersebut sumber antioksidan yang baik. 

Antioksidan memiliki peran penting untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi saat radikal bebas menumpuk, yang kemudian dapat berkembang menjadi penyakit jantung. 

Selain itu, buah-buahan tersebut juga dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Seperti menurunkan kadar kolesterol darah. Seperti yang ditemukan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 27 orang dewasa dengan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah beberapa gangguan kesehatan yang terjadi bersamaan. Peserta tersebut diminta minum minuman dari stroberi beku selama 8 minggu dan hasilnya kolesterol jahat mengalami penurunan hingga 11 persen. 

2. Alpukat

Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalam alpukat dapat menyehatkan jantung. Alpukat juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian juga membuktikan jika mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Anggur

Mengonsumsi buah anggur membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Keduanya terkait erat dengan kesehatan jantung. 

Anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kaya akan kandungan kalium. Dalam satu cangkir atau 151 gram anggur mengandung 288 gram kalium. Senilai dengan 6 persen dari nilai harian yang disarankan. 

4. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Buah jeruk juga menjadi sumber kalium yang baik, karena kalium adalah salah satu nutrisi yang dapat mendukung kesehatan jantung.

5. Pepaya

Kaya antioksidan dan mengandung vitamin A, C dan E, membuat pepaya menjadi salah satu buah yang menyehatkan jantung. Karena dapat melindungi jantung dari stres oksidatif dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, yang juga dapat mengontrol tekanan darah. 

Menurut penelitian, diet yang kaya kalium dapat menurunkan tekanan darah dan orang yang mendapat asupan kalium yang baik dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27 persen. 

7. Apel

Apel memiliki kandungan prebiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus. Usus yang sehat terkait dengan perlindungan pada kardiovaskular. 

Selain itu, apel juga dikenal sebagai buah yang baik untuk jantung karena dapat mengurangi kolesterol. Sebuah penelitian juga menunjang manfaat apel untuk kesehatan jantung. 

Penelitian itu menemukan bahwa memakan satu apel setiap hari selama 4 minggu dapat membantu menurunkan kadar zat dalam darah terkait dengan kesehatan arteri. Arteri yang sehat mendukung kesehatan jantung. 

Baca Juga: Inilah Jenis Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Jantung

8. Persik

Dilansir dari Healthline, persik termasuk buah yang baik untuk jantung, karena dapat mengontrol beberapa faktor risiko penyakit jantung. Seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol darah. 

9. Aprikot

Warna oranye dari aprikot penanda adanya antioksidan, seperti karotenoid. Antioksidan adalah kandungan yang menyehatkan jantung. Selain itu, aprikot juga sumber vitamin A, C, E dan K yang baik, sekaligus kaya serat. 

Sehingga bukan hanya dapat menyehatkan jantung, tetapi juga baik untuk kesehatan secara umum. Apalagi buah ini juga kaya akan serat. 

10. Delima

Delima adalah buah yang kaya dengan antioksidan, seperti polifenol dan antosianin. Keduanya berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan tung dan dapat membantu mencegah pengerasan arteri. 

Sebuah penelitian menemukan jika pasien dengan penyakit jantung rutin minum jus delima dengan dosis tertentu selama 3 bulan dapat meningkatkan aliran darah ke jantung.

Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan di atas untuk menjaga kesehatan jantungmu. Demikian informasi buah-buahan yang sebaiknya kamu konsumsi untuk kesehatan jantungmu.

Punya pertanyaan lebih lanjut? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini

Reference

Healthline, diakses 24 Maret 2021
15 Incredibly Heart-Healthy Foods
Healthline, diakses 24 Maret 2021
10 Surprising Health Benefits and Uses of Peaches
Healthline, diakses 24 Maret 2021
11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas
Healthline, diakses 24 Maret 2021
Top 12 Health Benefits of Eating Grapes
Health, diakses 24 Maret 2021
22 Heart-Healthy Foods to Start Eating ASAP

    register-docotr