Menyusui

Penyebab Bayi Menggigit Saat Menyusu dan Cara Mengatasinya

May 18, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bayi menggigit saat menyusu bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan. Moms mungkin salah mengartikan hal ini sebagai indikasi bahwa bayi siap untuk disapih. Tapi bisa saja itu memiliki makna yang lain.

Memahami mengapa bayi menggigit saat disusui dapat membantu Moms menghentikan atau menghindari hal ini terjadi.

Baca juga: KB untuk Ibu Menyusui yang Aman Apa Ya? Yuk Moms Simak 7 Pilihan Berikut

Penyebab bayi mengigit saat menyusu

Alasan mengapa bayi menggigit saat menyusu tidak selalu bisa dipastikan. Namun, ada beberapa hal umum yang menjadi penyebab kejadian ini, di antaranya adalah:

1. Bayi sedang tumbuh gigi

Tumbuh gigi bisa dimulai kapan saja, dan menyebabkan gusi bayi sakit dan bengkak. Jika Moms melihat bayi senang menggigit puting di periode ini, bisa jadi itu pertanda bahwa ia lebih tertarik untuk menghilangkan rasa sakit daripada menyusui.

2. Bayi sedang merasa bosan

Sering kali bayi akan menggigit payudara karena dia terganggu oleh apa yang terjadi di sekitarnya. Hal ini sering terjadi menjelang akhir sesi menyusui, saat ia merasa bosan dan tidak lapar lagi.

Jika memungkinkan, cobalah untuk menyusui di ruangan yang tenang, guna menghindari terlalu banyak gangguan.

3. Bayi ingin perhatian lebih

Bayi yang berusia lebih tua cenderung membutuhkan perhatian yang signifikan dan mungkin akan menggigit puting jika mereka merasa kurang mendapatkan hal tersebut.

Untuk itu, cobalah untuk menjaga kontak mata dan terlibat dengan bayi saat menyusui.

Mengawasi bayi dengan waspada saat menyusui, dan mengeluarkannya segera setelah ia selesai menyusu secara aktif juga dapat mencegah kemungkinan gigitan.

4. Bayi ingin lebih banyak air susu ibu (ASI)

Kadang-kadang ketika suplai ASI menurun, bayi mungkin menggigit dan menarik kembali, mencoba mengeluarkan ASI lagi dari payudara.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi suplai ASI secara negatif adalah menstruasi, kehamilan saat menyusui, metode kontrasepsi hormonal, beberapa obat dan suplemen, dan bahkan stres.

5. ASI terlalu banyak

Bayi juga dapat menjadi frustrasi dan kewalahan oleh aliran ASI yang terlalu cepat atau terlalu banyak. Hal ini dapat membuat ia secara tidak sengaja mengigit payudara ketika menyusu.

Tips mengatasi bayi menggigit saat menyusu

Dilansir Mom Junction, ada berbagai cara untuk mencegah bayi menggigit puting, di antaranya adalah:

1. Katakan ‘tidak’

Saat bayi menggigit, katakan ‘tidak’ dengan suara yang tenang dan tegas jika ia menggigit untuk kali pertama. Lanjutkan menyusui dengan cara biasa.

Jangan berteriak karena dapat membuat bayi takut dan dapat menyebabkan penolakan payudara.

2. Akhiri sesi menyusui

Jika bayi menggigit berulang kali, katakan dengan tegas ‘tidak’ dan akhiri proses menyusui. Metode penguatan negatif ini dapat membantu bayi memahami bahwa menggigit tidak dapat diterima.

Moms dapat dengan tenang melepaskannya dari payudara sampai mereka belajar menyusu tanpa menggigit.

3. Tawarkan sesuatu untuk dikunyah

Menggigit dapat dikurangi dengan menawarkan sesuatu untuk dikunyah sebelum menyusui. Moms bisa memberi mereka teether atau kain bersih dingin atau basah. Metode ini sangat membantu untuk bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi.

4. Jangan menyusui saat bayi terlalu mengantuk

Bayi malas atau mengantuk tidak dapat menyusu dengan baik. Jadi upayakan untuk memberi ASI di saat mereka sedang terjaga agar dapat menyusu secara aktif.

5. Pastikan posisi latch on telah tepat

Bibir bayi harus terbuka lebar sementara lidahnya harus melingkari putting saat menyusu, dengan begitu lidah akan menutupi gusi dengan kait yang baik, sehingga dapat mencegah gigitan.

Jika bayi kesulitan melakukan posisi ini, letakkan bayi sedekat mungkin dengan payudara. Lidah akan menutupi gusi bayi selama pelekatan dan pengaturan posisi yang benar.

6. Dekatkan jari ke mulutnya

Ini dapat membantu melepaskan kaitnya dengan mudah saat mulai menggigit.

7. Cobalah untuk menghindari reaksi dramatis

Meskipun berteriak atau berteriak mungkin merupakan naluri pertama Moms saat digigit. Tapi itu tidak membantu dalam situasi ini dan dapat menjadi bumerang.

Bayi mungkin menjadi kesal dan lebih sering menggigit jika mereka takut dengan respons yang Moms berikan tersebut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medela diakses pada 15 Mei 2021

Healthline diakses pada 15 Mei 2021

Mom Junction diakses pada 15 Mei 2021

 

    register-docotr