Menyusui

Moms! Ini Pilihan Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi

January 9, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Flu adalah salah satu keluhan umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Akan tetapi, jika ibu menyusui mengalami flu, ia diharuskan selektif dalam memilih obat flu untuk ibu menyusui. Pasalnya, tidak semua obat aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Nah, agar Moms mengetahui apa saja obat flu yang aman dikonsumsi, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Inilah Snack yang Aman Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui

Obat flu untuk ibu menyusui

Influenza atau flu adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza yang dapat menginfeksi hidung, tenggorokan atau bahkan paru-paru. Flu dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Ketika ibu menyusui terserang flu, ini harus segera diobati. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk meredakan gejala flu adalah dengan meminum obat. Akan tetapi, ibu menyusui tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi obat flu.

Nah, berikut ini adalah daftar lengkap mengenai obat flu yang aman untuk ibu menyusui.

1. Dekongestan, obat flu untuk ibu menyusui

Dekongestan adalah obat yang dapat meredakan gejala flu dengan cara membuka saluran hidung dan meningkatkan pernapasan. Pseudoephedrine dan phenylephedrine adalah dekongestan oral untuk mengobati hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, alergi, dan infeksi sinus.

Meskipun demikian, pseudoephedrine dapat mengurangi suplai ASI. Di sisi lain, sebelum mengonsumsi dekongestan, Moms juga harus memerhatikan pengaruhnya pada si Kecil. Sebab, terdapat potensi kegelisahan dan rewel pada bayi.

Jika Moms tidak ingin suplai ASI menurun, Moms dapat menggunakan dekongestan dalam bentuk semprot hidung dibandingkan dengan dekongestan oral. Ingat, sebelum menggunakan obat flu untuk ibu menyusui ini, sebaiknya bicarakanlah terlebih dahulu pada dokter.

2. Antihistamin

Kadangkala, flu merupakan salah satu gejala dari alergi. Salah satu obat yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk menangani kondisi ini adalah antihistamin. Namun, sebelum mengonsumsinya Moms harus memerhatikan kandungan obat.

Sebab, beberapa obat alergi dapat menyebabkan kantuk, seperti diphenhydramine dan chlorpheniramine. Mengonsumsi obat tersebut ketika Moms menyusui juga dapat menyebabkan bayi mengantuk.

Untuk menghindari efek samping tersebut, sebaiknya pilihlah antihistamin yang tidak menimbulkan efek samping mengantuk, seperti loratadine.

3. Ibuprofen

Gejala flu bervariasi pada masing-masing individu. Sebagian orang mungkin saja merasakan pegal-pegal atau bahkan membutuhkan obat pereda nyeri untuk sakit tenggorokan. Obat pereda nyeri seperti ibuprofen adalah salah satu pilihan yang aman untuk ibu menyusui.

Perlu Moms ketahui bahwa sejumlah kecil ibuprofen dapat masuk ke dalam ASI, tetapi ini tidak akan menimbulkan bahaya pada bayi.

Sebaiknya, hindarilah konsumsi ibuprofen ketika Moms menderita sakit maag atau asma. Sebab, ini dapat memperburuk gejala dari kedua kondisi tersebut.

Janganlah konsumsi ibuprofen dalam jangka waktu lama dan selalu ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter.

Baca juga: Do’s & Don’ts yang Perlu Moms Perhatikan Ketika Menyusui saat Hamil

4. Paracetamol

Beberapa obat batuk dan flu mengandung paracetamol yang juga aman dikonsumsi saat menyusui. Sama halnya seperti ibuprofen, sejumlah kecil paracetamol juga dapat masuk ke dalam ASI dan tidak membahayakan bayi.

Dengan catatan, Moms harus mengonsumsi obat flu untuk ibu menyusui ini sesuai dengan anjuran dokter, dan konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter jika bayi lahir prematur, memiliki berat badan rendah dan memiliki kondisi medis tertentu.

5. Obat antivirus

Melansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), obat antivirus aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Meskipun demikian, obat antivirus harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter.

Pengobatan rumahan untuk meredakan gejala flu

Obat flu untuk ibu menyusui memang memiliki banyak pilihan. Namun, ada beberapa cara mudah yang bisa Moms lakukan untuk meredakan gejala flu di rumah seperti berikut ini:

  • Perbanyak istirahat. Istirahat yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga Moms dapat pulih lebih cepat
  • Untuk mengurangi penyumbatan dan penumpukan lendir, Moms dapat mengonsumsi sup ayam hangat. Kehangatan dari sup bisa meredakan sakit tenggorokan maupun tenggorokan gatal
  • Untuk meredakan hidung tersumbat akibat flu, Moms bisa mengonsumsi campuran air madu dengan lemon

Nah, itulah beberapa informasi mengenai obat flu untuk ibu menyusui. Sebaiknya, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter, ya. Dokter akan memberikan saran terbaik untuk mengobati flu yang Moms alami.

Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantu Moms dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2019). Diakses pada 29 Desember 2020. Influenza (Flu) 

Healthline (2016). Diakses pada 29 Desember 2020. Is It Safe to Take Cold Medicine While Breast-Feeding? 

Kelly Mom (2020). Diakses pada 29 Desember 2020. Cold and Allergy Remedies Compatible with Breastfeeding 

NHS (2018). Diakses pada 29 Desember 2020. Can I take ibuprofen while I’m breastfeeding? 

NHS (2018). Diakses pada 29 Desember 2020. Can I take paracetamol while I’m breastfeeding? 

    register-docotr