Menyusui

Jangan Salah Pilih! Inilah Snack yang Aman Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui

August 4, 2020 | Felicia Elfriestha
no-image

Saat sedang menyusui pastinya Moms ingin mengonsumsi berbagai camilan yang mengenyangkan. Tetapi jangan sampai salah pilih ya Moms, inilah snack yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui, simak yuk!

Baca Juga: Agar Produksi Melimpah, Ini 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Snack yang aman untuk ibu menyusui

Biasanya para ibu menyusui memiliki nafsu makan yang meningkat dari biasanya. Nah agar tetap sehat dan ASI makin melimpah, inilah beberapa snack yang aman dikonsumsi ibu menyusui, antara lain:

Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik dan mudah dicari untuk para ibu menyusui. Buah ini sangat baik untuk masa-masa laktasi, karena mengandung asam folat.

Tak hanya asam folat saja, buah berwarna kuning ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium, yang juga diperlukan saat menyusui sang buah hati.

Yoghurt

Yoghurt merupakan camilan ibu menyusui yang berfungsi sebagai probiotik. Selain itu, yoghurt akan membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus. 

Moms sebaiknya memiliki greek yoghurt untuk dijadikan camilan sehat. Yoghurt ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein dan probiotik alami yang baik bagi kesehatan, khususnya bagi sistem pencernaan dan juga rendah kalori.

Dark chocolate dan raspberry

Selain lezat rasanya ternyata cokelat merupakan camilan yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui lho.

Dark chocolate ternyata memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi yang berfungsi untuk membantu menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

Selain itu, agar lebih sehat lagi Moms bisa mengonsumsi dark chocolate dengan buah-buahan segar, seperti halnya raspberry.

Tak hanya segar, raspberry merah diketahui juga memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan kandungan vitamin C yang baik bagi ibu menyusui.

Buah-buahan

Para ibu menyusui sangat disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi plasenta. 

Selain itu, vitamin juga dapat membantu penyerapan zat besi yang didapat dari makanan. Vitamin C juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu menyusui tidak mudah terserang penyakit.

Smoothies

Smoothies juga dapat dijadikan alternatif untuk para ibu menyusui yang ingin mengonsumsi snack sehat. Manfaat smoothies untuk ibu menyusui juga tak jauh berbeda dengan buah segar. 

Selain itu, smoothies adalah cemilan ibu menyusui agar tidak gemuk oleh karena minuman sehat ini kaya akan kandungan karbohidrat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama yang membuat badan ibu menyusui tetap terjaga.

Telur rebus

Ternyata, telur rebus memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat bagi ibu menyusui, lho.

Mengonsumsi telur rebus dapat mengurangi risiko gangguan jantung seperti stroke dan serangan jantung.

Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, zat besi dan lainnya yang bermanfaat untuk ibu menyusui.

Popcorn

Popcorn bisa jadi salah satu camilan yang sehat dan lezat buat ibu menyusui lho. Popcorn bisa menjadi camilan tinggi serat yang dapat mencegah sembelit jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. 

Selain itu, popcorn yang terbuat dari bahan utama jagung memiliki serat yang sangat tinggi sehingga membuat Moms kenyang lebih lama.

Supaya kalorinya tetap terjaga, usahakan untuk tidak menambahkan terlalu banyak bahan tambahan seperti mentega, karamel, gula, perasa dan bahan lainnya, karena justru bisa mengurangi manfaat sehatnya.

Kamu bisa membuat popcorn dengan cara dipanggang. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun untuk memberi rasa gurih yang sehat dibandingkan dengan menggunakan mentega.

Granola bar

Granola bar dengan campuran buah kering bisa dijadikan snack memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. 

Caranya mudah kamu campurkan beragam biji-bijian dan buah kering seperti ceri kering dengan almond, dark chocolate chips, dan biji labu panggang.

Selain bisa membuat kenyang dan mudah dikonsumsi, granola bar juga baik karena mengandung gandum murni.

Gandum yang menjadi sumber karbohidrat diketahui baik bagi jantung dan juga untuk proses produksi ASI. Jangan lupa memilih granola bar yang rendah gula ya, Moms supaya manfaatnya lebih maksimal.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Positif Corona Tetap Menyusui Bayinya? Ini Fakta Pentingnya!

Kelapa muda

Air kelapa muda sangat cocok untuk selingan bagi ibu menyusui. Air kelapa muda adalah alternatif air minum yang sangat menyegarkan dan sehat. Air kelapa muda juga dikenal memiliki kandungan asam laurat dan asam lemak yang berguna untuk daya tahan bayi. 

Tidak hanya itu saja, air kelapa muda juga memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui. Air kelapa bisa menjadi pengganti cairan tubuh yang alami yang sangat bagus bagi ibu menyusui dan bayinya.

Selain itu, air kelapa muda juga dapat membantu melancarkan ASI, membantu menguatkan daya tahan tubuh bayi (melalui ASI), serta melancarkan pencernaan.

Edamame

Edamame merupakan kacang berwarna hijau muda yang penuh dengan protein, serat, dan vitamin K. Saat ini edamame sudah banyak dijual dalam berbagai olahan dan kemasan, bahkan ada yang sudah siap makan jika Moms ke resto-resto.

Jika membeli di supermarket yang masih utuh, Moms bisa mengolahnya dengan cara direbus dalam air mendidih selama beberapa menit dan taburi sedikit garam.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. kindredbravely.com (2018) diakses 4 Agustus 2020. 20 Quick and Healthy Breastfeeding Snacks. 4 Agustus 2020 pukul 14.00.
  2. family.disney.com (2015) diakses 3 Agustus 2020.11 Healthy No-Prep Snacks for Nursing Moms. 4 Agustus 2020 pukul 14.30.
  3. bp-guide.id (2017) diakses 4 Agustus 2020. 11 Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui agar Ibu dan Anak tetap Sehat
    . 4 Agustus 2020 pukul 15.00.
  4. parenting.firstcry.com (2018) diakses 10 November 2020. Eating Eggs During Breastfeeding – Is It Safe?
    Berita Terkait
    register-docotr