Kesehatan Anak

Tips Memilih Minyak Telon untuk Redakan Kolik pada Bayi dengan Kulit Sensitif

April 22, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kelahiran si Kecil tentu membawa suka cita bagi seisi rumah. Namun ada beberapa momen di mana ia tiba-tiba sering menangis tanpa alasan yang jelas. Umumnya hal ini terjadi karena bayi mengalami kolik.

Meski hal ini bisa membuat Moms merasa frustrasi, cobalah untuk tetap tenang saat mengatasi bayi kolik. Untuk membantu bayi meredakan koliknya, Moms juga bisa mengatasinya dengan memberikan minyak telon.

Namun perhatikan isi kandungan minyak telon yang akan diberikan pada si Kecil, ya. Supaya tetap aman bagi kulitnya yang masih sangat lembut dan cenderung sensitif.

Mengenal masalah kolik pada bayi

Bayi baru lahir umumnya masih perlu beradaptasi dalam berbagai hal di sekitarnya. Tak jarang proses ini menimbulkan kekhawatiran bagi Moms, karena si Kecil menjadi rewel dan terlihat kesakitan.

Hal yang paling sering dikeluhkan ketika si Kecil rewel adalah karena ia mengalami kolik. Kolik adalah istilah untuk menjelaskan tangisan berlebihan pada bayi yang sehat. Periode rewel ini bisa berlangsung berjam-jam, bahkan terkadang hingga larut malam.

Dilansir dari Web MD, kolik terjadi ketika bayi yang tidak sakit atau lapar, namun menangis lebih dari 3 jam sehari, lebih dari 3 hari sepekan, dan selama lebih dari 3 pekan.

Sampai dengan saat ini, para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan kolik. Namun beberapa teori tentang apa yang ada di baliknya meliputi:

  1. Pertumbuhan sistem pencernaan dengan otot yang sering tegang
  2. Gas yang terperangkap di dalam perut susah dikeluarkan
  3. Hormon yang menyebabkan sakit perut atau kembung
  4. Terlalu banyak stimulasi
  5. Sistem saraf yang berkembang
  6. Bentuk awal migrain pada masa kanak-kanak
  7. Ketakutan, frustrasi, atau kegembiraan
  8. Sensitivitas terhadap cahaya, kebisingan, dan sejenisnya.

Penanganan untuk meredakan kolik

Mengingat penyebab kolik tidak jelas, maka tidak ada pengobatan yang pasti untuk mengatasi kondisi tersebut. Namun biasanya dokter anak akan merekomendasikan beberapa hal yang mungkin bisa menenangkan mereka.

Pastikan mereka tidak lapar

Jika Moms sedang menyusui, tanyakan kepada dokter apakah obat yang Moms minum atau makanan yang Moms makan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada si Kecil.

Pijat tubuhnya dengan lembut

Pijat adalah pengobatan yang aman dan efektif untuk meredakan kolik pada bayi. Dibandingkan dengan pengobatan kolik potensial lainnya, risiko efek sampingnya juga sangat rendah dan metodenya sendiri menyenangkan bagi orang tua dan anak.

Oleskan minyak telon

Minyak telon adalah salah satu minyak esensial yang terbuat dari ekstrak tumbuhan aromatik dan memiliki banyak kegunaan. Ini dapat digunakan untuk membantu mendorong tidur, menenangkan kecemasan, dan bahkan meredakan gejala kolik.

Tips memilih minyak telon untuk mengatasi kolik

Meski telah digunakan secara turun temurun, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama sebelum Moms memilih minyak telon untuk si Kecil. Ini penting, karena menggunakan minyak telon yang tepat tidak hanya dapat meredakan kolik, tapi juga melindungi kulit bayi yang lembut.

Terapkan beberapa tips berikut sebelum memilih minyak telon untuk si Kecil. Beberapa di antaranya adalah:

1. Hindari bahan-bahan yang tidak aman untuk kulit sensitif si Kecil

Bayi secara alami memiliki kulit yang lebih sensitif daripada kulit anak-anak yang lebih tua maupun orang dewasa. Beberapa bayi dengan kulit sensitif bahkan rentan mengalami kulit kering dan ruam setelah terkena kontak dengan zat-zat tertentu.

Di sini Moms harus jeli, karena meski di pasaran ada banyak produk perawatan bayi, namun tak jarang kandungan di dalamnya masih mengandung zat-zat berbahaya.

Oleh karena itu, pastikan Moms membaca terlebih dulu tentang bahan yang terkandung dalam minyak telon sebelum digunakan pada si Kecil. Sebaiknya hindari bahan-bahan berikut, apalagi jika si Kecil terlahir dengan kondisi kulit sensitif

Cajuput (kayu putih)

Minyak kayu putih dihasilkan dengan penyulingan uap daun segar dari pohon kayu putih. Ini merupakan jenis minyak esensial yang paling umum dikenali para ibu di Indonesia.

Minyak kayu putih biasa digunakan untuk mengobati pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit gigi, infeksi kulit, nyeri, dan gangguan kolik.

Namun dilansir dari Web MD, bayi dan anak-anak tidak disarankan memakai minyak esensial itu, karena selain bisa terlalu panas, juga rentan menyebabkan reaksi alergi seperti iritasi, kemerahan, sampai gangguan pernapasan, terutama pada bayi dengan kulit sensitif.

Parfum

Ya, mungkin aromanya harum, tetapi jurnal yang diterbitkan di The Dermatologist menyatakan bahwa wewangian adalah pemicu alergi yang cukup kuat pada bayi.

Untuk mencegah si Kecil terhindar dari alergi, atau yang lebih parah gangguan kulit seperti dermatitis, pastikan tidak ada tulisan fragrance atau parfum di label kemasan minyak telon untuk si Kecil.

Minyak mineral

Ini adalah produk sampingan minyak bumi yang digunakan di dalam krim popok, tisu bayi, minyak telon, dan losion.

Perusahaan kosmetik menggunakan mineral oil karena kemampuan pelumasannya yang dianggap baik. Sayangnya, minyak mineral bisa menghalangi pori-pori dan mengganggu proses pernapasan alami kulit.

2.  Pilihlah bahan alami yang cocok untuk meredakan kolik

Moms harus cermat memilih minyak telon dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit sensitifnya.

Adapun beberapa bahan yang direkomendasikan adalah:

Lavender

Lavender dikenal sebagai tanaman yang digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan untuk mengurangi rasa gatal. Ternyata selain itu lavender juga memiliki efek yang menenangkan.

Memijat minyak lavender ke anggota tubuh seperti perut atau punggung bayi, membantu meredakan kerewelan akibat kolik dan bahkan mendorongnya tidur. Hal ini terbukti dalam sebuah studi yang dilakukan pada 40 bayi antara usia 2 dan 6 minggu dengan perkembangan dan pertumbuhan normal.

Semua bayi memiliki berat badan antara 2500 dan 4000 gram saat lahir dan semuanya menunjukkan tanda-tanda kolik. Bayi pada kelompok pertama, mendapat pijat perut oleh ibunya menggunakan minyak lavender, sedangkan pada kelompok kontrol tidak dilakukan tindakan apapun.

Hasilnya diketahui bahwa efek pijatan aromaterapi dengan menggunakan minyak lavender terbukti efektif dalam mengurangi gejala kolik.

Chamomile

German chamomile dan Roman chamomile banyak dikenal karena manfaatnya dalam membantu bayi yang mengalami sulit tidur. Ini karena kamomil memiliki efek menenangkan yang secara alami digunakan untuk mengatasi insomnia pada bayi maupun orang dewasa.

Selain itu, kamomil ternyata juga dapat meredakan gejala kolik. Efek menenangkannya telah terbukti membantu kecemasan dan depresi, serta dapat meningkatkan semangat bayi yang sedang rewel akibat gangguan kesehatan tersebut.

Pala

Pala adalah rempah yang aromatik dan hangat. Bumbu ini banyak digunakan untuk memasak dan pengobatan berbagai masalah kesehatan, termasuk kolik pada bayi.

Dilansir dari Parenting First Cry, memberikan minyak pala kepada bayi terbukti membantu menyembuhkan kram perut atau nyeri pada bayi akibat kolik.

Inovasi minyak telon yang lembut dan aman untuk bayi kolik

Untuk mama yang mencari minyak telon dengan formula lembut agar bisa meredakan bayi rewel akibat kolik, bisa menggunakan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil. Terbuat dari 100 persen bahan alami, ini merupakan produk minyak telon yang aman dan natural untuk si Kecil karena tidak mengandung zat-zat beracun yang berbahaya.

Berbeda dari minyak telon pada umumnya, Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil mengandung bahan alami nutmeg, lavender, dan chamomile essential oil yang efektif mencegah kolik dan meredakan gangguan pencernaan

Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil juga telah dermatologically tested, hypoallergenic, dan bersertifikasi halal yang membuatnya aman dipakai untuk pijat pada kulit sensitif bayi dan tidak menimbulkan iritasi.

Tak hanya itu, Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil juga memiliki kehangatan yang lembut untuk kulit bayi baru lahir, sehingga dapat membantu anak tidur dengan tenang. Ini saatnya Mama beralih ke minyak telon yang lebih aman untuk bayi dengan kulit sensitif. Tertarik untuk mencobanya?

Dapatkan Mama’s Choice Baby Calming Series lebih hemat di Good Doctor. Diskon hingga 40%, untuk semua produk bayi!

Reference

  1. Healthline, What Types of Products Are Safe for Baby’s Skin? , diakses 8 April 2021
  2. Web MD, Colic in Babies, diakses 8 April 2021
  3. Healthline, Safe Essential Oils for Babies and How to Use Them, diakses 8 April 2021
  4. Web MD, Cajeput oil, diakses pada 8 April 2021
  5. Parenting First Cry, Nutmeg (Jaiphal) for Babies – Benefits and How to Use, diakses 8 April 2021
  6. Mama’s Choice, Jenis Minyak Telon yang Aman untuk Bayi Kulit Sensitif, diakses 8 April 2021

    register-docotr