Kesehatan Anak

Moms Jangan Dilarang, Main Hujan Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Anak Lho!

September 24, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Saat hujan datang dan anak Moms minta izin untuk bermain hujan-hujanan, apa yang akan Moms lakukan? Melarangnya atau justru mempersilahkan begitu saja?

Main hujan memang jadi keasikan sendiri di masa kecil banyak orang, tapi tak sedikit pula yang kena marah orang tua karenanya. Padahal kalau ditelisik kegiatan main hujan ini punya manfaat untuk perkembangan anak!

Apa saja sih manfaat main hujan dan bagaimana tips untuk memastikan anak tetap aman dan sehat setelah main hujan? Yuk Moms simak pembahasannya.

Baca Juga: Gak Perlu Khawatir Moms, Begini Cara Aman si Kecil Main Layang-Layang di Tengah COVID-19

Manfaat anak main hujan

Bermain di luar ruangan dan bermain di alam sangat penting bagi anak-anak, tidak terkecuali saat turun hujan. Ada banyak manfaat membolehkan anak terus bermain di tengah hujan. 

Berikut beberapa manfaat bermain hujan-hujanan untuk anak:

1. Memberikan pengalaman baru

Bermain di tengah hujan memberi anak-anak pengalaman yang mungkin belum pernah mereka alami sebelumnya.

Jika satu-satunya pengalaman mereka tentang air berasal dari keran atau kamar mandi, mereka tidak akan memiliki pemahaman yang baik tentang dari mana sumber daya alam yang membawa kehidupan kita berasal.

Saat mereka bermain di tengah hujan, itu membantu mereka terhubung dengan semua cuaca yang dimiliki alam. Ini membantu meningkatkan hubungan umum yang mereka miliki dengan alam.

2. Membantu anak membuat keputusan terkait keselamatan

Membiarkan anak-anak bermain di bawah rintikan hujan dan alam membantu mereka memahami apa yang aman dan tidak. 

Mereka akan memahami perbedaan antara gerimis ringan dan badai petir yang sangat deras. Anak-anak akan merasakan sendiri betapa licinnya permukaan yang basah, dan bagaimana hujan mengubah seberapa baik mereka dapat melihat.

Dari sana anak-anak akan belajar mana yang aman dan baik untuk mereka begitupun sebaliknya.

3. Mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan ketangkasan

Untuk bisa bergerak dengan baik di atas permukaan basah membutuhkan lebih banyak konsentrasi, kekuatan, dan kelincahan.

Saat anak-anak bermain di tengah hujan, mereka mengembangkan tubuh mereka dan mampu tumbuh lebih percaya diri dalam gerakan mereka.

Ini dapat  membantu keterampilan motorik anak dan kemampuan keseimbangan. Sekarang mereka sedang menyelidiki, menjelajahi, dan menikmati dunia yang licin. Ini memiliki tantangan fisik yang berbeda dari dunia yang kering.

4. Meningkatkan pengalaman sensorik

Saat main hujan, anak dihadapkan pada pengalaman sensorik yang berbeda. Ada begitu banyak pemandangan, suara, bau, sentuhan, dan kemungkinan rasa baru (tergantung anak), untuk dialami.

Hari yang basah dan hari yang kering memiliki suara, bau, dan pemandangan yang sangat berbeda. Membiarkan anak-anak tetap di dalam rumah saat hujan justru membatasi pengalaman mereka di dunia. 

Ada begitu banyak kegembiraan yang bisa didapat dengan mendengarkan percikan yang dibuat oleh genangan air saat ia melompat masuk. Satwa liar baru keluar di tengah hujan untuk dilihat anak-anak, dan hal-hal baru dan terasa berbeda saat hujan.

5. Belajar tanggung jawab

Berada di tengah hujan juga mengajari mereka sedikit tanggung jawab anak secara individu. Mereka belajar menjaga diri mereka sendiri dalam kondisi cuaca yang berbeda ini.

Anak-anak belajar merawat pakaian dan perlindungan mereka, serta apapun yang mereka gunakan saat hujan.

Mereka akan belajar memindahkan barang-barang yang mungkin rusak karena hujan di tempat yang kering, dan menemukan pentingnya menggantung pakaian basah hingga kering.

Baca Juga : 7 Langkah Mengatasi Flu saat Musim Hujan, Nomor 6 Paling Nikmat

Tips agar anak tetap aman dan sehat saat main hujan

Saat mengizinkan anak main hujan, bukan berarti Moms bisa membebaskan mereka bermain begitu saja. Moms harus selalu memerhatikan kegiatan mereka, memerhatikan apa yang mereka gunakan, dan pastikan mereka pulang dengan aman.

Berikut beberapa tips agar anak tetap aman dan sehat saat main hujan:

1. Berikan anak payung

Ketika anak bermain hujan di luar, jangan lupa untuk berikan anak payung. Payung cukup baik untuk memberikan perlindungan tingkat dasar dari hujan dan dapat membantu anak bergerak dan mencapai tempat yang lebih aman.

Moms harus memilih ukuran payung yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Agar anak mau memakainya Moms bisa memilihkan warna atau payung dengan gambar karakter favoritnya.

2. Gunakan jas hujan

Hujan deras dan kendaraan yang melaju kencang dapat membuat payung menjadi tidak berguna, karena air sepertinya datang dari segala arah.

Berikan anak jas hujan berwarna cerah yang bagus berukuran penuh dan menutupi anak dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pilih model kemeja dan celana jika perlu. 

3. Alas kaki yang tepat

Memberikan alas kaki yang tepat sangat penting bagi anak karena mereka akan cenderung berjalan melalui genangan air dan area kotor setiap kali dia melangkah keluar atau kembali ke rumah.

Selain menjaga kebersihan kaki, menggunakan sepatu saat hujan juga mencegah anak tergelincir atau jatuh di jalan. Jika Moms tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi, belilah sepatu boot karet juga.

4. Mandikan dan keringkan anak dengan baik

Jangan biarkan anak di bawah hujan terlalu lama dan pastikan Moms siap menunggu mereka saat kembali di rumah.

Siapkan handuk kering atau bahkan handuk dan air hangat yang siap mereka gunakan setelah bermain hujan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Image Playgrounds. Diakses pada 24 September 2020. Benefits of Playing In The Rain

Maryland Childcare. Diakses pada 24 September 2020. Wet Weather Play

Parenting Firstcry. Diakses pada 24 September 2020. 10 Rainy Day Essentials for Children

    register-docotr