Info Sehat

Benarkah Manfaat Garam Himalaya Lebih Baik dari Garam Biasa?

September 24, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Belakangan ini penggunaan garam himalaya tengah menjadi tren. Banyak yang mencoba menggunakannya karena manfaat garam himalaya diklaim lebih baik dari garam biasa.

Garam himalaya sendiri memang berbeda dari garam dapur pada umumnya. Jika biasanya garam dapur berwarna putih, garam himalaya memiliki warna merah muda.

Warna tersebut murni dari tempatnya di Khewra Salt Mine, yang terletak di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Warna merah muda bukan cuma membuatnya terlihat lebih menarik, tapi juga menjadi penanda bahwa garam himalaya memiliki banyak sumber mineral.

Bagaimana cara menggunakan garam himalaya?

Untuk memperoleh manfaat garam himalaya untuk kesehatan caranya pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakannya sebagai bahan masakan untuk mengganti garam biasa.

Cara mengonsumsi garam himalaya dengan menjadikannya sebagai bumbu masak merupakan cara yang paling populer. Garam himalaya dapat digunakan untuk memanggang, membakar, dan memberi rasa asin pada daging atau makanan lainnya.

Cara mengonsumsi garam himalaya lainnya adalah dengan meminum air asin garam himalaya. Namun, sebaiknya janganlah mengonsumsi air garam himalaya berlebihan ya, karena ini dapat menyebabkanmu mengonsumsi terlalu banyak natrium.

Berikut adalah cara mengonsumsi garam himalaya dalam bentuk air garam, seperti yang dirangkum dari Healthline:

  • Isi seperempat toples kaca dengan garam himalaya
  • Kemudian isi dengan air matang dan tutup. Kemudian larutkan garam dan air dengan cara mengocoknya
  • Diamkan selama 12-24 jam
  • Jika semua garam larut setelah kamu mendiamkannya, tambahkan lagi sedikit garam hingga tidak lagi larut

Jika kamu sedang menjalani diet dengan membatasi konsumsi natrium, sebaiknya hindarilah meminum larutan air garam himalaya.

Manfaat garam himalaya untuk kesehatan

Nah, berikut adalah beberapa manfaat garam himalaya untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh:

Kaya akan mineral

Kandungan garam himalaya yang paling terkenal adalah mineral. Seperti dijelaskan di atas, jika warna merah muda pada garam himalaya menjadi tanda bahwa garam jenis ini memiliki banyak kandungan mineral dan terdapat hingga 84 kandungan mineral berbeda.

Warna merah muda merupakan wujud dari kandungan zat besi, magnesium, kalsium dan kalium di dalamnya. Kandungan garam himalaya tersebut dipercaya dapat menjaga fungsi tubuh dan menyehatkan.

Walau diklaim kaya mineral, garam ini tetap dominan mengandung natrium klorida atau mineral yang umumnya disebut garam.

Asupan alami bagi tubuh

Tak seperti garam dapur yang melalui berbagai proses sebelum dijual, garam himalaya tidak melalui proses tersebut. Tidak ada penambahan bahan atau pencampuran bahan lain ke dalam garam himalaya.

Karena itu garam himalaya dipercaya sebagai mineral murni tanpa zat tambahan. Kemurniannya dianggap memiliki risiko negatif yang lebih kecil dibanding garam pada umumnya.

Kadar natrium rendah

Garam himalaya memiliki butiran lebih besar dari garam dapur pada umumnya. Meski bentuknya lebih besar tapi ternyata ia memiliki kandungan natrium rendah dari garam umumnya.

Seperempat sendok teh garam dapur biasa mengandung natrium sebanyak 600 mg. Sementara dengan takaran yang sama untuk garam himalaya hanya mengandung 420 mg natrium.

Kandungan garam himalaya ini mendukung tubuh untuk memiliki kadar natrium seimbang. Karena jika seseorang memiliki kadar natrium tinggi, bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Yang kemudian bisa menyebabkan masalah pada organ lain termasuk ginjal dan jantung.

Mengatasi infeksi

Baru-baru ini diketahui bahwa garam dapat melawan infeksi. Asupan natrium yang cukup ternyata juga membantu tubuh menangkal bakteri. Hal ini terjadi karena kandungan natrium dalam tubuh juga membantu kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan siap mengatasi infeksi.

Khasiat garam himalaya bisa diperoleh dengan menambahkan garam himalaya ke dalam air yang digunakan untuk mandi atau mengoleskannya ke kulit juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Mengonsumsi garam himalaya diklaim dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan, sehingga kamu akan terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan akan menyebabkan sejumlah gangguan fungsi tubuh, salah satunya pada otot. Otot bisa mengalami kram yang menyakitkan. Dehidrasi juga bisa menyebabkan komplikasi lainnya pada tubuh.

Menjaga kesehatan kulit

Garam himalaya seringkali dicampurkan ke dalam air untuk mandi. Dengan alasan dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

Meski belum ada penelitian secara lengkap, namun banyak orang percaya bahwa kandungan antimikroba pada garam himalaya dapat mengatasi beberapa masalah kulit.

Salah manfaat garam himalaya untuk wajah adalah dapat membantu mengobati jerawat. Manfaat garam himalaya untuk wajah lainnya adalah dapat menenangkan iritasi di kulit serta membantu mempertahankan kelembapan di lapisan kulit yang lebih dalam.

Untuk memperoleh manfaat garam himalaya untuk wajah, kamu dapat menggunakannya sebagai masker.

Meredakan nyeri otot

Selain itu, mandi dengan garam himalaya juga dipercaya dapat membantu meredakan nyeri otot. Ini terjadi karena air dengan garam himalaya dipercaya dapat mengantarkan kandungan magnesium terserap dalam tubuh dan membuat tubuh lebih rileks.

Meski belum ada penelitian khusus pada manusia, namun magnesium diketahui memungkinkan masuk ke dalam tubuh melalui kulit hingga ke sistem limfatik.

Manfaat lain garam himalaya asli

Di luar manfaat yang telah disebutkan, masih ada beberapa manfaat lainnya, seperti garam himalaya diklaim dapat menghilangkan polusi udara atau dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan.

Cara menggunakan garam himalaya untuk membersihkan udara atau mengatasi gangguan pernapasan bukan dengan cara dimakan. Melainkan garam yang ditambang dibentuk sedemikian rupa agar di bagian tengahnya bisa diisi dengan bola lampu.

Kemudian panas bola lampu yang menyala dipercaya akan membuat bongkahan garam himalaya mengeluarkan ion-ion negatif yang mampu membersihkan udara dan mengatasi gangguan pernapasan.

Sayangnya pembuktian secara ilmiah terkait cara menggunakan garam himalaya ini masih sangat minim, sehingga banyak orang yang mempertanyakan khasiat garam himalaya dalam bentuk lampu garam.

Perbedaan lampu garam himalaya asli dan palsu

Banyak orang yang membeli lampu garam himalaya karena mereka menyukai penampilannya. Tak hanya itu, lampu garam himalaya juga tak kalah memiliki manfaat kesehatan.

Akan tetapi, seiring dengan kepopuleran lampu garam himalaya, lampu garam himalaya palsu juga banyak beterbaran di luar sana.

Maka dari itu, jika kamu ingin mendapatkan manfaat lampu garam himalaya, kamu harus dapat membedakan lampu garam himalaya asli dan lampu garam himalaya palsu. Berikut adalah perbedaannya.

Lampu garam himalaya asli

  • Lampu garam himalaya asli terbuat dari garam yang dipanen dari tambang garam Khewra, Pakistan
  • Memiliki warna oranye atau merah muda yang lembut
  • Memiliki warna yang hangat dan sedikit redup di beberapa bagian
  • Lampu garam himalaya asli bersifat higroskopis (menarik molekul air), yang mana ini dapat menyebabkan lampu basah seperti berkeringat dan menjadi lembap
  • Lampu garam himalaya asli berat, hal ini dikarenakan garam merupakan mineral yang berat

Lampu garam himalaya palsu

  • Lampu garam himalaya palsu bukan berasal dari Pakistan
  • Memiliki warna merah muda yang mencolok atau berwarna merah, dan memiliki kilau plastik yang kuat
  • Memiliki ukuran besar tetapi ringan

Nah, itulah beberapa manfaat garam himalaya untuk kesehatan, banyak sekali bukan? Kamu dapat memperoleh khasiat garam himalaya dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas.

Jika ingin mengonsumsi garam himalaya, sebaiknya konsumsilah secukupnya ya jangan berlebihan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline diakses 4 Juni 2020 The Health Benefits of Pink Himalayan Salt 
  2. Healthline diakses 4 Juni 2020 Is Pink Himalayan Salt Better Than Regular Salt?
  3. Healthline diakses 4 Juni 2020 Can a Himalayan Salt Bath Treat Eczema or Help Me Lose Weight? 
  4. Medicalnewstoday diakses 4 Juni 2020 Does pink Himalayan salt have any health benefits? 
  5. Webmd diakses 4 Juni 2020 Himalayan Salt Lamps and Your Health
  6. Bebeautiful.in diakses 24 September 2020 5 Ways to Use Himalayan Pink Salt for Gorgeous Skin and Hair
  7. Earth Inspired Gifts diakses 24 September 2020 Fake Himalayan Salt Lamp Alert – 5 Ways You can Tell
  8. Healthline diakses 24 September 2020 What Is Sole Water, Does It Have Benefits?
  9. The Salt Lamp Shot diakses 24 September 2020 How to Spot a Fake Lamp Salt 
    register-docotr