Kesehatan Anak

Jangan Lengah, Ini 6 Gejala Tuberkulosis pada Anak yang Harus Diwaspadai

March 24, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penyakit tuberkulosis (TB) pada anak di bawah usia 15 tahun, disebut juga dengan istilah tuberkulosis pediatrik.

Ini merupakan masalah serius karena bayi, anak kecil, dan remaja yang terpapar TB, lebih mungkin mengembangkan bentuk penyakit TB yang mengancam jiwa.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa saja gejala tuberkulosis yang bisa muncul pada anak-anak mereka lewat ulasan berikut ini.

Baca juga: 10 Daftar Penyakit Mematikan pada Anak yang Harus Moms Waspadai

Penyakit tuberkulosis pada anak

Tuberkulosis adalah infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Biasanya ini menginfeksi paru-paru, tetapi organ lain seperti ginjal, tulang, atau otak juga mungkin terpengaruh.

TB paling sering menyebar melalui tetesan yang dihirup atau dibatukkan ke udara.

Anak-anak biasanya tertular dari kontak dekat dengan orang dewasa yang terlebih dahulu mengidap penyakit ini. Meski begitu anak dapat tertular bakteri TB, akan tetapi tidak memiliki penyakit aktif.

Tahapan TB pada anak-anak

Sebelum menunjukkan gejala gangguan kesehatan yang aktif, penyakit ini akan melalui beberapa tahapan terlebih dahulu:

Paparan

Hal ini terjadi ketika seorang anak pernah bersentuhan dengan orang yang mungkin menderita atau memang mengidap TBC. Anak tersebut akan memiliki tes kulit negatif, rontgen dada normal, dan tidak ada gejala.

Infeksi TB laten

Ini terjadi ketika seorang anak memiliki bakteri TB di dalam tubuhnya, tetapi tidak menunjukkan gejala. Sistem kekebalan anak yang terinfeksi menyebabkan bakteri TB menjadi tidak aktif.

Bagi kebanyakan orang yang terinfeksi, TB akan laten seumur hidup. Anak ini akan memiliki tes kulit positif tetapi rontgen dada normal. Dia tidak dapat menyebarkan infeksi ke orang lain.

Penyakit TB

Ini adalah saat seorang anak memiliki tanda dan gejala infeksi aktif. Anak ini akan memiliki tes kulit positif dan rontgen dada positif. Ia dapat menyebarkan penyakit jika tidak diobati.

Baca juga: Apakah Penderita TBC Masih Bisa Gemuk? Ini Jawabannya!

Gejala penyakit TB pada anak

Gejala dapat muncul sedikit berbeda pada setiap anak, dan bergantung pada usia mereka. Umum ditandai dengan batuk, gangguan kesehatan ini juga menimbulkan gejala pada bagian tubuh yang lain.

Gejala awal TB yang harus diwaspadai

Jika setelah dicurigai mengalami kontak dengan orang dewasa yang terinfeksi TB si Kecil mengalami gejala-gejala berikut. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis.

  1. Batuk semakin parah
  2. Kesulitan bernapas
  3. Batuk darah
  4. Demam tidak terkontrol
  5. Penolakan untuk makan atau minum
  6. Gejala atau perilaku tidak biasa lainnya

Gejala penyakit TB aktif pada anak-anak

Bakteri yang paling sering menyebabkan TB adalah Mycobacterium tuberkulosis (M. tuberkulosis). Banyak anak yang terinfeksi M. tuberkulosis tidak pernah mengembangkan TB aktif dan tetap dalam stadium TB laten.

Seorang anak biasanya tidak terinfeksi kecuali dia telah berulang kali kontak dengan bakteri. Adapun gejala TB aktif yang paling umum pada anak kecil meliputi:

  1. Demam
  2. Penurunan berat badan
  3. Pertumbuhan yang buruk
  4. Batuk
  5. Kelenjar bengkak
  6. Panas dingin

Gejala penyakit TB pada anak usia remaja

Sementara itu, gejala TB aktif yang paling umum pada remaja meliputi:

  1. Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu
  2. Sakit di dada
  3. Darah dalam dahak
  4. Kelemahan
  5. Kelelahan
  6. Kelenjar bengkak
  7. Penurunan berat badan
  8. Penurunan nafsu makan
  9. Demam
  10. Berkeringat di malam hari
  11. Panas dingin

Pengobatan yang dapat diberikan

TB dapat diobati dengan minum beberapa obat selama enam sampai dua belas bulan. Sangat penting bahwa semua obat diminum persis seperti yang ditentukan. Jika anak berhenti minum obat terlalu cepat, bakteri yang masih hidup bisa menjadi kebal. Hal ini membuat bakteri TB lebih sulit diobati.

Umumnya anak juga akan diisolasi di rumah sampai dia dipastikan tidak lagi tertular. Setelah selesai, dia akan dirawat di klinik TB setiap bulan, atau sesuai kebutuhan, hingga akhir pengobatan.

Masih punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan selain tuberkulosis? Jaga kesehatan Moms dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

 

  1. CDC, TB in Children in the United States, diakses pada 24 Maret 2021
  2. ORG.UK, Tuberculosis (TB) in children diakses pada 24 Maret 2021
  3. University of Rochester Medical Center, Tuberculosis (TB) in Children diakses pada 24 Maret 2021
  4. Nationwide Childrens.org, Active Tuberculosis (TB) Disease diakses pada 24 Maret 2021
    register-docotr