Kesehatan Anak

Jangan Dipaksa, Ini Tips Ampuh Atasi Anak yang Susah Minum Obat Saat Sakit!

April 14, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sama halnya dengan orang dewasa, ketika sakit anak kecil pun juga harus mengonsumsi obat. Namun bagi sebagian orang tua pasti ada yang mengalami kesulitan memberikan obat untuk si Kecil. Jangan khawatir, simak tips mengatasi anak yang susah minum obat yuk. 

Tips mengatasi anak yang susah minum obat 

Kebanyakan orang tua memilih untuk memaksa saat memberikan obat kepada anak. Namun perlu kamu ketahui, dengan memilih cara seperti ini justru akan membuat si Kecil enggan minum obat.

Seperti dilansir dari laman Everyday Health, berikut beberapa cara mengatasi anak yang susah minum obat: 

Berikan pengertian kepada anak alasan harus mengonsumsi obat

Lakukanlah dengan sikap yang benar, ketika anak sudah mulai beranjak dewasa mungkin akan mengerti jika diberikan penjelasan dan anak yang masih kecil umumnya akan merasakan emosi orang tua.

Apabila sudah lebih besar dan mengerti, jelaskanlah pada si Kecil bahwa dengan minum obat, akan bisa cepat sembuh dan kembali bermain. Pastikan kamu menciptakan suasana tenang dan santai ketika menjelaskan tentang obat yang akan dikonsumsi, ya. 

Jangan bohongi anak saat minum obat 

Bagian penting saat mengatasi anak yang susah minum obat dengan tidak membohongi mereka. Sebagian orang tua mungkin ada yang pernah melakukan hal ini agar cepat selesai, tetapi dampaknya justru akan membuat anak merasa tertipu dan menolak obat selanjutnya. 

Sebaiknya, jujur kepada anak dengan menjelaskan bahwa obat yang diberikan memang sedikit pahit, tujuannya agar tubuh cepat sehat. 

Beri anak kebebasan dalam memilih rasa obat

Untuk anak-anak yang cukup besar untuk mengerti, jelaskan mengapa mereka perlu minum obat. Kemudian jika ada pilihan rasa pada obat, biarkan anak memilih sendiri dengan rasa yang paling disukainya. 

Pilih obat dengan rasa yang paling disukai si Kecil

Mungkin ada pilihan rasa untuk beberapa jenis obat. Apoteker dapat menggunakan produk yang disebut FLAVORx untuk membuat rasa obat menjadi lebih enak. Jika anak mengalami kesulitan minum obat, tanyakan kepada dokter tentang pilihan ini.

Tambahkan obat ke dalam makanan favorit anak

Umumnya aman untuk menghancurkan pil atau membuka kapsul dan menyamarkan obat ke  dalam makanan favorit. Tetapi, sangat disarankan untuk tetap selalu tanyakan kepada dokter terlebih dahulu: Beberapa pil, dapat berubah khasiatnya jika kamu membuka atau menghancurkannya. 

Kamu juga perlu memastikan anak-anak makan semua makanan sehingga mereka mendapatkan obat dalam dosis penuh.

Berikan pujian

Anak-anak yang lebih besar sering kali merespons sistem pujian. Selain pujian lisan, berikan pujian atau hadiah kecil kepada anak-anak. Dengan cara seperti itu,  si Kecil juga akan merasa dihargai.

Ajari anak untuk menelan pil

Sebenarnya anak-anak berusia 4 tahun dapat diajari menelan pil. Beberapa tips untuk ajari anak menelan pil yaitu dengan mencelupkan kapsul ke dalam air dingin agar licin, memecah pil menjadi potongan-potongan kecil, dan meletakkan pil di dalam gumpalan makanan.

Membangun suasana menyenangkan

Ketika kamu melihat ada rasa ketakutan pada anak saat minum obat, disarankan untuk mencoba melakukan beberapa hal ini agar suasana lebih rileks, misalnya dengan mengajaknya menonton televisi, membaca buku, atau mendengarkan musik yang ia sukai. 

Baca juga: Jenis Obat Apotek dan Alami untuk Atasi Biduran pada Anak

Pastikan obat aman untuk anak

Selain melakukan beberapa cara di atas, sebagai orang tua juga harus memastikan bahwa obat yang dikonsumsi oleh si Kecil aman dan sudah sesuai dengan dosisnya. 

Menurut American Academy of Pediatrics yang dilansir dari laman Parents, beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat flu yang dijual bebas tidak efektif pada anak-anak di bawah 6 tahun dan berpotensi memiliki efek samping yang serius. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter anak sebelum memberikan obat. Saat ini, semakin banyak dokter menyarankan orang tua untuk menggunakan perawatan tradisional sebagai gantinya, seperti minum banyak cairan dan istirahat yang cukup. 

Jadi, sebaiknya selalu tanyakan kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu apakah obat tersebut aman.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Parents.com (2015) diakses pada 13 April 2021. 9 Clever Ways to Help the Medicine Go Down
  2. Everydayhealth.com (2015) diakses pada 13 April 2021. 10 Ways to Get Kids to Take Medicine  
    register-docotr