Info Sehat

Bisa Cegah Maag, Ini Berbagai Manfaat Temulawak untuk Lambung!

April 14, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering dipakai sebagai obat tradisional. Ada berbagai penggunaan temulawak untuk kesehatan, salah satunya adalah lambung.

Temulawak disebut dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai salah satu tumbuhan obat yang telah lama diakui, terutama di kalangan masyarakat Jawa. 

Segala macam manfaat yang dihasilkan oleh temulawak tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang aktif.

Baca juga: Manfaat Temulawak bagi Tubuh: Obati Jerawat hingga Turunkan Kolesterol

Seperti apa manfaat temulawak untuk lambung?

Lambung merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Berbagai masalah kesehatan pun kerap melanda organ ini. Berikut ini merupakan manfaat yang ditawarkan temulawak untuk kesehatan lambung:

Meredakan tukak lambung

Tukak lambung merupakan suatu kondisi saat terjadi kerusakan dari mukosa lambung yang diikuti oleh inflamasi. Penyebab penyakit ini beragam, mulai dari infeksi Helicobacter pylori hingga penggunaan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kedokteran Brawijaya menyebut ekstrak temulawak bermanfaat untuk mengatasi tukak lambung yang disebabkan oleh efek samping indometasin yang merupakan salah satu obat golongan NSAID.

Penelitian tersebut melibatkan tikus putih galur wistar yang diinduksi indometasin yang menyebabkan tukak lambung pada hewan ini. 

Dalam penelitiannya, para peneliti berkesimpulan jika pemberian ekstrak temulawak pada tikus-tikus tersebut telah berhasil mengurangi perdarahan di lambung tikus.

Mencegah kerusakan mukosa lambung

Sebuah penelitian di Universitas Lampung menyebut temulawak bermanfaat untuk mencegah kerusakan mukosa lambung.

Peneliti menyebut peran mukosa lambung ini sangat penting. Pasalnya, mukosa lambung yang ketahanannya terganggu akan menyebabkan pepsin dilepas dalam jumlah besar. Kondisi ini pun bisa berujung pada perdarahan di dinding lambung.

Dalam penelitian tersebut juga dikatakan jika antioksidan di dalam temulawak memberikan manfaat dalam melindungi kerusakan mukosa lambung. Kandungan antioksidan yang berperan adalah flavonoid, fenol dan kurkumin di dalam temulawak.

Manfaat temulawak untuk lambung yakni mengatasi penyakit maag

Penyakit maag kerap melanda dan mengganggu orang dengan mobilitas tinggi. Kemunculan penyakit ini membuat kualitas dan produktivitas menurun.

Ada berbagai penyebab penyakit maag ini, mulai dari makanan yang merangsang produksi asam lambung hingga infeksi bakteri.

Nah, salah satu laporan yang diterbitkan di Universitas Negeri Semarang menyebut salah satu kegunaan temulawak adalah untuk mengatasi penyakit maag lho!

Mengolah temulawak untuk penyakit maag

Laporan tersebut pun menuliskan cara untuk mengatasi penyakit maag menggunakan temulawak sebagai berikut:

  • Siapkan 1 rimpang temulawak, lalu cuci bersih
  • Buang kulit temulawak dan segera iris tipis-tipis
  • Rebus irisan temulawak tersebut di wadah berisi 5 gelas air
  • Tunggu hingga mendidih dan diamkan hingga dingin
  • Minum airnya secara rutin untuk mengatasi penyakit maag.

Manfaat lain temulawak

Selain untuk lambung, temulawak yang kerap dijadikan bahan obat tradisional ini juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

Menjaga kesehatan hati

Kandungan katagoya dalam temulawak sangat penting untuk membantu hati memproduksi empedu dan memberikan rangsangan untuk mengosongkan empedu

Mengurangi radang sendi

Kurkumin merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam temulawak. Senyawa ini sangat baik dalam mengurangi radang sendi.

Menurunkan lemak darah

Temulawak dapat menurunkan lemak darah. Fraksi kurkuminoid yang dihasilkan dari ekstrak temulawak merupakan senyawa yang penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Melancarkan pencernaan

Sakit perut, kembung adalah beberapa keluhan yang kerap mengganggu saluran pencernaan. Nah, jika kamu sering dilanda penyakit ini, cobalah untuk mengonsumsi temulawak secara rutin.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang temulawak dan manfaatnya, termasuk untuk lambung. Selalu konsumsi makanan yang sehat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr