Kesehatan Anak

Penting, Ini Penyebab Infeksi Paru pada Bayi yang Moms Wajib Tahu

March 21, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Infeksi paru pada bayi bisa terjadi karena berbagai penyebab. Kondisi ini membuat si Kecil menderita lantaran belum sempurnanya saluran pernafasan mereka sehingga lendir yang terbentuk tidak bisa dikeluarkan lewat batuk.

Salah satu penyebab infeksi paru pada bayi adalah virus di saluran pernapasan mereka. Bayi dengan infeksi ini mengalami gejala seperti batuk, demam, hingga sesak napas.

Baca Juga: Moms, Mungkin Ini Penyebab Nyeri Dada yang Dialami si Kecil!

Penyebab infeksi paru pada bayi

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang jadi penyebab infeksi paru pada bayi:

Pneumonia

Sesuai namanya, pneumonia berarti ‘infeksi di paru-paru’. Saat penyakit ini berlangsung, kantung udara di paru-paru atau yang disebut dengan alveoli akan terisi dengan nanah dan cairan lain. Kondisi ini membuat oksigen sulit untuk mencapai aliran darah.

Dahulu, pneumonia merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Namun dengan perkembangan di dunia medis saat ini, banyak bayi dan anak-anak yang dapat sembuh dengan mudah dari penyakit ini jika menerima penanganan yang baik.

Sebagian besar kasus infeksi paru pada bayi ini terjadi karena infeksi virus di saluran pernapasan bagian atas. Selain itu pneumonia pun bisa terjadi karena infeksi bakteri.

Gejala pneumonia pada bayi

Seperti kebanyakan infeksi lainnya, pneumonia biasanya akan membuat bayi mengalami demam, berkeringat, kedinginan, kulit memerah dan rasa tidak enak badan yang umum. 

Tiap bayi dan anak-anak yang menderita penyakit ini pun isa kehilangan nafsu makan dan kurang bersemangat seperti biasanya. Mereka pun bisa menjadi pucat, lesu dan menangis lebih sering daripada biasanya.

Bronchiolitis

Bronchiolitis merupakan penyakit di saluran pernapasan yang umum terjadi pada bayi. Infeksi ini menyebabkan tabung pernapasan kecil di paru (bronkiolus) membengkak. Kondisi ini menyumbat saluran udara ke paru-paru dan membuat si Kecil sesak napas.

Sesak napas lebih sering dialami bayi karena saluran udara mereka lebih kecil sehingga mudah tersumbat daripada anak yang sudah lebih besar. 

Bronchiolitis tidak sama dengan bronkitis yang merupakan infeksi di saluran udara yang lebih besar dan biasanya terjadi pada orang dewasa.

Penyebab dan gejala bronchiolitis

Bronchiolitis disebabkan oleh salah satu virus penyebab masalah saluran pernapasan, di antaranya adalah influenza, respiratory syncytial virus (RSV), parainfluenza dan human metapneumovirus. Virus-virus lain pun bisa menyebabkan infeksi ini.

Biasanya, penyakit ini ditandai dengan pilek, hidung meler, batuk ringan serta demam. Setelah satu atau dua hari, batuk akan menjadi lebih parah dan bayi akan mulai bernapas lebih cepat.

Baca Juga: Jantung Bocor pada Bayi: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Mengatasi infeksi paru pada bayi

Tergantung penyebabnya, cara penanganan infeksi ini bisa dilakukan dengan langkah berikut:

Mengatasi pneumonia

Belum ada pengobatan spesifik yang bisa menyembuhkan pneumonia yang disebabkan oleh virus. Dalam hal ini, penanganan yang efektif adalah istirahat dan kontrol terhadap demam yang terjadi. Biasanya, infeksi karena virus akan akan membaik dalam beberapa hari.

Jangan menggunakan obat penahan batuk yang mengandung kodein atau dextromethorphan. Karena batuk sendiri merupakan satu cara yang dapat membantu membersihkan sekresi berlebih yang disebabkan oleh infeksi ini. 

Karena sulit untuk membedakan mana pneumonia yang disebabkan oleh virus atau bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Ikuti petunjuk pemakaian dan habiskan antibiotik ini, ya!

Mengatasi bronchiolitis

Biasanya, infeksi yang disebabkan oleh virus pada paru-paru bayi ini tergolong ringan dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu perawatan.

Akan tetapi, pada beberapa kasus yang parah, bayi mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit. Karena di sana si Kecil akan diberikan oksigen, nebulizer, dan cairan intravena.

Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka antibiotik tidak akan ampuh mengatasinya. Namun beberapa obat dapat membantu untuk membuka saluran nafas si Kecil yang tersumbat.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang penyakit yang menyebabkan infeksi paru pada bayi. Selalu jaga kesehatan si Kecil, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. American Academy of Pediatrics, diakses 16 Maret 2021. Pneumonia
  2. American Academy of Pediatrics, diakses 16 Maret 2021. Bronchiolitis
  3. Healthline, diakses 16 Maret 2021. Bronchiolitis: Types, Causes, and Symptoms
  4. National Library of Medicine, diakses 16 Maret 2021. Respiratory Viral Infections in Infants: Causes, Clinical Symptoms, Virology, and Immunology
  5. KidsHealth, diakses 15 Maret 2021. Pneumonia (for Parents) – Nemours KidsHealth
    register-docotr