Kamus Obat

Levodropropizine

March 21, 2021 | Arin Khurota | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Levodropropizine merupakan golongan obat antitusif.

Berikut informasi selengkapnya mengenai obat levodropropizine, manfaat, dosis, cara minum, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat levodropropizine?

Levodropropizine adalah obat yang digunakan untuk menekan batuk kering atau batuk tidak berdahak. Obat ini juga dapat diberikan untuk meredakan penyumbatan pada hidung yang merangsang batuk.

Levodropropizine umumnya digunakan secara oral, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sediaan obat beredar dalam bentuk kombinasi dengan obat lain dan biasa dijumpai dalam bentuk sirup.

Apa fungsi dan manfaat obat levodropropizine?

Levodropropizine berfungsi sebagai agen penekan batuk (antitusif) perifer tanpa memengaruhi sistem saraf pusat, seperti halnya codeine.

Bagaimana cara minum obat levodropropizine?

Baca aturan pakai dan dosis obat yang tertera di label kemasan obat atau atas petunjuk yang telah ditentukan oleh dokter. Biasanya obat diminum hingga gejala batuk sembuh. Jangan minum obat lebih lama, lebih banyak, atau kurang dari dosis yang direkomendasikan.

Obat sebaiknya diminum dalam keadaan perut kosong. Kamu bisa meminumnya 30 menit hingga satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

Kocok obat dengan baik sebelum mengukur dosis. Takar dosis dengan sendok takar atau alat pengukur dosis yang telah tersedia bersama obat. Jangan gunakan sendok dapur untuk menghindari salah takar dosis obat.

Gunakan obat secara teratur hingga gejala batuk sembuh. Jika lupa minum, segera minum apabila dosis berikutnya masih lama. Lewati dosis apabila sudah tiba waktu minum obat berikutnya. Jangan menggandakan dosis minum obat dalam satu waktu.

Konsultasikan kembali dengan dokter apabila gejala batuk tidak sembuh atau bahkan memburuk setelah satu minggu pengobatan.

Setelah selesai digunakan, simpan obat dalam suhu sejuk dan terhindar dari kelembapan dan sinar matahari. Pastikan obat tertutup rapat saat tidak digunakan.

Berapa dosis obat levodropropizine?

Dosis dewasa

Dosis lazim: 60mg diminum tiga kali sehari dengan durasi pengobatan tidak lebih dari tujuh hari.

Dosis anak

  • Usia di atas 2 tahun: 1mg perkg berat badan diminum tiga kali sehari
  • Usia lebih dari 12 tahun: 60mg diminum tiga kali sehari.
  • Durasi pengobatan sebaiknya tidak lebih dari 7 hari.

Apakah levodropropizine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Obat ini masih belum diketahui apakah dapat membahayakan janin yang belum lahir. Data mengenai keamanan obat pada wanita hamil masih belum memadai. Keamanan obat juga masih belum diketahui terhadap ibu menyusui.

Konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini, terutama apabila kamu sedang hamil atau menyusui.

Apa efek samping obat levodropropizine yang mungkin terjadi?

Efek samping obat mungkin terjadi karena risiko penyalahgunaan dosis obat atau karena respons dari tubuh pasien. Berikut efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan levodropropizine:

  • Reaksi hipersensitivitas, termasuk muncul ruam kulit, sesak napas, gatal-gatal, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Mual
  • Muntah
  • Mulas
  • Perut terasa tidak nyaman
  • Diare
  • Kelelahan
  • Pingsan
  • Mati rasa
  • Palpitasi

Hentikan pengobatan dan hubungi dokter apabila muncul reaksi efek samping di atas setelah kamu mengonsumsi obat ini.

Peringatan dan perhatian

Jangan minum obat ini apabila kamu memiliki riwayat alergi levodropropizine atau obat sejenis ini sebelumnya.

Kamu mungkin tidak boleh mengonsumsi atau boleh minum obat dengan pengawasan ketat apabila memiliki riwayat kesehatan seperti :.

  • Gangguan hati yang serius, seperti sirosis
  • Gangguan fungsi ginjal yang serius
  • Sekresi lendir yang berlebihan

Beritahu dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat ini terutama saat sedang hamil atau menyusui. Kamu juga tidak bisa memberikan obat ini pada anak-anak sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Jangan minum obat bersama dengan alkohol. Efek samping obat dapat meningkat saat kamu mengonsumsinya bersamaan dengan alkohol.

Jangan mengemudi atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah kamu mengonsumsi obat ini. Levodropropizine dapat membuat kamu mengantuk dan menurunkan kewaspadaan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 3 Maret 2021, Levodropropizine | C13H20N2O2 – PubChem

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 3 Maret 2021, Levodropropizine: Indication, Dosage, Side Effect

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 3 Maret 2021, Levodropropizine for treating cough in adult and children

    register-docotr