Kesehatan Anak

Bayi Diare Saat Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

March 9, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Saat gigi pertama si Kecil tumbuh, sebagai orang tua kamu pasti akan merasa sangat bahagia. Tapi tahukah kamu, jika hal ini bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan baginya?

Ada banyak gejala tumbuh gigi pada bayi dan konon diare adalah salah satunya. Kondisi ini umum dikenal dengan istilah teething diarrhea.

Baca juga: Jangan Sepelekan Tumbuh Kembang Rahang dan Gigi si Kecil, Berikut Penjelasannya!

Hubungan antara gigi tumbuh dan diare, apakah normal?

Tumbuh gigi dengan diare telah dianggap berhubungan karena banyak orang tua melihatnya kondisi ini pada anak-anak mereka.

Tapi dilansir dari NCBI, sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan kaitan di antara keduanya.

Namun kamu tak perlu khawatir jika si Kecil mengalami hal ini. Dalam banyak kasus, bayi yang sedang tumbuh gigi memang bisa juga mengalami diare pada waktu yang bersamaan.

Jadi meskipun tumbuh gigi tidak dapat menyebabkan diare secara langsung, namun ini merupakan hal yang normal jika terjadi pada si Kecil.

Beberapa ‘faktor penyebab’ diare saat bayi tumbuh gigi

Terdapat beberapa alasan mengapa tumbuh gigi dan diare tampak seolah-olah terkait, berikut penjelasan selengkapnya:

1. Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI)

Dilansir dari Healthline, tumbuh gigi biasanya dimulai sekitar usia 6 bulan. Di momen ini para ibu seringkali mulai menawarkan makanan padat kepada bayi mereka.

Seperti yang kita tahu, sistem pencernaan bayi yang sensitif perlu beberapa waktu untuk terbiasa dengan makanan baru.

Tak jarang ini akan menimbulkan beberapa reaksi seperti menyebabkan perubahan pada tinja, termasuk diare.

2. Si Kecil mulai senang memasukkan benda ke mulut

Tumbuh gigi adalah masa yang sulit bagi bayi. Iritasi terus-menerus pada gusi menyebabkan mereka meraih benda-benda yang berbeda, yang kemudian ditahan di dalam mulut dan dikunyah.

Benda-benda ini belum tentu bersih dan mungkin terdapat kuman serta mikroba lain di dalamnya.

Kebiasaan inilah yang akan membuat mereka lebih mungkin terkena infeksi dan menyebabkan diare.

3. Peningkatan air liur

Jumlah produksi air liur yang semakin banyak saat bayi tumbuh gigi, juga dianggap sebagai salah satu penyebab teething diarrhea.

Ini terjadi karena bayi menelan lebih banyak air liur, yang pada akhirnya dapat mengganggu keseimbangan sistem lambung, dan mengakibatkan diare.

4. Terjadi infeksi lain

Tahun-tahun awal bayi biasanya diisi dengan kejadian di mana infeksi terus terjadi sepanjang waktu.

Baik itu infeksi usus atau infeksi telinga, sistem kekebalan tubuh si Kecil akan terus-menerus melawan infeksi sampai benar-benar menjadi kuat.

Diare yang muncul saat tumbuh gigi sebenarnya bisa menyamarkan gejala infeksi yang sebenarnya.

Kondisi ini dapat mengindikasikan adanya infeksi yang lebih kuat yang berkembang di dalam tubuh anak, dan membutuhkan perhatian medis segera.

Berapa lama diare tumbuh gigi berlangsung?

Jika diare menjadi gejala yang sangat terlihat saat bayi mengalami tumbuh gigi. Maka gejala ini biasanya akan hilang dalam beberapa hari setelah tindakan pencegahan dilakukan.

Namun jika masalah berlanjut selama sekitar satu minggu atau lebih dan cenderung berulang setiap bulan. Kamu mungkin perlu melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut kepada dokter.

Tips mengatasi diare tumbuh gigi pada bayi

Diare yang terjadi saat anak sedang tumbuh gigi memang tidak nyaman, tetapi umumnya ini tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu bisa membantu si Kecil mengatasinya dengan beberapa tips berikut.

1. Berkonsultasi dengan dokter

Diare yang terjadi saat bayi sedang tumbuh gigi harus segera diberitahukan kepada dokter.

Ini akan membantu penentuan diagnosis tentang adanya infeksi lain yang mungkin menyebabkan gejala serupa, dan tindakan pengobatan yang perlu dilakukan.

2. Menjaga kebersihan

Proses tumbuh gigi akan menyebabkan iritasi hebat pada gusi bayi. Beberapa dari mereka akan berusaha menenangkan diri dengan menggigit benda keras apa pun yang bisa mereka pegang.

Ini bisa berupa mainan atau bahkan barang lain yang secara khusus dibeli untuk mengatasi masalah tumbuh gigi.

Jika tidak dijaga kebersihannya secara teratur, ini bisa menjadi pemicu bagi banyak mikroba penyebab diare untuk masuk ke tubuhnya.

3. Sesuaikan pola makan

Jika anak mengalami diare akibat tumbuh gigi, penyesuaian pola makan juga dapat memberikan beberapa manfaat penting bagi tubuhnya.

Mulailah dengan meningkatkan frekuensi menyusui atau susu formula. Beri dia cukup cairan agar tubuhnya tetap terhidrasi.

Kamu juga bisa memberinya bubur sayuran seperti kentang, wortel, dan pisang untuk membantu mengendalikan diare.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Is Diarrhoea a Symptom of Teething?, https://parenting.firstcry.com/articles/is-diarrhea-symptom-of-teething/ diakses pada 8 Maret 2021

Your Infant is Teething: Know the Signs and Symptoms, https://www.chla.org/blog/rn-remedies/your-infant-teething-know-the-signs-and-symptoms#:~:text=During%20the%20teething%20period%20there,rubbing%20and%20even%20ear%2Drubbing. diakses pada 8 Maret 2021

Does My Baby Have Teething Diarrhea?, https://www.healthline.com/health/baby/teething-diarrhea#bottom-line diakses pada 8 Maret 2021

Is teething associated with diarrhea?, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1071026/ diakses pada 8 Maret 2021

    register-docotr