Kesehatan Anak

7 Cara Alami Menghilangkan Ketombe pada Balita, Patut Dicoba Moms!

September 4, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketombe adalah tanda dari pengelupasan kulit mati pada kepala. Tapi pada balita, ketombe bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jamur, produksi minyak berlebih, hingga reaksi terhadap zat tertentu.

Menggunakan sampo antiketombe mungkin terdengar praktis. Tapi, Moms harus tahu bahwa kulit kepala balita masih sangat sensitif terhadap berbagai senyawa kimia. Oleh sebab itu, Moms bisa mengatasinya dengan beberapa cara alami. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Kulit Kepala Bayi Berkerak? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara alami menghilangkan ketombe pada balita

Ada banyak cara alami untuk menghilangkan ketombe pada balita. Tentunya, dengan menggunakan bahan-bahan yang aman, seperti telur, lidah buaya, hingga daun kemangi. Berikut tujuh cara alami menghilangkan ketombe pada balita.

1. Kuning telur

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk hilangkan ketombe pada balita adalah telur. Mengutip Medlife, kuning telur memiliki kandungan biotin, yaitu vitamin yang dapat menyehatkan kulit kepala. Kandungan tersebut juga bisa berperan sebagai kondisioner untuk rambut.

Cara melakukannya cukup mudah, yaitu kocok terlebih dulu kuning telur sebelum dioleskan ke kulit kepala si kecil. Pastikan kulit kepalanya sudah dalam keadaan basah, ya! Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air biasa.

Jika perlu, lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo ringan untuk menghilangkan bau dan sensasi lengket dari telur.

2. Manfaatkan lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal sebagai bahan alami yang dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala, termasuk mengusir ketombe. Alih-alih menggunakan sampo khusus yang bisa membuat kulit kepala si kecil iritasi, Moms bisa menggunakan gel dari tanaman lidah buaya secara langsung.

Dilansir dari Healthline, lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga bisa membantu menghilangkan dan menjaga kulit kepala dari ketombe. Menurut sebuah penelitian, lidah buaya juga dapat memberikan sensasi dingin dan segar.

3. Minyak kelapa

Selain bisa dibuat memasak, ternyata minyak kelapa dapat digunakan untuk mengusir ketombe pada balita, lho. Terdapat senyawa aktif yang bisa membuat kulit kepala tetap terhidrasi.

Seperti diketahui, salah satu faktor munculnya ketombe adalah kondisi kulit kepala yang kering. Dengan membuatnya terhidrasi, bukan tidak mungkin ketombe akan segera pergi.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung senyawa antimikroba yang bisa mengatasi jamur penyebab ketombe. Bahkan, menurut sebuah riset, minyak kelapa tak hanya bisa membantu menghilangkan ketombe, tapi juga masalah kulit lainnya seperti eksim dan dermatitis atopik.

4. Cuka apel

Salah satu cara alami mengatasi ketombe pada balita yang jarang diketahui adalah dengan menggunakan cuka apel. Sifat asam pada cuka apel diyakini bisa membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kepala. Sehingga, ketombe yang berasal dari sel kulit mati bisa segera hilang.

Selain itu, cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Moms bisa menggunakannya dengan campuran minyak esensial lain dan menyemprotkannya ke kulit kepala si kecil.

5. Gunakan baking soda

Baking soda atau soda kue merupakan bahan masakan yang mudah ditemukan. Moms bisa menggunakannya untuk menghilangkan ketombe pada balita.

Baking soda dapat mendukung aktivitas eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati, serta mengurangi rasa gatal dan menghilangkan kerak.

Senyawa antijamur pada baking soda juga efektif untuk mengatasi ketombe tanpa membuat kulit kepala iritasi. Baking soda justru bisa menciptakan sensasi lembut dan halus pada kulit kepala buah hati tercinta.

Moms bisa langsung mengoleskannya ke rambut si kecil yang telah dibahasi, lalu pijat pelan-pelan. Biarkan selama satu hingga dua menit, kemudian bilas dan lanjutkan seperti keramas biasa.

6. Daun kemangi

Rebusan daun kemangi bisa digunakan untuk mengusir ketombe. Sumber foto: www.backtoorganic.com

Selain menyehatkan, daun kemangi juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Lagi-lagi, sifat antijamur adalah kekuatan utama untuk membasmi masalah pada kulit kepala itu. Moms bisa merebus beberapa daun kemangi, lalu gunakan airnya untuk membasahi kulit kepala anak.

Selain mengatasi ketombe, air rebusan tersebut dapat membantu menguatkan rambut agar tidak mudah patah dan rontok.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: 10 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui

7. Minyak zaitun

Cara alami terakhir yang bisa Moms lakukan untuk mengusir ketombe pada si kecil adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan kulit.

Kandungan aktif pada minyak zaitun mampu menjaga kelembapan kulit kepala. Seperti diketahui, salah satu hal yang bisa memperparah ketombe adalah kondisi kulit kepala yang kering.

Moms bisa langsung mengoleskan minyak zaitun ke permukaan kulit kepala si kecil, diamkan beberapa menit, lalu bilas seperti keramas biasa.

Nah, itulah tujuh cara alami menghilangkan ketombe pada balita yang bisa Moms lakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kombinasikan beberapa cara di atas dan lakukan secara rutin, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Baby Destination, diakses 3 September 2020, 7 Home Remedies To Get Rid Of Dandruff In Kids.
  2. Firstcry Parenting, diakses 3 September 2020, How to Deal With Dandruff in Kids.
  3. Healthline, diakses 3 September 2020, 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally.
  4. Medlife, diakses 3 September 2020, 15 Home Remedies to Cure Dandruff Naturally.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 3 September 2020, The Review on Properties of Aloe Vera in Healing of Cutaneous Wounds.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 3 September 2020, A randomized double-blind controlled trial comparing extra virgin coconut oil with mineral oil as a moisturizer for mild to moderate xerosis.

    register-docotr