Info Parenting

Musik untuk Perkembangan Janin, Memperkuat Ikatan hingga Kepribadian Bayi

June 23, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mungkin Moms sering mendengar soal manfaat musik untuk perkembangan janin seperti meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak.

Lantas, kenapa musik bisa berpengaruh pada perkembangan bayi dalam kandungan? Dan jenis musik apa yang cocok untuk Moms dengarkan? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat musik pada perkembangan janin

Dilansir dari UNICEF, terbukti bahwa musik memiliki peran dalam perkembangan otak bayi di dalam kandungan. Sekitar 16 sampai 18 minggu kehamilan, si kecil mendengar suara pertamanya.

Pada usia 24 minggu, telinga si kecil mulai berkembang pesat dan bayi telah terbukti menoleh dan merespons suara dan kebisingan yang ada di luar. Pada fase terakhir kehamilan, bayi juga dapat mengenali suara ibunya, bahasa ibu, pola kata, dan puisi.

1. Memberikan ketenangan

Tingkat stres yang tinggi pada ibu hamil dapat memiliki efek negatif pada perkembangan janin.

Musik dan menyanyi memiliki efek menenangkan pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Ini memberikan kontribusi untuk bayi agar sehat dan bahagia di kemudian hari.

2. Perkembangan otak dini

Mendengarkan semua jenis musik mendorong perkembangan otak dini pada janin karena musik memfasilitasi koneksi neuron di otak. Mendengarkan musik merangsang otak janin dan membantu pertumbuhan struktur otak.

Musik mampu menyulut semua bidang perkembangan anak dan keterampilan yang dibutuhkan untuk kesiapan sekolah, terutama di bidang penguasaan bahasa dan keterampilan membaca.

Belajar memainkan alat musik dapat meningkatkan pembelajaran matematika, dan bahkan meningkatkan nilai sekolah.

3. Bonding antara ibu dan bayi

Musik juga merupakan bagian penting dalam menguatkan ikatan antara ibu dan bayi.

Mendengarkan lagu santai atau menyanyikan lagu pengantar tidur mengirimkan bahan kimia yang menenangkan ke seluruh tubuh dan ke dalam plasenta yang memfasilitasi bonding dan relaksasi.

4. Membentuk kepribadian bayi

Jenis musik yang Moms dengarkan saat hamil dapat memiliki efek pada kepribadian bayi secara keseluruhan. Jika Moms mendengarkan suara yang menenangkan dan musik lembut, bayi dapat mengembangkan kepribadian secara tenang. 

Di sisi lain, jika Moms mendengarkan musik yang keras dan menggelegar, itu bisa mengarah pada kepribadian super aktif pada bayi. Namun, tidak ada penelitian medis untuk mendukung hal ini karena para ahli masih dalam tahap pengembangan.

Tips dalam memutar musik untuk bayi

Agar bisa mendapatkan manfaat yang baik dari musik, Moms harus memerhatikan beberapa hal. Seperti volume musik dan pemilihan musik yang Moms pilih untuk si kecil.

Berikut beberapa tips yang harus Moms perhatikan saat ingin memperdengarkan musik pada bayi:

1. Suara moms adalah nyanyian terbaik

Dilansir dari Healthline, bayi memang mulai belajar dari dalam kandungan. Namun, perkembangan otak sebagian besar terjadi di luar rahim, setelah bayi Moms lahir.

Jadi Moms tidak terlalu ambil pusing untuk membeli CD atau memutar musik berisi edukasi untuk mengajarkan bayi berbagai macam bahasa sejak di dalam perut.

Aktivitas sehat apa pun yang Moms nikmati atau bisa membuat ibu rileks saat hamil akan memiliki efek positif pada bayi. Saat Moms mendengar musik sambil bernyanyi maka bayi akan mendengarkan suara Moms dari dalam kandungan.

Dari sana, bayi akan mulai belajar dan akrab dengan suara Moms dan jenis musik yang Moms sukai.

2. Jangan terlalu keras

Penting untuk diingat bahwa rahim adalah tempat bising. Perut Moms berdeguk, jantung berdetak, paru-paru penuh dengan udara. Selain itu, suara Moms juga terdengar makin kuat karena getaran tulang saat suara melewati tubuh.

Saat hamil, Moms harus mencoba menjaga volume suara luar sekitar 50 hingga 60 desibel, atau dengan tingkat kebisingan yang sama dengan percakapan normal. Itu berarti Moms pasti tidak ingin menggunakan headphone di perut.

Dokter menyebut, penggunaan headphone atau earphone yang ditempelkan di perut akan terdengar sangat keras saat mencapai telinga si kecil. Suara yang terlalu keras justru berbahaya bagi perkembangan bayi.

3. Musik apa yang sebaiknya Moms dengar

Apakah ada musik tertentu yang baik untuk bayi? Dokter mengatakan lagu sederhana dan tidak terlalu keras sangat direkomendasikan. Kuncinya Moms harus menyukai musik tersebut dan menikmatinya.

Bahkan kini di beberapa aplikasi streaming musik ada playlist khusus yang dibuat untuk para ibu hamil. Beberapa fokus pada musik meditasi, sementara lainnya fokus pada musik pop positif. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 19 Juni 2020. Womb Tunes: Music Your Baby Will

Tiny Love. Diakses pada 19 Juni 2020. The Benefits of Playing Music in the Womb

UNICEF. Diakses pada 19 Juni 2020. How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class

Mom Junction. Diakses pada 19 Juni 2020. 4 Wonderful Effects Of Listening To Music During Pregnancy

    register-docotr