Info Sehat

Suka Olahraga? Artinya Kamu Perlu Tahu Manfaat Minuman Isotonik Berikut Ini

June 23, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Minuman isotonik adalah salah satu jenis sport drinks atau minuman olahraga, selain hypertonic dan hipotonik. Manfaat minuman isotonik disebut dapat mendukung kebugaran atlet dan juga mereka yang suka berolahraga.

Tapi sebenarnya apa itu minuman isotonik? Kenapa disebut memiliki manfaat untuk orang yang giat berolahraga? Yuk sama-sama simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Jangan Khawatir Moms! Ini dia Penyebab Keputihan saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Apa itu minuman isotonik?

Minuman isotonik adalah cairan yang mengandung konsentrasi garam dan gula yang sama seperti pada tubuh manusia. Selain itu minuman isotonik juga mengandung beberapa mineral seperti kalium dan sodium.

Minuman isotonik dibuat untuk menggantikan energi, cairan tubuh dan elektrolit yang hilang. Biasanya terjadi selama dan setelah melakukan aktivitas fisik berat seperti olahraga. Terutama olahraga ketahanan, seperti berlari atau berenang.

Apa manfaat minuman isotonik untuk tubuh?

Setidaknya ada tiga manfaat minuman isotonik bagi tubuh. Manfaat tersebut baru bisa dirasakan jika orang yang meminumnya dalam keadaan sedang atau baru selesai melakukan aktivitas berat. Manfaat tersebut antara lain:

Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi

Tubuh akan kehilangan cairan dan elektrolit melalui keringat dan urine saat atau setelah melakukan aktivitas berat atau olahraga. Minuman isotonik dapat menggantikan cairan tubuh dan elektrolit di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan dalam minuman isotonik disebut bisa lebih cepat terserap tubuh. Sehingga bisa mengembalikan kondisi cairan tubuh dalam waktu singkat, sehingga menghindari terjadinya kekurangan cairan atau dehidrasi.

Jika tubuh mengalami dehidrasi akan berdampak buruk. Karena kamu bisa mengalami gangguan fungsi tubuh, kerusakan organ bahkan dalam kasus paling buruk bisa menyebabkan kematian.

Manfaat minuman isotonik memberi asupan karbohidrat

Menurut salah satu jurnal, semakin berat intensitas aktivitas fisik dilakukan maka akan semakin besar energi yang dibutuhkan. Karena itu juga akan semakin besar karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi.

Sementara itu, aktivitas fisik yang dilakukan secara intens dapat mengurangi nafsu makan. Sehingga membuat tubuh minim akan sumber energi. Jika ini terjadi tubuh akan beradaptasi dengan mengambil cadangan glukosa dalam bentuk glikogen, yang terdapat di organ hati dan otot.

Di sisi lain, saat berolahraga otot juga akan menggunakan glikogen sebagai sumber energi. Dengan begitu simpanan glikogen akan menipis dan membutuhkan waktu untuk membentuk kembali glikogen.

Untuk itu, minuman isotonik berfungsi sebagai pemberi asupan karbohidrat. Agar kebutuhan karbohidrat terpenuhi dan tidak mengganggu cadangan glikogen.

Membantu pembentukan kembali glikogen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa saat berolahraga otot akan memecah glikogen sebagai sumber energi. Setelah berolahraga tubuh memerlukan makanan dan minuman untuk mengembalikan jumlah simpanan glikogen.

Manfaat minuman isotonik di sini adalah membantu pembentukan kembali glikogen. Pembentukan glikogen sendiri terjadi dengan mengonversikan asupan glukosa dalam tubuh. Sementara itu, minuman isotonik biasanya juga mengandung sejumlah glukosa di dalamnya.

Baca Juga: Cara Meredakan Gusi Bengkak dengan Pengobatan Rumahan

Catatan yang perlu diperhatikan dari manfaat minuman isotonik

Minuman isotonik dibuat untuk manfaat yang spesifik, yaitu untuk atlet atau orang yang rutin berolahraga. Karena itu, sebaiknya jangan minum minuman isotonik jika kamu tidak sedang berolahraga atau tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang berat.

Pasalnya, jika diminum terus-menerus dalam kondisi tubuh normal, kamu perlu memperhatikan kandungan gula dalam minuman ini. Rasa manis dan segar memang menyenangkan, tapi kamu lupa ada risiko diabetes yang mengintai.

Jika dikonsumsi terus menerus padahal tubuh tidak membutuhkannya, kamu juga berisiko terkena gangguan kesehatan lainnya selain diabetes, salah satunya masalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan akan menimbulkan masalah baru karena bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Jadi, jika kamu tidak sedang melakukan aktivitas fisik berat atau olahraga, sebaiknya minum air putih saja yang lebih menyehatkan. Namun, jika sesekali dibutuhkan, kamu bisa mengonsumsinya untuk membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Jika kamu masih mempunyai pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat minuman isotonik, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 18 Juni 2020 Should You Drink Sports Drinks Instead of Water? 
  2. Healthline diakses 7 Januari 2021 Post-Workout Nutrition: What to Eat After a Workout
    Berita Terkait
    register-docotr