Info Parenting

Yuk Cari Tahu Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

June 28, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pilek atau flu bisa menyerang semua umur, bisa menyerang orang dewasa, anak-anak dan juga pada bayi. Pilek pada bayi tentunya sama seperti pilek pada orang dewasa, penderitanya akan menunjukkan gejala batuk, hidung meler atau hidung tersumbat.

Karena gejala tersebut, bayi yang mengalami pilek umumnya menjadi lebih rewel. Sementara itu, orang tua tidak bisa memberikan obat pada bayi untuk meringankan gejala pilek, karena pemberian obat flu yang dijual bebas tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 4 tahun.

Tapi tak perlu khawatir, karena orang tua masih bisa melakukan beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi dan membuat kondisinya lebih baik. Berikut cara mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa dilakukan orang tua di rumah untuk membuat anak lebih nyaman.

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa dilakukan di rumah

Cara-cara berikut bisa dilakukan hanya untuk meringankan pilek pada bayi, bukan untuk menghentikan pilek. Karena pilek atau flu bisa sembuh saat sistem kekebalan tubuh anak berhasil mengalahkan virus flu yang ada di dalam tubuhnya.

Namun cara-cara ini sebaiknya dilakukan, karena ampuh mengeluarkan dahak pada bayi. Dengan begitu nafas bayi menjadi lebih lega, bayi lebih tenang dan membuat tidur kembali nyenyak. Berikut cara-cara yang bisa diterapkan orang tua:

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat menjadi pengalih perhatian bayi. Saat mandi perhatian bayi akan teralihkan dengan bermain air, ia akan lupa dengan rasa tidak nyaman akibat flu.

Sementara itu, uap yang berasal dari air hangat saat manding akan membantu mengatasi lendir yang menyumbat hidung bayi. Uap akan membantu lendir lebih mudah dikeluarkan.

Humidifier dan uap

Gunakan pelembab udara atau humidifier di kamar bayi saat mereka tidur, untuk membantu lendir lebih mudah dikeluarkan. Saat menggunakan humidifier, moms juga bisa menambahkan minyak esensial kayu putih di dalamnya.

Uap dengan aroma minyak kayu putih dipercaya mampu membantu mengeluarkan dahak dari dada dan juga hidung. Penggunaan minyak esensial lainnya juga bisa membantu. Namun untuk memastikan keamanan si kecil, moms bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Tetap terhidrasi

Pada orang dewasa memastikan tubuh terhidrasi dapat membantu mengatasi hidung tersumbat saat pilek. Terutama jika banyak meminum air hangat.

Sementara pada bayi, moms cukup memastikan bayi cukup mendapatkan asupan ASI. Cairan yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir di dada dan di hidung. Sehingga akan lebih mudah dikeluarkan dan membuat nafas bayi lebih lega.

Cairan saline

Memasukkan satu atau dua tetes saline ke dalam hidung dapat membantu mengencerkan lendir. Gunakan pipet atau alat khusus untuk meneteskan cairan saline di posisi yang diinginkan untuk mengencerkan lendir yang sangat kental.

Cara tersebut biasanya ampuh membantu si kecil mengeluarkan dahak di hidung atau dada. Namun sebelum menggunakan cairan saline, moms bisa bertanya pada dokter merek saline yang mereka rekomendasikan agar tak salah pilih untuk si kecil.

Alat sedot hidung

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang terakhir adalah menggunakan alat sedot hidung. Alat ini berbentuk balon dengan pipet di bagian ujungnya.

Beberapa orang merasa takut menggunakan alat ini. Tapi jika digunakan dengan benar, alat ini bisa mengeluarkan dahak yang menyumbat hidung bayi dengan efektif dan dapat membuat si kecil bernafas lebih lega.

Demikian cara mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa dilakukan. Beberapa cara biasanya ampuh saat dilakukan, namun terkadang masih saja ada dahak yang tertinggal di dada atau hidung bayi.

Jika bayi masih terlihat tidak nyaman meski sudah mengeluarkan dahak, moms bisa memberikan pijatan lembut di sekitar hidung, alis, tulang pipi, garis rambut dan bagian bawah kepalanya. Pijatan tersebut dapat membantu meredakan rewel dan meredakan rasa tidak nyaman pada bayi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 23 Juni 2020 How to Treat Nasal and Chest Congestion in a Newborn
  2. Webmd diakses 23 Juni 2020 5 Ways to Treat Your Baby’s Stuffy Nose
  3. Mayoclinic.org diakses 23 Juni 2020 Common cold in babies
  4. Medicalnewstoday diakses 23 Juni 2020 What to know about congestion in babies 
    register-docotr