Info Parenting

Bikin Makin Pintar, Ini Manfaat Belajar Musik untuk Tumbuh Kembang Anak!

August 26, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Selain berolahraga, memainkan alat musik juga dikenal luas memiliki dampak yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Selain bisa dilakukan untuk melatih emosi, anak-anak yang terlatih bermain musik sejak dini juga diketahui memiliki tingkat kepintaran yang tinggi.

Apa saja manfaat belajar musik untuk tumbuh kembang anak-anak? Berikut ulasannya.

Manfaat belajar musik bagi perkembangan anak

Tak heran jika Moms ingin menelusuri minat anaknya di bidang yang satu ini. Bukan hanya bisa melatih kecerdasan, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh anak dengan bermain musik:

1. Membuat sisi akademis anak makin cemerlang

Dikutip dari Parents, hubungan antara musik dengan kemampuan berpikir sangatlah kuat.

Pertama, anak yang senang bermain musik diketahui memiliki daya ingat yang lebih tajam. Kedua, saat ia belajar memahami irama, ketukan, dan skala dalam musik, ia juga sekaligus mempelajari cara membagi, angka pecahan, sampai mengenal pola.

Beragam penelitian menunjukkan anak yang belajar musik meningkatkan kemampuan berbahasa dan matematika juga, lho!

Baca juga: Kenali Manfaat Suntik Steroid, Tingkatkan Masa Otot dan Obati Penyakit Imun

2. Merangsang perkembangan fisik

Beberapa jenis alat musik, seperti perkusi, sangat berperan membantu anak mencapai koordinasi tubuh yang baik. Saat anak harus menciptakan bunyi-bunyi tertentu, mau tidak mau tubuh akan didorong untuk menyelaraskan pukulan tangan dengan jenis irama yang dihasilkan.

Begitu pula ketika anak belajar memetik gitar. Otak dan otot jari akan saling berkoordinasi dalam hitungan tertentu untuk menciptakan melodi yang indah.

Kemampuan ini tidak hanya berguna untuk melatih keseimbangan, namun juga agar anak bisa memiliki kemampuan bertahan hidup yang lebih baik di masa depan.

3. Mendorong anak lebih berani bersosialisasi

Tidak semua anak lahir dengan keberanian untuk tampil di depan banyak orang. Ada kalanya ia perlu dorongan khusus agar bisa berbaur di lingkungan yang baru dikenal.

Jika si Kecil di rumah termasuk dalam ketagori ini, Moms bisa melatih kemampuan bersosialisasinya dengan bermain musik bersama-sama.

Beberapa jenis musik yang harus dimainkan oleh lebih dari satu orang seperti drum band bisa menjadi ajang latihan anak untuk berinteraksi. Di situ anak akan berlatih mengenai berkomunikasi, berkolaborasi, dan beradaptasi.

4. Melatih kesabaran

Emosi yang dimiliki anak kecil tentu berbeda dengan orang dewasa. Seringkali mereka butuh proses yang lebih lama untuk memahami dan mengutarakan apa yang mereka rasakan.

Salah satunya bisa dilihat dari tingkat kesabaran. Ada banyak anak yang belum paham aturan mengantre, sampai membuat Moms kebingungan. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan melatihnya bermain musik sejak dini.

5. Membiasakan anak menjadi lebih disiplin

Bagaimana cara menanamkan nilai disiplin pada anak dengan cara yang menyenangkan?

Jawabannya adalah dengan mengajarinya bermain alat musik. Dengan begitu, anak akan belajar menunda kepuasan mereka sampai benar-benar mencapai titik keberhasilan.

Seperti yang kita tahu, memainkan alat musik bukan sebuah proses yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Anak dituntut untuk belajar secara perlahan dan dari tahap yang paling dasar sampai ia benar-benar bisa memainkan sebuah instrumen dengan sempurna.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Ciri Kanker Otak Stadium Awal agar Lebih Cepat Ditangani

6. Menjadi media mengenalkan budaya lain

Dunia ini begitu kaya akan kebudayaan, dan salah satu cara mengenalkan itu semua sedari dini pada si Kecil adalah dengan mengajarkan alat musik.

Dari situ anak akan mengenal perbedaan budaya melalui alat-alat musik yang ada. Keragaman harmoni yang tercipta, sampai luapan emosi yang dihasilkan oleh setiap lagu dari wilayah akan membantu ia berpikiran terbuka.

Jika Moms memiliki pertanyaan lain seputar manfaat musik untuk kesehatan anak jangan ragu bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

7 Benefits of Musik for Children While Growing Up https://www.budsies.com/blog/guest-blog/musik-benefits-children/ diakses pada 25 Agustus 2020

6 Benefits of Musik Lessons https://www.parents.com/kids/development/intellectual/6-benefits-of-musik-lessons/ diakses pada 25 Agustus 2020

Music Interventions and Child Development https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5626863/pdf/fpsyg-08-01694.pdf diakses pada 10 November 2020.

    Berita Terkait
    register-docotr