Info Parenting

Jangan Panik Jika Anak Tidak Mau Mengunyah Makanan, Ini Cara Mengatasinya!

May 1, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menghadapi anak yang tidak mau mengunyah makanan memang membuat frustasi. Namun demikian, Moms tidak perlu stres, karena ada beberapa cara efektif untuk membuat si Kecil lancar makan.

Kapan anak mulai mengunyah makanan?

Eksperimen untuk mengunyah dan menggunakan mulut biasanya dimulai sejak anak masih bayi. Biasanya jari dan mainan dimasukkan ke dalam mulut mereka untuk latihan yang satu ini.

Mengunyah biasanya akan dilakukan pada saat bayi mendekati usia pertama mereka. Itu sebabnya beberapa orang tua akan direkomendasikan untuk memperkenalkan makanan baru pada anak di fase ini.

Hal itu dilakukan untuk mendorong aktivitas mengunyah anak. Koordinasi antara lidah, rahang dan menelan adalah bagian terpenting dalam aktivitas anak untuk mengunyah makanan secara benar.

Kenapa beberapa anak tidak mau mengunyah makanan mereka?

Tidak ada anak yang dapat mengunyah begitu saja. Setiap anak memiliki waktu belajarnya sendiri dan biasanya dimulai pada saat mereka masih balita.

Pada waktu belajar, anak akan mengalami masalah yang dapat membuat mereka tidak mau mengunyah makanan. Di antaranya adalah:

Kurang tertarik pada makanan

Beberapa anak biasanya diberikan makanan yang sama secara terus menerus. Itu sebabnya mereka akan jadi tidak tertarik dengan apa yang masuk ke dalam mulut mereka.

Tidak dikenalkan pada makanan bertesktur

Pada saat anak masuk usia satu tahun, mereka seharusnya diperkenalkan dengan makanan yang memiliki beragam rasa dan tekstur. 

Jika mereka masih bergantung pada ASI hingga usia ini, maka anak menjadi kesulitan untuk mengunyah pada saat makan nantinya.

Terlambat memperkenalkan makanan padat

Kemampuan mengunyah harusnya sudah mulai dikembangkan oleh anak pada saat masih sangat kecil. 

Oleh karena itu, jika Moms hanya memperkenalkan makanan padat pada saat mereka sudah dewasa, maka anak akan sulit untuk menerima makanan padat dan lebih memilih minum susu.

Baca juga: Daftar Makanan Bayi 6 Bulan agar Cepat Gemuk, Apa Saja?

Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau mengunyah makanan?

Jangan panik saat menghadapi anak yang sulit atau tidak mau mengunyah makanan. Moms bisa coba cara sebagai berikut:

Gunakan mainan yang bisa digigit

Seperti yang sudah disebutkan di atas kalau bayi cenderung mulai menggunakan mulut mereka dengan memasukkan jari dan mainan. Fase ini sangat penting untuk anak sebelum mulai mengunyah makanan.

Untuk itu, Moms harus pilih mainan yang bisa digigit secara tepat untuk merangsang penggunaan rongga mulut si Kecil. Karena jika tidak menggunakan mainan yang khusus, anak bisa menolak setiap benda yang masuk ke mulutnya, termasuk makanan.

Pilih makanan yang tepat

Memperkenalkan berbagai jenis makanan memang baik, terutama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Akan tetapi, dalam kasus anak yang tidak mau mengunyah makanan, Moms harus pilih makanan yang tepat.

Pastikan makanan yang diberikan adalah yang mereka gemari. Memberikan popcorn atau anggur bisa jadi bukan pilihan terbaik, karena anak biasanya tidak bisa mengunyah jenis makanan ini dengan baik.

Beri mereka makan ketika lapar

Anak yang tidak mau mengunyah makanan biasanya menganggap mengunyah sebagai hal yang tidak penting. Mereka akan cenderung menghindari aktivitas ini sebisa mungkin.

Nah, jika Moms memberikan anak makan pada saat mereka masih kenyang, tentu mereka akan cenderung malas mengunyah bahkan menolak makan.

Oleh karena itu, salah satu siasat yang bisa Moms jalani adalah memberikan si Kecil makan pada saat dia sedang lapar.

Mungkin pada awalnya anak akan menolak, tapi rasa malas ini akan kalah dengan sendirinya terhadap rasa lapar yang melanda. Sehingga tidak ada pilihan lain, mereka harus mengunyah makanan mereka.

Mulai dengan potongan makanan kecil dan halus

Memperkenalkan anak pada beragam tekstur makanan juga penting, hal ini akan membuat mereka belajar mengunyah dan menggunakan gigi dengan tepat.

Untuk itu, sebagai langkah awal Moms bisa pilih makanan dengan potongan yang kecil terlebih dahulu.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang anak yang cenderung malas mengunyah makanan. Tetap bersabar dan praktikkan cara terbaik untuk membuat si Kecil mau makan ya, Moms!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Parenting Firstcry, diakses 25 April 2021. How to Teach a Child to Chew Food – Easy Ways for Parents
  2. Yourkidstable, diakses 25 April 2021. How to Teach Your Baby to Chew So They Can Eat Safely
  3. Healthline, diakses 25 April 2021. What Can You Do If Your Child Refuses to Eat Anything?
    register-docotr