Gizi Anak

Dukung Perkembangan si Kecil, Moms Harus Terapkan Makanan Sehat Ini untuk Anak

July 24, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Salah satu tantangan yang sering dihadapi para orang tua adalah menyiapkan makanan sehat untuk anak. Pada masa pertumbuhan, makanan sehat mempunyai peranan penting untuk tumbuh kembang anak.

Nutrisi seperti protein, kalsium, serat dan berbagai nutrisi lain yang hanya bisa didapat melalui makanan harus bisa terpenuhi. Jika Moms masih merasa bingung memilih makanan apa saja, mari simak artikel yang satu ini!

Baca Juga: Moms, Penuhi Nutrisi Berikut untuk Dukung 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Pentingnya makanan sehat untuk anak

Anak-anak berusia 7 hingga 10 tahun membutuhkan banyak energi dan nutrisi karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. Makanan sehat tersebut terdiri dari makanan yang punya kandungan serat tinggi, protein, kalsium, dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan. 

Memberikan makanan tersebut membantu perkembangan otak yang optimal, pertumbuhan fisik, serta bisa juga mencegah penyakit di masa mendatang.

Daftar makanan sehat untuk anak

Sebagai orang tua, tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk membiasakan anak makan makanan yang sehat. Terlebih, anak-anak di masa perkembangannya juga membutuhkan diet seimbang dengan makanan dari ketiga kelompok makanan sayur dan buah, produk gandum, dan makanan berprotein.

Ada beberapa daftar makanan sehat untuk anak yang bisa menjadi pilihan dan bisa dikombinasikan untuk bekal sehari-hari. Seperti berikut ini:

1. Buah dan sayur-sayuran

Makanan sehat untuk anak yang satu ini tentu sudah bukan rahasia lagi, buah dan sayur-sayuran.

Buah dan sayur memberi energi, vitamin, antioksidan, serat, dan air untuk si kecil. Makanan ini juga membantu melindungi anak dari penyakit di masa mendatang, mulai dari penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. 

Nah, biasanya anak-anak kurang menyukai makan buah dan sayur-sayuran. Untuk itu, sudah menjadi tugas Moms sebagai orang tua untuk mendorong si kecil untuk terbiasa makan buah. Coba kenalkan berbagai manfaat yang ada dalam buah dan sayuran, agar mereka tertarik untuk memakannya.

Tidak lupa juga, untuk mencuci buah hingga bersih dan jangan membuang kulitnya ya, Moms. Karena kulit buah juga banyak mengandung nutrisi.

2. Yoghurt

Salah satu yang menjadi kesukaan anak-anak adalah memakan camilan. Tapi kebanyakan cemilan cenderung mengandung banyak gula yang tidak baik bagi si kecil. Nah, sebagai alternatif  camilan sehat, Moms bisa memberikan buah hati yoghurt.

Yoghurt punya banyak kandungan kalsium dan protein. Kalsium sendiri sangat penting untuk perkembangan tulang anak-anak. Beberapa yoghurt juga menurut penelitian mengandung probiotik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan si kecil.

Tetapi, saat memilih yoghurt sebagai camilan, perhatikan juga kandungan gula, usahakan juga memilih yoghurt dengan rasa tawar atau dengan pemanis alami dari buah-buahan.

3. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi sarapan sehat dan enak untuk anak. Agar semakin kaya dengan gizi, Moms bisa mencampur oatmeal dengan susu.

Oat mengandung serat larut tinggi, yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. 

4. Telur

Satu telur besar mengandung 6 gram protein dan menghasilkan vitamin D, vitamin B12, dan zat besi. Beberapa telur juga diperkaya dengan asam lemak omega-3, yang membantu perkembangan otak anak-anak.

Selain punya kandungan baik, telur juga menjadi salah satu makanan sehat untuk anak yang bisa diolah dengan berbagai cara. Mulai dari membuat telur mata sapi, telur orak-arik, sampai dijadikan isi dalam sandwich. Semua bisa Moms kreasikan sesuai kesukaan si kecil.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung magnesium tinggi, mineral yang sangat penting dalam pengembangan tulang dan produksi energi. Kacang kenari, kemiri, biji chia, dan biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang tinggi, sejenis lemak omega-3 yang tidak bisa dibuat oleh tubuh.

Tidak hanya itu loh Moms, kacang-kacangan juga bisa meningkatkan suasana hati.

Moms bisa memberikan campuran kacang mete, kacang kenari, kacang almond, pecan, biji bunga matahari, biji chia dan banyak lagi sebagai camilan. Atau Moms juga bisa menambahkannya dalam masakan lainnya misal dalam sup.

6. Keju

Makanan olahan susu berlemak seperti keju secara signifikan berkontribusi pada kebutuhan nutrisi anak untuk kalsium, magnesium, dan vitamin A dan D. 

Keju memberi anak-anak protein berkualitas tinggi, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang tepat. Protein juga akan membantu mereka merasa kenyang di antara waktu makan. Sehingga ini menghindari anak untuk ngemil dan mengalami obesitas.

Terlebih lagi, beberapa penelitian mencatat bahwa anak-anak yang makan keju cenderung tidak mengalami gigi berlubang 

Baca Juga: Supaya Pandangan Tidak Berputar, Kenali Cara Mengatasi Vertigo Berikut Ini

7. Pasta

Tahukah Moms? Kalau anak-anak membutuhkan serat setidaknya  25 gram per hari. Nah, untuk mencukupi sumber serat tersebut, Moms bisa memilih pasta.

Pasta tidak hanya kaya serat tapi punya indeks  glikemik rendah, sehingga akan membuat anak mendapatkan energi yang cukup dan merasa kenyang lebih lama.

Itulah daftar makanan sehat untuk anak yang bisa Moms coba. Karena anak-anak cenderung cepat bosan, cobalah untuk mengkombinasikan makanan tersebut atau menyajikannya dalam bentuk yang unik agar mereka bisa menikmatinya dengan lahap, ya Moms.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 18 Juli 2020. 28 Healthy Snacks Your Kids Will Love

Web MD (2015). Diakses pada 18 Juli 2020. 7 Brain Foods for Kids

Eating Well (n.d). Diakses pada 18 Juli 2020. The Top 10 Healthiest Foods for Kids

Caring For Kids (2020). Diakses pada 18 Juli 2020. Healthy eating for children

NHS (2018). Diakses pada 18 Juli 2020. How many calories does a child of 7 to 10 need?

    Berita Terkait
    register-docotr