Gizi Anak

Si Kecil Baru Belajar Makan? Yuk Moms, Penuhi Nutrisi dengan 6 Buah Ini

October 2, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memenuhi asupan gizi si kecil tentu saja menjadi tugas utama bagi Moms. Agar bayi mendapatkan gizi yang baik tidak cukup hanya dengan memberikan ASI saja, tetapi juga harus dibarengi dengan pemberian makanan bergizi, seperti buah-buahan.

Makanan pendamping ASI (MPASI) biasanya diberikan pada bayi yang berusia sekitar 6 bulan. Pada usia ini bayi diberikan makanan padat bertekstur lembut.

Moms, ketika si kecil baru belajar makan, sangat penting untuk memeriksa kandungan gizi pada makanan yang diberikan. Lalu, apa saja daftar buah untuk bayi yang baru belajar makan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Moms, Tak Perlu Bingung, Ini Inspirasi Menu MPASI 6 Bulan

Daftar buah untuk bayi yang baik untuk dikonsumsi

Bayi yang tumbuh sehat tentu saja menjadi keinginan semua orang tua. Untuk menjaga kesehatan si kecil Moms dapat memberikan menu MPASI dari buah-buahan. Tak hanya itu, buah-buahan juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil lho Moms.

Berikut adalah daftar buah untuk bayi yang berguna untuk memenuhi gizi si kecil.

1. Pisang

Hampir setiap makanan pertama bayi adalah pisang. Pisang memiliki tekstur lembut dan mudah untuk dihaluskan serta dikunyah. Pisang mengandung banyak sekali nutrisi penting sehingga dianggap sebagai salah satu makanan paling sempurna.

Buah berwarna kuning ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, serta potasium. Tak hanya itu, pisang juga memberi bayi vitamin A, kalsium, magnesium, zat besi dan seng.

Kebanyakan bayi menyukai pisang karena rasa manis alami yang dimilikinya. Kandungan nutrisi pada pisang dapat memberikan banyak energi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

2. Alpukat

Tidak hanya memiliki rasa dan tekstur yang ideal untuk makanan bayi, alpukat menjadi makanan untuk bayi yang tak tertandingi dengan berbagai manfaat.

Alpukat adalah buah untuk bayi yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, dan folat. Moms, dapat memasukan alpukat ke dalam makanan si kecil pada usia 6 bulan.

Alpukat juga memiliki kandungan lemak sehat yang mana sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil. Salah satu cara termudah untuk membuat menu MPASI alpukat adalah dengan menghaluskannya.

3. Apel

Buah untuk bayi selanjutnya yang dapat membantu memenuhi gizi si kecil adalah apel. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari dapat membantu bayi tetap sehat lho Moms.

Satu porsi bubur apel (100 g) memiliki kandungan nutrisi:

  • Kalori: 52 kalori
  • Karbohidrat: 14 gram
  • Lemak: 0,17 gram
  • Protein: 0,26 gram
  • Serat makanan: 2,4 gram

Tak hanya itu, apel juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu bayi menyerap zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mangga

Tak hanya memiliki rasa nikmat, mangga juga menyediakan banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi lho. Mangga adalah sumber vitamin A, B6, dan C yang baik. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan kalium/potasium, tembaga, dan serat.

Untuk mengolah mangga pun sangat mudah. Moms dapat menghaluskannya dengan menggunakan sendok atau garpu, atau juga dapat menggunakan blender. Mangga dapat disajikan sendiri atau dicampur dengan makanan lain, seperti sayuran, atau yoghurt organik.

Baca juga: Perkembangan Bayi 6 Bulan: Mulai Konsumsi Makanan Padat Pertamanya

5. Pepaya

Pepaya merupakan buah untuk bayi yang bisa Moms masukan ke dalam daftar makanan si kecil. Waktu terbaik untuk memasukan papaya ke dalam makanan adalah sekitar usia 7 hingga 8 bulan.

Moms dapat memberikan papaya secara bertahap pada si kecil, setelah mereka bisa mencernanya dengan baik.

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin C, vitamin K, folat, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, serta zat besi yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Pepaya memiliki banyak sekali manfaat di antaranya adalah meningkatkan sistem pencernaan, imunitas, metabolisme, serta dapat menjadi pencahar alami ketika bayi mengalami sembelit.

6. Pir

Pir adalah sumber vitamin C dan tembaga yang bagus untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, serta dapat mendukung sistem kekebalan.

Tak hanya itu, buah untuk bayi ini juga memiliki kandungan vitamin K, kalium, dan serat yang membantu mencegah sembelit serta menjaga bayi tetap sehat.

Untuk mengolahnya, Moms dapat memotong pir kecil-kecil, kemudian kukus hingga lunak, lalu haluskan pir dengan menggunakan blender.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Firstcry.com (2018). Diakses pada 28 September 2020. Apple Puree for Baby: Recipes & Storage Tips 

Firstcry.com (2019). Diakses pada 28 September 2020. Papaya for Babies: Amazing Benefits and Food Recipes 

Homemade Baby Food Recipes. Diakses pada 28 September 2020. Fruits and Vegetables for Baby – Do They Have to be Cooked? 

Homemade Baby Food Recipes. Diakses pada 28 September 2020. Pear Baby Food Recipes, Guidelines and Ideas 

Homemade Baby Food Recipes. Diakses pada 28 September 2020. Avocado Baby Food Recipes 

Homemade Baby Food Recipes. Diakses pada 28 September 2020. Banana Baby Food Recipes and Tips 

Indonesian Pedriatic Society (2018). Diakses pada 28 September 2020. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) 

Stonyfield Organic. Diakses pada 28 September 2020. First Fruits for Baby 

    register-docotr