Gizi Anak

Agar Habis dan Lahap, Yuk Coba Tips Bekal Sehat untuk Anak Berikut Ini!

June 30, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Membawakan bekal sehat untuk anak bisa menjadi cara paling ampuh untuk memastikan kebutuhan asupan gizinya. Selain itu, anak juga akan terhindar dari bahaya jajan sembarangan.

Tapi bagaimana ya cara tepat menyiapkan bekal sehat untuk anak agar ia lahap? Simak tips-tipsnya berikut ini!

Tips menyiapkan bekal sehat untuk anak sekolah 

Mengisi bekal nyatanya tidak boleh sembarangan lho, Moms. Supaya gizi anak terpenuhi dengan seimbang, setidaknya bekal harus diisi dengan berbagai nutrisi.

Mulai dari karbohidrat, sayuran, buah-buahan, protein dan produk susu sebagai pelengkap. 

Nah, bila Moms masih bingung cara menentukan isi kotak bekal anak, berikut langkah yang bisa dicoba:

1. Memilih sumber karbohidrat yang tepat

Buatlah bekal yang mengenyangkan perut anak sehingga ia tak perlu lagi membeli jajanan di luar rumah. Moms bisa mengisi kotak bekal anak dengan roti, nasi, pasta atau kentang. 

Supaya menarik, Moms bisa pilih pasta dengan bentuk yang unik. Juga jangan lupa untuk menggunakan roti dengan varian yang berbeda setiap harinya, ya. Gunakan roti tawar, bagel, atau tortilla.  

2. Memilih protein yang bervariasi

Untuk protein, ada banyak pilihan yang bisa Moms gunakan. Misalnya daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, ikan salmon atau tuna. Biasakan untuk memilih sumber protein yang rendah lemak ya, Moms! 

3. Jangan lupa siapkan buah-buahan segar

Pilihlah buah-buahan segar atau buah kalengan tanpa sirup yang cocok dimakan pada siang hari. Sebaiknya hindari jenis buah yang dikeringkan ya Moms, karena dried fruits biasanya mengandung gula yang tinggi.

Gula yang tinggi dalam buah yang dikeringkan, sangat mudah melekat pada gigi anak sehingga dapat merusak gigi. Namun sesekali Moms masih bisa memberinya buah-buahan kering seperti kismis atau sultana. 

Untuk itu, Moms lebih baik membekalinya dengan buah potong seperti apel, melon, atau stroberi. Jangan lupa untuk memberikan perasan lemon supaya buah tetap segar dan tidak menghitam karena mengalami oksidasi. 

4. Selalu sediakan menu sayuran

Sayuran juga merupakan hal yang penting ada di dalam kotak bekal si Kecil. Moms bisa sertakan sayuran seperti tomat ceri, wortel, timun, atau berbagai jenis sayuran lainnya yang memiliki tekstur renyah di mulut.

Supaya anak lebih lahap memakan sayur, Moms juga bisa mengemasnya dalam bentuk sandwich, salad atau tumisan.

5. Berikan bekal minuman seperti air putih dan susu

Air dan susu adalah pilihan minuman terbaik yang bisa Moms bawakan dalam kotak bekal anak. Sesekali menyelipkan yoghurt juga perlu dilakukan lho. Hal ini akan menjaga membantu sistem pencernaan anak.

Hindari memberinya minuman yang tinggi akan gula seperti jus kemasan, minuman olahraga, air mineral rasa, minuman ringan dan minuman bersoda. Minuman tersebut dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi anak. 

6. Cermat memilih menu camilan

Untuk melengkapi bekalnya, Moms bisa menyelipkan camilan sehat seperti stik keju atau biskuit. Hindari memberikan cokelat, biskuit panggang atau keripik yang tinggi akan kalori. Jenis camilan tersebut kurang baik untuk tubuh serta kesehatan anak. 

Baca juga: Anak Picky Eater? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut Ini

Penyebab anak tidak mau menghabiskan bekal makanan

Moms, ketahuilah faktanya terkadang anak tidak mau memakan atau menghabiskan isi kotak bekalnya. Bila masalah ini terjadi pada anak Moms, mungkin ini saatnya melakukan evaluasi pada bekal yang Moms siapkan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan saat evaluasi:

  • Anak merasa bosan. Anak mungkin saja merasa bosan dan tidak mengungkapkannya. Untuk mencegah dan mengatasi kebosanan ini, Moms bisa berikan ia bekal yang berbeda setiap hari. Buatlah variasi menu bekal dan pastikan si kecil menyukainya ya. 
  • Tampilan bekal kurang menarik. Bukan hal yang aneh ketika anak menolak makan karena melihat menu yang disajikan tidak menarik. Baik dari bentuk atau warna. Nah untuk mengatasi ini, nggak ada salahnya lho Moms mencoba menata kotak bekalnya seunik mungkin. 
  • Makan sulit dikonsumsi. Saat Moms membekali si Kecil, pastikan semuanya sudah dalam keadaan siap konsumsi, ya. Bila Moms memberinya buah-buahan seperti kiwi, jeruk atau manggis pastikan semuanya sudah dikupas. 
  • Libatkan saat proses memasak. Melibatkan si Kecil dalam mempersiapkan kotak bekalnya juga bisa menjadi cara untuk evaluasi lho, Moms. Biarkan ia memilih menu yang ingin dibawa di dalam kotak bekalnya. Moms juga bisa mengajaknya mengemas bekal bersama sebelum berangkat sekolah. Biasanya anak cenderung lebih semangat memakannya jika mereka membantu membuatnya.

Nah itu dia serangkaian tips yang bisa dicoba saat menyiapkan bekal sehat untuk anak. Selalu awasi kebutuhan dan asupan anak sejak dini ya Moms, supaya anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr