Diet dan Nutrisi

Tinggi Serat, Ini Manfaat Sehat Gandum Utuh untuk Kesehatan

June 30, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Manfaat gandum utuh (whole grain) untuk sarapan perlu kamu coba, supaya lebih berenergi saat menjalankan atktivitas. Gandum utuh bisa menjadi alternatif sarapan sehat untuk kamu konsumsi.

Gandum utuh baik untuk dikonsumsi karena melalui sedikit pemrosesan. Nah, proses singkat ini pun membuat gizinya lebih lengkap. Biasanya gandum utuh ini warnanya lebih cokelat dan teksturnya lebih kasar.

Beberapa jenis whole grain di antaranya bisa didapatkan dalam oat, beras merah, barley, atau sorgum.

Manfaat gandum utuh untuk kesehatan

Apa saja ya manfaat gandum utuh untuk kesehatan? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Alasan manfaat gandum utuh baik untuk kamu konsumsi salah satunya yakni baik untuk jantung. Gandum utuh kaya akan lignan yang mengandung enterolakton dan dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Produk-produk whole grain ini juga dapat menurunkan tekanan darah yang mengurangi risiko serangan jantung.

2. Menurunkan risiko stroke

Manfaat gandum utuh selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan risiko stroke.

Dilansir Healthline, dalam sebuah penelitian terhadap 6 studi yang dilakukan pada hampir 250 ribu orang, mereka yang mengonsumsi gandum utuh memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena stroke dibanding mereka yang tidak mengonsumsi gandum utuh.

Selain itu, kandungan gandum utuh seperti vitamin K di dalamnya juga dapat membantu mengurangi risiko stroke.

3. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi gandum utuh juga merupakan pilihan tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi gandum utuh, serat dan karbohidrat kompleks di dalamnya dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Oleh sebab itu, gandum utuh baik untuk digunakan sebagai bahan makanan alternatif dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Manfaat gandum selanjutnya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2, hal ini karena gandum utuh mengandung magnesium. Ini merupakan sebuah mineral pendamping bagi lebih dari 300 enzim yang secara langsung memengaruhi kinerja tubuh dalam menggunakan insulin.

Mengonsumsi gandum utuh secara rutin juga dapat membantu mengendalikan gula darah.

5. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat

Serat dalam gandum utuh juga mempunyai manfaat untuk dapat mendukung pencernaan yang sehat. Serat yang terkandung dalam gandum utuh dapat membantu kelancaran keluarnya feses dan menurunkan risiko sembelit.

Serat yang terkandung dalam gandum utuh  juga berfungsi sebagai prebiotik. Hal ini berfungsi untuk membantu memberi nutrisi pada bakteri usus yang baik dan bagus untuk kesehatan pencernaan.

6. Mencegah peradangan kronis

Manfaat whole grain berikutnya adalah mencegah peradangan kronis. Kandungan betaine pada gandum utuh bermanfaat untuk mencegah peradangan kronis seperti pada rematik.

Selain itu, betaine juga memiliki sifat antiradang yang berfungsi mengurangi risiko penyakit seperti osteoporosis.

7. Mengoptimalkan kadar hormon estrogen

Gandum utuh mampu mengoptimalkan kadar hormon estrogen supaya selalu terkontrol, hal ini salah satunya bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Mengonsumsi gandum utuh juga bisa membantu mengurangi sekresi asam empedu dan enzim bakteri di dalam feses, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar.

8. Memberikan ekstra energi untuk tubuh

Dalam gandum utuh terdapat kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap tubuh sebelum diolah menjadi gula dalam darah dan energi.

Hal inilah yang membuat kamu saat mengonsumsi gandum utuh menjadi kenyang lebih lama, selain juga bagus untuk mengurangi risiko obesitas.

Ditambah lagi, kandungan vitamin B dan karbohidrat kompleks di dalam gandum utuh juga bermanfaat untuk menyediakan energi untuk tubuh.

Demikian ulasan tentang manfaat sehat gandum utuh untuk tubuh. Nah, yuk mulai rutin konsumsi gandum!


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– Healthline.com, 9 Health Benefits of Eating Whole Grains, diakses 26 Juni 2020

https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-whole-grains#section11

 

– Health.com,  18 Health Benefits of Whole Grains, diakses 26 Juni 2020

https://www.health.com/food/18-health-benefits-of-whole-grains

 

– Hsph.harvard.edu, Whole Grains, diakses 26 Juni 2020

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/whole-grains/

 

– Pudmed.ncbi.nlm.nih.gov, Association Between Whole Grain Intake and Stroke Risk: Evidence From a Meta-Analysis, diakses 26 Juni 2020

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26629253/

 

– WebMD.com, Tips for Reaping the Benefits of Whole Grains, diakses 26 Juni 2020

https://www.webmd.com/food-recipes/features/reap-the-benefits-of-whole-grains#

    Berita Terkait
    register-docotr