Gizi Anak

Apakah Almond Milk Bisa Jadi Alternatif Susu untuk Bayi? Berikut Penjelasannya

January 21, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Nutrisi terbaik untuk bayi terdapat pada Air Susu Ibu (ASI), namun pada beberapa kasus ketika ibu tidak bisa memberikan ASI, maka diperlukan alternatif lain, seperti susu formula atau almond milk, itu pun kalau dokter memberikan rekomendasi.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan ASI sebagai minuman eksklusif untuk Si Kecil hingga usia 1 tahun, karena pada dasarnya ASI mengandung nutrisi spesifik yang dibutuhkan untuk proses tumbuh dan kembang anak.

Sebenarnya apa itu almond milk?

Almond milk terbuat dari campuran almond yang dihaluskan dengan air, lalu diperas dan pisahkan ampasnya. Kamu juga bisa membuat almond milk dengan menambahkan air pada almond butter.

Almond milk memiliki tekstur creamy, mirip dengan susu pada umumnya. Itu sebabnya minuman ini menjadi pilihan bagi mereka yang melakukan diet vegan dan memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu sapi.

Kamu bisa membuat sendiri almond milk atau mencarinya di pasaran, karena sudah ada beberapa produk komersial almond milk yang bisa kamu temukan dengan mudah.

Amankah memberikan almond milk pada bayi?

Beberapa orang biasanya memberikan almond milk pada anak mereka yang memiliki intoleransi laktosa, atau jika mereka memang menghindari produk susu sapi karena alasan tertentu.

Situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut bayi bisa diberikan almond milk satu atau dua kali sehari di antara periode ASI mereka. Tapi ingat, Si Kecil harus minimal berusia 12 bulan untuk bisa merasakan susu alternatif ini.

Almond milk bisa jadi satu alternatif dari susu sapi, tapi ada beberapa perbedaan antara kedua jenis susu ini yang perlu diperhatikan sebelum digunakan.

Berikut ini adalah kandungan susu sapi yang sudah diperkaya dengan vitamin:

  • 276 mg kalsium
  • 322 mg potassium
  • 2015 mg fosfor
  • 105 mg sodium
  • 395 international unit (IU) vitamin A
  • 124 IU vitamin D

Sementara untuk kandungan almond milk tanpa pemanis memiliki kandungan:

  • 482 mg kalsium
  • 176 mg potassium
  • 24 mg fosfor
  • 189 mg sodium
  • 499 IU vitamin A
  • 101 IU vitamin D

Apa beda almond milk dengan susu sapi?

Nutrisi utama dari susu sapi adalah protein, kalsium, vitamin A dan vitamin D, sementara almond milk memang memiliki nutrisi yang sama, tapi kadar protein dan kalsiumnya masih di bawah susu sapi dan ASI.

Rata-rata bayi memiliki sumber nutrisi beragam dalam makanan, tapi biasanya sumber kalsiumnya sangat sedikit. Itu sebabnya, kamu membutuhkan susu untuk mendukung kebutuhan akan kalsium.

Menurut situs kesehatan Healthline, produk almond milk yang dijual di pasaran sudah diperkaya dengan kalsium untuk membuatnya setara dengan kandungan kalsium susu sapi. 

Jadi, jika Si Kecil memiliki alergi terhadap produk susu sapi, almond milk yang sudah diperkaya dengan kalsium bisa jadi pengganti yang efektif. Almond milk juga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah ketimbang sapi, lho!

Bagaimana perbandingan almond milk dengan ASI?

ASI mengandung ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil untuk 6 bulan pertama serta merupakan nutrisi utama hingga berusia 1 tahun. Itu sebabnya, baik susu sapi ataupun almond milk bukanlah pengganti ASI yang baik.

Sampai di usia 6 bulan, Si Kecil haruslah minum ASI atau formula. Setelah itu, makanan padat bisa diberikan secara bertahap untuk menggantikan ASI dan formula. Tapi hingga ulang tahunnya yang pertama, Si Kecil tidak boleh minum jenis susu lain, ya!

Risiko dan beberapa hal lain yang mesti kamu perhatikan

Almond milk yang diperkaya dengan vitamin dan mineral bisa jadi satu suplemen yang aman dalam diet harian Si Kecil. Meskipun demikian, hati-hati dengan pengental dan pemanis, jangan sampai kedua jenis zat ini ditambahkan pada almond milk Si Kecil.

Almond milk memang memiliki kandungan lemak dan protein yang rendah. Untuk itu, jika Si Kecil mengonsumsi minuman ini, kamu harus mencari sumber lemak dan protein lain dalam makanan untuk memenuhi kebutuhannya.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang almond milk bagi bayi. Si Kecil boleh mengonsumsinya, tapi dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 21 Januari 2021. Almond Milk for Babies: Can They Drink It?
  2. MedicalNewsToday, diakses 21 Januari 2021. 7 benefits of almond milk
  3. MedicalNewsToday, diakses 21 Januari 2021. Almond milk for babies: Is it safe?
  4. American Academy of Pediatrics, diakses 21 Januari 2021. Nutrition Tools
    register-docotr