Gizi Anak

Anak Susah Makan? Ini Tips dan Trik Ampuh Agar Si Kecil Cepat Gemuk

June 30, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mengatur pola makan anak rasanya susah-susah gampang ya, Moms. Terlebih jika anak susah makan dan pilih-pilih makanan. Adakah tips agar anak cepat gemuk?

Kuncinya adalah perhatikan pemilihan menu makanan dan frekuensi makannya. Pilih yang bernutrisi tinggi supaya kebutuhan anak tetap tercukupi.

Tips dan trik agar anak cepat gemuk

Salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak adalah melalui makanan. Beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatur pola makan agar anak cepat gemuk yakni:

Memberikan makanan yang berkalori tinggi

Moms bisa memberikan makanan yang memiliki kalori tinggi untuk mempercepat berat badan anak menjadi naik. Makanan kalori tinggi yang sehat untuk menambahkan berat badan anak antara lain seperti telur, pisang, alpukat, ayam, salmon, dan masih banyak lagi.

Membiasakan anak untuk makan teratur

Moms diharuskan untuk memberikan jadwal makan kepada sang buah hati agar jam makannya menjadi teratur. Seperti halnya sarapan, makan siang, dan makan malam.

Jadwal makan yang teratur dapat menaikkan berat badan anak secara sehat serta membuat anak mendapat asupan kalori yang cukup untuk beraktivitas.

Memberikan cukup asupan lemak

Moms bisa memberikan lemak tambahan ini pada makanan sehat pada sang buah hati. Misalnya menambahkan keju leleh, saus krim, minyak zaitun, mentega, mayones pada pasta maupun sayur-sayuran. Moms juga bisa ganti campuran air pada oatmeal atau sereal dengan susu segar.

Penuhi kebutuhan asupan karbohidrat

Mungkin banyak anak yang tidak suka mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk nasi. Moms bisa mengakalinya dengan memberikan camilan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti kismis, buah-buahan kering, granola, dan madu.

Perbanyak porsi makan

Moms bisa menggunakan wadah makanan atau minuman seperti piring, mangkuk, dan gelas yang lebih besar untuk menyiasati tambahan porsi.

Selain itu, Moms juga bisa tambahkan porsi pada makanan dan minuman yang anak sukai agar anak bisa makan lebih lahap sehingga porsi makan pun akan bertambah.

Membuat tampilan makanan jadi lebih menarik

Anak-anak cenderung cepat bosan dengan makanan yang tampilannya itu-itu saja. Makanya, Moms bisa berkreasi memasak sendiri untuk anak guna memastikan makanan yang bervariasi dilengkapi dengan gizi yang lengkap pula.

Selain itu, Moms juga bisa membuat makanan semenarik mungkin agar sang buah hati tertarik untuk  mangonsumsinya.

Jenis-jenis makanan untuk menambah berat badan anak

Selain tips di atas, berikut ada beberapa makanan yang dapat membantu agar anak cepat gemuk, antara lain:

Susu dan krim

Susu merupakan sumber protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang baik untuk anak. Moms bisa berikan 2 gelas susu per hari, misalnya bisa dijadikan milkshake, sereal, atau smoothies. 

Mentega atau butter

Makanan yang satu ini bisa menjadi makanan yang kaya lemak untuk anak. Tetapi harus Moms ingat jangan terlalu berlebihan untuk memberikannya ya karena jika berlebihan juga tidak baik untuk pertumbuhan sang anak.

Selai kacang

Makanan ini memiliki lemak tak jenuh dan protein yang bisa membantu menaikkan berat badan anak. Moms bisa membuatkan roti dengan selai kacang untuk dijadikan bekal sang anak.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak dan kalori yang baik untuk pertumbuhan anak. Buah ini juga menjadi sumber lemak yang lebih sehat dibandingkan dengan makanan lainnya.

Pisang

Selain kaya akan manfaat ternyata buah pisang bisa menjadi salah satu energi yang baik untuk tubuh, lho. Moms bisa membuat olahan makanan dengan menambahkan pisang ke dalam makanan kesukaan anak seperti milkshake, puding, atau mencampurnya dengan cokelat.

Daging merah

Daging merah menjadi sumber zat besi dan lemak, yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan. Usahakan Moms memilih daging sapi yang masih segar.

Buah dan sayur

Buah-buahan seperti mangga, pepaya, nanas, dan sebagainya menjadi sumber gula alami yang baik untuk tubuh. Hal ini akan membantu memberikan energi dan menaikkan berat badan.

Demikian beberapa tips dan trik yang bisa Moms coba lakukan agar anak cepat gemuk. Jika ada masalah terkait berat badan dan pola makannya, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr