Info Sehat

Tidak Pakai Mahal, 10 Bahan Rumahan Ini Bisa Memutihkan Gigi Secara Alami

April 17, 2020 | Santi Andriani | dr. Iqbal Adi Anugra
no-image

Ditulis oleh: Lita

Punya gigi yang putih dan bersih merupakan impian banyak orang. Untuk bisa memutihkan gigi, kamu ternyata tidak perlu membayar biaya perawatan yang sangat mahal loh. Karena ada 10 bahan yang bisa memutihkan gigi secara alami.

Gigi putih sangat berpengaruh terhadap kebersihan wajah dan kepercayaan diri saat tersenyum. Seringkali orang rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan penampilan gigi yang sempurna.

Padahal ada beberapa bahan rumahan yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Tentunya kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya teramat mahal.

Baca Juga: Sering Muncul, Sayangnya 9 Gejala Kanker Serviks Ini Tidak Disadari

Cara memutihkan gigi secara alami dengan bahan rumahan

Tanpa bahan kimia pun ada banyak ada banyak cara memutihkan gigi secara alami yang terbukti ampuh bisa kamu coba.

 1. Rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut

Menjaga kebersihan gigi bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Foto: https://bitcoinist.com/

Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut paling mudah yang bisa dicoba yaitu menyikat gigi dua hari sekali.

Hal ini penting untuk mencegah menempelnya noda dan membersihkan plak gigi. Kalau perlu bahkan bisa juga pakai benang gigi dan obat kumur secara teratur.

2. Menggunakan baking soda

Cara memutihkan gigi secara alami dengan baking soda. Foto: https://www.cnnindonesia.com/

Baking soda merupakan bahan rumahan yang sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya juga cukup mudah. 

Kamu bisa membuat pasta dari baking soda dan menggunakannya untuk menyikat gigi. Bahan yang kamu perlukan untuk membuat pasta ini yaitu satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air.

3. Menggunakan cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang bisa memutihkan gigi secara alami. Foto: https://www.healthline.com/

Cuka apel juga merupakan bahan rumahan yang sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Hal ini karena cuka apel mengandung asam asetat yang bisa membunuh bakteri di mulut, membersihkan mulut, dan memutihkan gigi.

4. Memanfaatkan asam malat yang berasal dari buah-buahan

Asam malat adalah zat alami yang banyak digunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Zat ini bisa kamu temukan dengan mudah dalam buah-buahan. 

Contoh buah-buahan yang mengandung asam malat misalnya stroberi dan apel. Dua buah ini bisa kamu campur dengan baking soda untuk membuat pasta. Tapi kamu juga harus hari-hati agar jangan terlalu sering pakai pasta ini.

5. Menjaga asupan makanan

Buah Penambah Darah
Makanan dengan kandungan serat tinggi membantu meningkatkan air liur. Foto:https://www.shutterstock.com/

Jaga asupan makanan kamu dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti sayur dan buah. 

Makanan yang kandungan seratnya tinggi dapat meningkatkan produksi air liur sehingga bisa membantu menghilangkan zat-zat yang mengganggu kesehatan gigi.

6. Mengurangi konsumsi teh, kopi, dan soda

Mengurangi asupan kopi untuk membantu memutihkan gigi secara alami. Foto: https://www.shutterstock.com/

Teh, kopi, dan soda termasuk ke dalam jenis minuman yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Intinya, minuman dan makanan yang bisa menodai baju putih juga bisa menodai gigi.

Seiring dengan bertambahnya usia, lapisan terluar gigi atau enamel akan menipis. Hal ini berakibat lapisan berikutnya yang disebut dentin akan mulai terlihat jadi gigi akan tampak lebih kuning.

7. Berhenti merokok

Stop merokok untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Foto:https://www.everydayhealth.com/

Merokok juga bisa membuat gigi terlihat lebih kuning loh. Tembakau yang ada pada rokok meninggalkan noda pada gigi yang sulit untuk dibersihkan. Bahkan, noda ini bisa menembus lapisan enamel gigi. 

Semakin sering orang merokok, noda yang ditinggalkan akan semakin banyak dan menembus lebih dalam ke lapisan gigi.

8. Menggunakan siwak

Siwak kini kembali populer untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Foto:https://www.bbc.com/

Siwak adalah bagian dahan atau akar yang berasal dari pohon siwak atau Salvadora persica. Bahan ini pada jaman dulu sering digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. 

Sebenarnya, pada masa lalu dahan atau akar pohon yang lunak atau lembut bisa dipakai untuk menyikat gigi. Kini, siwak kembali populer untuk digunakan sebagai bahan alami yang bisa membersihkan dan memutihkan gigi. 

9. Menggunakan garam

Garam mengandung bahan antibakteri yangbisa membunuh kuman di gigi. Foto:https://www.theladders.com/

Garam yang sering kita pakai di dapur ternyata bisa juga loh digunakan sebagai bahan alami yang bisa memutihkan gigi. Caranya, kamu bisa campurkan sejumlah garam dengan air putih bersih secukupnya. 

Garam mengandung bahan antibakteri yang bisa membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Anak Keracunan Makanan! Ini yang Perlu Moms Lakukan

10. Menggunakan arang kayu

Arang kayu atau lebih populer dengan istilah charcoal merupakan bahan alami yang bisa juga digunakan untuk memutihkan gigi. Arang kayu mengandung alkali yang bisa mengikis bagian luar gigi dan membersihkannya dari noda kuning yang menempel. 

Sayangnya, penggunaan arang kayu tidak boleh terlalu sering karena dikhawatirkan bisa merusak lapisan enamel gigi.

Cara memutihkan gigi secara alami ini bisa dicoba, kalau masih belum merasa puas dengan hasilnya, kamu bisa coba konsultasi ke dokter gigi.

Langsung tanyakan informasi terkait kondisi kesehatan kamu sekarang di Good Doctor, dokter terpercaya kami akan menjawab semua pertanyaan kamu 24/7. 

Reference

WebMD (2018) diakses pada 20 September 2019. Slideshow: 10 Secrets to Whiter Teeth

NCBI (2012) diakses pada 20 September 2019. fficacy of Extrinsic Stain Removal by Novel Dentifrice Containing Papain and Bromelain Extracts.

 

    Berita Terkait
    register-docotr