Kesehatan Wanita

Perut Terasa Kembung saat Haid? Yuk Atasi dengan Cara Ini!

August 13, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Perut kembung merupakan salah satu gejala yang sering dirasakan saat haid atau menstruasi. Kondisi ini dapat dirasakan sebelum atau di awal periode menstruasi. Tak perlu khawatir, karena kamu dapat mengatasi perut kembung saat haid dengan cara mudah berikut!

Apa penyebab perut kembung saat haid?

Perut kembung yang dirasakan saat haid dapat terjadi akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron.

Sekitar seminggu sebelum periode menstruasi dimulai, kadar hormon progesteron turun. Hal ini menyebabkan rahim melepaskan lapisannya yang menyebabkan perdarahan menstruasi.

Selain menyebabkan terjadinya perdarahan menstruasi, perubahan pada kadar hormon progesteron serta estrogen juga menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Sel-sel tubuh menjadi bengkak karena air, sehingga menimbulkan rasa kembung.

Selain perubahan kadar hormon, perut kembung saat haid juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya seperti yang dilansir dari Healthline.

  • Genetik
  • Jenis dan jumlah vitamin yang kamu konsumsi
  • Konsumsi makanan, terutama yang tinggi akan kandungan garam
  • Jumlah minuman atau makanan yang kamu konsumsi dengan kafein maupun alkohol

Beberapa faktor tersebut merupakan penyebab terjadinya perut kembung yang sering kamu rasakan saat haid.

Baca juga: Sering Buang Gas Tiba-tiba? Ini Cara Mengatasi Perut Kembung

Bagaimana cara menatasi perut kembung saat haid?

Jika kamu sering mengalami perut kembung saat haid kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengatasi perut kembung saat haid yang mudah dilakukan.

1. Hindari konsumsi makanan asin

Sodium yang terkandung dalam garam dapat meningkatkan jumlah air yang disimpan di dalam tubuh. Menghindari makanan asin dapat membantu mengurangi retensi air dan mengurangi gejala perut kembung.

American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan garam hingga 1.500 mg per hari.

Banyak makanan olahan yang mengandung garam. Memasak makanan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan segar dapat membantumu untuk menghindari konsumsi garam berlebihan.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium atau potasium juga dapat membantu mengatasi gejala perut kembung.

Kalium dapat menurunkan kadar natrium dan meningkatkan produksi urine. Dalam hal ini, kalium dapat membantu mengurangi retensi air.

Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi di antaranya adalah:

  • Sayuran berdaun gelap
  • Ubi jalar
  • Pisang
  • Alpukat
  • Tomat

3. Hindari konsumsi alkohol dan kafein

Para ahli percaya bahwa alkohol dan kafein dapat menyebabkan kembung dan gejala sindrom pramenstruasi lainnya (PMS). Sebagai gantinya, sebaiknya konsumsilah air mineral.

Jika kamu sudah terbiasa mengonsumsi kopi pada pagi hari, cobalah untuk menggantinya dengan minuman yang mengandung lebih sedikit kafein, seperti teh, atau kamu juga dapat menggantinya dengan kopi yang tidak mengandung kafein.

4. Perbanyak konsumsi air mineral

Air mineral terkenal memiliki banyak sekali manfaat. Selalu pastikanlah kamu meminum banyak air saat menjelang periode menstruasi. Cobalah untuk selalu memenuhi asupan cairanmu.

Jumlah rekomendasi konsumsi air mineral pada setiap orang bervariasi tergantung pada lingkungan, kesehatan pribadi, serta berbagai macam faktor lain. Meskipun demikian, aturan konsumsi air mineral yang paling umum adalah dengan meminum minimal 8 gelas air sehari.

5. Olahraga secara teratur

Saat haid, rasa sakit atau gejala lainnya yang tidak nyaman dapat membuat kita malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas, termasuk olahraga. Tetapi, ternyata olahraga dapat mengurangi gejala kembung yang terjadi saat haid lho!

Olahraga teratur merupakan kunci untuk mengatasi gejala PMS. Kamu dapat memilih salah satu program olahraga dari rekomendasi berikut ini:

  • Beberapa jam aktivitas fisik sedang dalam seminggu
  • Satu jam atau lebih aktivitas berat dalam seminggu
  • Kombinasi dari aktvitas fisik tersebut

Tak hanya itu saja, agar kebugaran tubuhmu lebih optimal, kamu juga dapat menambahkan beberapa latihan untuk mmbangun otot beberapa kali seminggu.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi perut kembung saat haid yang perlu kamu tahu. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai masalah ini, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Heart Association (2018). Diakses pada 10 Agustus 2020. How Much Sodium Should I Eat Per Day? 

Healthline (2017). Diakses pada 10 Agustus 2020. 5 Tips for Managing Period Bloating 

Medical News Today (2017). Diakses pada 10 Agustus 2020. Seven Tips for Relieving Period Bloating

 

    register-docotr