Kesehatan Wanita

Pentingnya Olahraga saat Haid dan Tips untuk Melakukannya

June 4, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sebagian wanita memutuskan untuk rehat sejenak dari kebiasaan olahraga ketika sedang haid dengan alasan ketidaknyamanan. Faktanya, tetap aktif berolahraga saat menstruasi ternyata punya banyak manfaat, lho.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari aktif berolahraga ketika sedang haid? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat berolahraga saat haid

Saat sedang haid, tak sedikit wanita yang merasakan gejala sakit perut, kembung, mudah lelah, hingga sakit kepala. Itu akan mengganggu rutinitas harian dan membuatmu menjadi tidak produktif. Nah, olahraga dipercaya dapat meringankan semua hal tersebut.

Berikut beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya berolahraga ketika sedang haid:

Mengurangi nyeri haid

Olahraga sebelum dan ketika sedang haid ternyata bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi, lho. Aktivitas fisik tidak harus yang berat, jalan kaki beberapa menit dalam sehari sudah cukup.

Sebuah studi yang terbit di Journal of Education and Health Promotion menemukan fakta bahwa orang yang berolahraga tiga kali dalam seminggu selama 8 pekan dengan durasi 30 menit di setiap sesinya jarang atau lebih sedikit mengalami nyeri ketika haid.

Memperbaiki suasana hati

Saat sedang haid, hormon di dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan. Efeknya, kamu mungkin akan mudah untuk marah, stres, tersinggung, sedih, dan depresi.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, kamu bisa mencegah dan mengatasi hal tersebut dengan olahraga. Sebab, olahraga dapat membantu memperbaiki suasana hati, termasuk ketika sedang menstruasi.

Bukan cuma itu, saat olahraga, tubuh akan lebih banyak melepaskan endorfin, hormon pemicu kesenangan dan penghilang rasa sakit yang alami. Endorfin dapat membantumu merasa lebih tenang, baik dalam hal fisik maupun emosi.

Meningkatkan energi

Pernahkah kamu merasa sangat lemah dan mudah lelah hingga enggan untuk beraktivitas saat sedang haid? Tidak perlu khawatir, hal itu adalah normal. Pemicunya adalah perubahan hormon.

Kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga. Dikutip dari Office on Women’s Health, aktivitas fisik, termasuk olahraga, dapat meningkatkan level energi, termasuk ketika memasuki periode haid.

Tips berolahraga saat menstruasi

Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu perlu memerhatikan beberapa hal ketika berolahraga saat sedang haid. Berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan:

Pilih olahraga yang sesuai

Tidak ada aturan khusus tentang olahraga apa yang cocok dilakukan saat haid. Lakukan olahraga yang sudah biasa kamu kerjakan, apakah itu yoga, hiking, angkat besi, dan lain sebagainya. Tak peduli jenisnya, setiap aktivitas fisik dapat memberi manfaat untuk tubuh.

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba:

  • Jalan kaki atau kardio ringan: Selain bermanfaat untuk mendukung fungsi organ kardiovaskular, olahraga ini dapat membantu melancarkan siklus haid
  • Yoga dan pilates: Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk berolahraga seperti yoga atau pilates, karena dapat membantu mencegah dan mengurangi kram, nyeri payudara, serta nyeri otot ketika haid

Gunakan alat pendukung yang tepat

Kamu tidak akan menggunakan pembalut saat berenang, bukan? Inilah pentingnya memilih atau menggunakan alat pendukung menstruasi ketika berolahraga. Alih-alih menggunakan pembalut, kamu dapat memilih tampon atau menstrual cup saat akan berenang atau olahraga lain.

Jangan paksakan diri

Setiap siklus haid bisa berbeda situasinya. Kamu mungkin tidak mengalami kram atau sakit perut saat menstruasi bulan ini. Tapi kondisinya dapat berbeda dengan siklus berikutnya. Artinya, berolahragalah sesuai dengan keadaan tubuh dan tidak memaksakan diri.

Terapkan juga pola olahraga dan istirahat yang seimbang. Olahraga bukan tentang seberapa beratnya, tapi tentang efektivitasnya.

Apa pun yang membuatmu bergerak akan menyebabkan darah mengalir. Efek positifnya, endorfin akan banyak dilepaskan.

Baca juga: Bolehkah Berhubungan Seks saat Haid? Simak Manfaat dan Risikonya!

Tetap perhatikan cairan tubuh

Tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting saat sedang menstruasi. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya kembung dan sembelit ketika haid. Minumlah air setidaknya setiap 15 menit ketika sedang berolahraga.

Nah, itulah ulasan tentang pentingnya olahraga ketika sedang haid dan beberapa tips untuk melakukannya. Agar tubuh tetap bugar, imbangi juga dengan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Medical News Today, diakses 4 Juni 2021, Should you exercise during your period?
  2. Healthline, diakses 4 Juni 2021, Can You Exercise on Your Period?
  3. Healthline, diakses 4 Juni 2021, How to Exercise on Your Period (Even When You Really Don’t Want To).
  4. Office on Women’s Health, diakses 4 Juni 2021, Physical activity and your menstrual cycle.
  5. American College of Obstetricians and Genocologists, diakses 4 Juni 2021, Premenstual Syndrome (PMS).
  6. Journal of Education and Health Promotion, diakses 4 Juni 2021, The Effect of aerobic exercise on primary dysmenorrhea: A clinical trial study.

    register-docotr