Kesehatan Wanita

Daftar Obat Pelancar Haid untuk Mengatasi Siklus Mens Tak Teratur

February 5, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menstruasi adalah proses yang dilakukan organ reproduksi perempuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Meski umum terjadi sebulan sekali. Namun ada sebagian orang yang perlu obat pelancar haid agar siklus menstruasi mereka jadi teratur.

Ragam obat pelancar haid sendiri ada begitu banyak beredar di pasaran. Jika kamu merasa memerlukannya, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal di bawah ini terlebih dulu.

Obat pelancar haid alami

Sebelum mencoba obat-obatan kimiawi, tak ada salahnya mendahulukan buah dan rempah-rempah alami ini untuk memperlancar siklus haidmu.

Nanas sebagai obat pelancar haid

Dilansir Medical News Today, buah nanas mengandung enzim bromelain yang dipercaya dapat memengaruhi produksi hormon estrogen. Para ahli juga sepakat bahwa enzim tersebut.

Jahe juga menjadi salah satu rempah-rempah yang dianggap ampuh memperlancar siklus haid. Dilansir Healthline, jahe bisa merangsang rahim kontraksi yang pada akhirnya menyebabkan menstruasi.

Mengingat rasanya pedas jika dimakan mentah, maka kamu bisa mengonsumsinya dengan diolah menjadi teh.

Caranya didihkan air sampai matang, masukkan jahe yang telah diiris selama 5 sampai 7 menit, lalu celupkan teh sampai tercampur merata.

Kunyit untuk obat pelancar haid

Rempah lain yang konon berkhasiat sebagai obat pelancar haid adalah kunyit.

Kandungan di dalamnya dipercaya bisa memengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron. Konsumsi kunyit secara rutin, diketahui bisa turut berdampak pada kelancaran siklus mentruasi.

Obat pelancar haid kimiawi

Apabila setelah mengonsumsi buah serta rempah tradisional di atas, siklus menstruasi kamu belum juga teratur. Mungkin sudah saat mencoba beberapa obat di bawah ini.

Klomifen

Telah lama obat yang satu ini dipercaya untuk membantu memperlancar siklus menstruasi perempuan.

Dilansir Pacific Fertility Center, klomifen umum digunakan untuk menangani gangguan haid. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kadar hormon progesterone di paruh kedua siklus menstruasi.

Tujuannya adalah agar periode haid menjadi lebih panjang dari yang diperkirakan. Hal ini penting untuk memperluas kesempatan terjadinya proses pembuahan secara alami maupun buatan.

Injeksi hormon untuk obat pelancar haid

Selain melalui pemberian obat, upaya memperlancar siklus haid juga bisa dilakukan dengan suntikan hormon.

Tujuannya kurang lebih adalah untuk mendorong tubuh melakukan proses pelepasan sel-sel telur untuk dibuahi. Beberapa jenis injeksi yang umum digunakan di antaranya adalah:

Human Menopausal Gonadotropin

Human Menopausal Gonadotropin (hMG) adalah hormon buatan yang terdiri dari follicle stimulating hormone (FSH) dan leutinizing hormone (LH).

Ia digunakan untuk mendorong terjadinya pelepasan sel-sel telur bagi perempuan yang tidak bisa melakukan proses pembuahan secara alami. Selain itu ia juga bisa meningkatkan jumlah sel telur pada perempuan yang hanya menghasilkan sedikit sel-sel telur.

Hormon ini dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui prosedur pembuahan buatan maupun proses bayi tabung.

Follicle Stimulating Hormone

Hormon ini digunakan untuk merangsang perkembangan sel-sel telur selama kamu berada dalam fase siap untuk dibuahi.

Hormon yang umum dikenal dengan istilah FSH ini juga bisa dipakai secara tunggal maupun dikombinasikan dengan hMG. Tujuannya adalah agar menghasilkan sel-sel telur dalam jumlah yang sangat banyak.

Human Chorionic Gonadotropin (hcG)

Ini merupakan hormon alami yang dapat membantu proses pematangan sel-sel telur di fase akhir. Cara kerjanya adalah dengan mendorong indung telur melepaskan sel telur yang matang untuk dibuahi.

Hormon hCG juga mampu merangsang jaringan kuning di dalam rahim untuk menghasilkan progesteron. Tujuannya adalah agar rahim bersiap untuk ditanami sel-sel telur yang telah berhasil dibuahi.

Proses pembuahan umumnya terjadi sekitar 36 jam setelah pemberian hormon hCG.

Efek samping obat pelancar haid

Perlu diingat bahwa meski obat pelancar haid alami seperti nanas, jahe dan kunyit diklaim bisa melancarkan siklus haid, namun hal ini masih memerlukan penelitian yang lebih mendalam lagi.

Namun sebagai langkah awal, tidak ada salahnya mengonsumsi ketiga obat alami tersebut karena khasiatnya bagi tubuh sudah terbukti secara ilmiah.

Begitu juga dengan pemberian obat pelancar haid yang bersifat kimiawi. Meski relatif aman, namun pemakaian obat-obatan di atas tetap bisa menimbulkan efek samping.

Beberapa yang umum terjadi di antaranya adalah penglihatan menjadi buram, perubahan suasana hati, mual, payudara menjadi keras, sakit kepala, dan vagina menjadi kering.

Sebelum minum obat, ketahui faktor pengganggu siklus menstruasi

Obat terlambat datang bulan mungkin dapat membantu melancarkan siklus menstruasi kamu. Tapi jika seringkali terjadi, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Karena ada berbagai macam kondisi yang menyebabkan kamu terlambat datang bulan. 

Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan wanita mengalami telat menstruasi. 

Tingkat stres yang tinggi

Saat mengalami stres yang memuncak, otak akan memberikan sinyal pada sistem tubuh untuk mengaktifkan hormon tertentu. Aktifnya hormon-hormon tersebut akan memengaruhi fungsi tubuh, termasuk fungsi sistem reproduksi. 

Pads wanita, ini akan membuat tubuh berhenti berovulasi sementara. Nah dalam kondisi tersebut, akhirnya seorang wanita mengalami terlambat datang bulan. 

Kondisi berat badan

Mungkin terdengar aneh dan tidak berkaitan, tapi ternyata pertambahan berat badan atau penurunan berat badan secara drastis dapat mengganggu jadwal menstruasi kamu. 

Alasannya, pertambahan atau berkurangnya berat badan secara drastis akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon itu yang kemudian menyebabkan terlambat datang bulan. 

Pada beberapa orang bahkan menstruasi tidak terjadi sama sekali. Selain itu kondisi kalori tubuh yang berubah drastis akan memengaruhi komunikasi otak dengan sistem endokrin.

Komunikasi yang terganggu itu membuat produksi hormon reproduksi rusak dan dapat berakibat pada terganggunya siklus haid. 

Kegiatan fisik berlebihan

Berolahraga memang kegiatan yang positif, karena dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tapi melakukannya secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. 

Sama seperti perubahan berat badan, olahraga berlebih juga dapat mengganggu keseimbangan hormon. Karena latihan fisik yang berat akan membakar kalori tubuh lebih banyak dari biasanya. 

Kehilangan kalori juga akan membuat hormon tidak seimbang dan memengaruhi jadwal haid kamu. Jika memungkinkan, cobalah kurangi latihan dan meningkatkan asupan kalori tubuh alih-alih meminum obat terlambat datang bulan. 

Mengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon reproduksi. Orang dengan PCOS akan berovulasi dengan tidak teratur. Ini menyebabkan perubahan pola menstruasi. 

Bisa menyebabkan jadwal menstruasi yang terlambat, tidak konsisten atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. 

Beberapa gejala wanita yang mengalami PCOS antara lain:

  • Jerawat di wajah dan tubuh
  • Pertumbuhan rambut wajah atau tubuh yang berlebih
  • Penipisan rambut
  • Bertambahnya berat badan dan sulit menurunkannya kembali
  • Bercak hitam pada kulit, seringkali muncul di lipatan leher, selangkangan dan di bawah payudara
  • Kutil di leher
  • Satu gejala lagi yang paling umum adalah kesulitan untuk hamil

Efek pil kontrasepsi

Banyak yang memilih kontrasepsi berbentuk pil. Sementara pil adalah kontrasepsi hormonal yang dapat memengaruhi siklus menstruasi. Kalaupun kamu berhenti menggunakan pil kontrasepsi, diperlukan waktu untuk mengembalikan siklus seperti semula. 

Selama proses mengembalikan siklus haid, kamu mungkin tidak akan menstruasi selama beberapa bulan. Selain pil, kontrasepsi seperti suntikan, implan ataupun intrauterine device (IUD) juga akan mengalami perubahan siklus menstruasi. 

Mengalami menopause dini

Menopause umumnya terjadi saat ovarium berhenti bekerja. Jika terjadi sebelum berusia 40 tahun, bisa disebut dengan menopause dini. 

Terlambatnya menstruasi adalah salah satu gejala awalnya. Selain itu merasa kepanasan, keringat di malam hari dan sulit tidur juga menjadi gejala lainnya. 

Tanda lain yang mungkin kamu alami lainnya seperti vagina kering, sulit hamil, gairah seksual menurun dan sulit berkonsentrasi. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter jika mengalami gejala tersebut untuk memastikan diagnosis dokter. 

Menjelang menopause

Kondisi ini disebut juga dengan perimenopause, yaitu masa transisi menjelang menopause. Biasanya dimulai di usia pertengahan hingga akhir 40-an. 

Tanda menjelang menopause bukan hanya terlambat haid, tapi juga bisa berupa gangguan siklus haid lainnya. Misalnya tidak menstruasi selama satu siklus tapi kembali normal di tiga siklus berikutnya.

Kemudian bisa berhenti menstruasi selama tiga bulan berturut-turut dan kembali menstruasi di waktu yang tidak terduga.

Masalah pada tiroid

Walaupun rasanya hal yang umum, tapi terlambat datang bulan juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan loh. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah masalah pada tiroid. 

Tiroid adalah kelenjar di leher yang menghasilkan hormon untuk mengatur aktivitas di tubuh. Salah satunya mengatur siklus menstruasi.

Dua masalah tiroid yang umum terjadi adalah hipotiroidisme (kurangnya produksi hormon tiroid) dan hipertiroidisme (kelebihan produksi hormon tiroid). 

Keduanya dapat memengaruhi siklus menstruasi dan gejala lainnya yang mungkin kamu alami antara lain:

  • Palpitasi jantung
  • Nafsu makan berubah
  • Perubahan berat badan tanpa alasan yang jelas
  • Gugup atau cemas
  • Tangan bergetar
  • Kelelahan
  • Perubahan kondisi rambut
  • Sulit tidur

Mengalami kondisi kronis 

Meski umumnya dapat diatasi dengan obat terlambat datang bulan, namun terganggunya siklus haid juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit kronis. Dua di antaranya adalah penyakit celiac dan diabetes. 

Penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem pencernaan. Sistem kekebalan tubuh akan bereaksi jika pengidapnya mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Biasanya penyakit ini akan menyerang usus kecil. 

Kemudian memengaruhi proses penyerapan nutrisi. Membuat tubuh kekurangan gizi, yang memengaruhi produksi hormon. Pada akhirnya membuat siklus haid terganggu.

Sementara itu, pada penderita diabetes, siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau terlambat jika kadar gula darah tidak dikelola dengan baik. 

Kehamilan

Terlambat menstruasi lebih dari satu minggu? Sebelum mencoba minum obat pelancar haid, cobalah untuk melakukan tes kehamilan. Mungkin kamu positif hamil. 

Beberapa tanda kehamilan selain terlambat haid antara lain

  • Payudara nyeri dan bengkak
  • Mual atau muntah
  • Merasa lelah

Jika tes kehamilan yang kamu beli sendiri menunjukkan hasil negatif, tapi haid tidak juga datang, coba periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikannya. 

Nah, itu tadi penjelasan tentang faktor-faktor yang menyebabkan siklus haid mundur alias terlambat dan obat yang bisa melancarkan datang bulan.

Jika mengalaminya satu dua kali dan kembali lancar setelah minum obat terlambat datang bulan, bisa jadi bukan hal yang harus diwaspadai. Tapi jika terjadi berulang disertai dengan gejala-gejala lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu untuk bertanya kepada dokter profesional di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr