Kesehatan Wanita

Pilihan Posisi Tidur Nyaman untuk Bantu Redakan Nyeri Haid

December 23, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tidak sedikit perempuan mengalami nyeri hebat saat PMS dan selama periode haid berjalan. Kadang sakitnya sampai sulit ditahan dan membuat sulit beraktivitas.

Aktivitas tidur pun terganggu karena rasa nyeri membuat susah tidur. Kamu termasuk salah satu di antaranya?

Jika iya, mari simak beberapa tips posisi tidur terbaik untuk mengurangi nyeri haid berikut ini!

Posisi tidur terbaik untuk mengurangi nyeri haid

Baik sedang menstruasi atau tidak, posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Ini menjadi lebih buruk bila dikombinasikan dengan nyeri haid. Lalu posisi tidur apa sih yang cocok untuk mengurangi nyeri haid? Berikut penjelasannya!

1. Fetal position

Jika kamu biasanya tidur terlentang atau tengkurap, cobalah posisi tidur janin atau fetal position. Sesuai namanya, ini adalah posisi tidur seperti saat kita berada di dalam rahim.

Ini adalah salah satu posisi terbaik untuk meredakan sakit perut selama menstruasi dan orang yang biasa tidur menyamping akan dengan mudah beradaptasi.

Posisi ini menghilangkan tekanan pada otot perut dan merupakan posisi tidur terbaik untuk meredakan ketegangan yang dapat memperparah kram.

Sisi positif lainnya dari tidur dalam postur meringkuk ini adalah kemungkinan bocor dapat diminimalkan karena kedua kaki kamu dirapatkan dan kamu beristirahat di satu sisi.

Sisi negatifnya adalah punggung bawah melengkung dalam posisi yang tidak wajar jika kamu meringkuk terlalu erat. Jika kamu tidak banyak mengubah postur tidur pada malam hari, meringkuk sepanjang malam dapat menyebabkan sakit punggung dan nyeri bahu.

Baca Juga : Nyeri Haid Berlebihan, Apa Penyebab dan Bahayanya?

2. Terlentang

Jika kurang nyaman dengan posisi meringkuk, kamu bisa tidur dengan posisi terlentang. Berbaring telentang memiliki banyak manfaat. Posisi ini memberikan kelegaan pada tulang belakang karena ini adalah posisi yang sangat alami.

Selain itu, tangan, kaki, dan bahu tidak terjepit di bawah tubuh, sehingga otot-otot ini juga cukup rileks. Bahaya kecil yang ditimbulkan oleh posisi ini adalah kebocoran darah dan noda.

Baca Juga : 10 Penyebab Kamu Nyeri Haid tapi Tidak Haid

Tips tidur malam lebih nyenyak saat nyeri haid

Selain posisi tidur yang baik, kamu juga bisa mengurangi nyeri haid dengan melakukan beberapa tips di bawah ini!

1. Melakukan yoga

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram menstruasi.

Melakukan beberapa peregangan sebelum tidur dapat merelaksasikan tubuh kamu ke dalam relaksasi untuk tidur.

Baca Juga : Bermanfaat Redakan Nyeri Haid, Lakukan 3 Gerakan Yoga Ini saat Datang Bulan!

2. Kompres hangat

Jika kamu mengalami kram atau nyeri punggung bawah, cobalah gunakan kompres dengan botol air hangat atau hot pack untuk meredakannya.

Letakkan kompres hangat di bawah bantalan kasur dengan posisi tepat di bawah perut sehingga kamu bisa agak rileks saat berbaring.

Kompres hangat dapat membantu membebaskan kamu dari rasa sakit selama haid. Selain itu, mandi air panas sebelum tidur juga bisa membantu tubuh kamu lebih rileks.

3. Jaga suhu kamar tetap sejuk

Selama menstruasi hormon di tubuh kamu cenderung akan membuat suhu tubuh naik dan membuat kamu lebih gerah pada malam hari.

Hormon yang meningkatkan suhu tubuh selama beberapa bagian dari siklus menstruasi dapat membuat kamu sulit tidur. Jadi jaga kamar tidur kamu tetap sejuk, ya.

4. Pertahankan pola tidur yang baik

Jika kamu mengalami kesulitan tidur selama menstruasi, mempraktikkan pola tidur yang baik dapat membantu.

Kurangi screen time (memandang layar gadget) sebelum tidur, buat rutinitas malam hari, dan coba pertahankan waktu tidur yang konsisten.

5. Hilangkan stres sebelum tidur

Banyak perempuan mengalami gejala mood negatif pada hari-hari menjelang menstruasi.

Jika stres membuat kamu tidak bisa tidur di malam hari, cobalah mendengarkan musik yang menenangkan atau mungkin bersantai dengan mandi air hangat.

Baca Juga : Penyakit Dismenore Penyebab Nyeri Haid Luar Biasa, Bagaimana Cara Mengatasinya?

6. Gunakan kasur yang nyaman

Penting untuk memilih kasur yang bagus bagi penderita sakit punggung jika kamu menderita sakit perut bagian bawah yang parah saat menstruasi.

Kasur yang cukup keras dan tidak mudah berjamur sesuai dengan lekuk tubuh dapat memberikan dukungan yang cukup ke punggung, serta meminimalkan rasa sakit dalam prosesnya.

7. Gunakan bantal yang cukup

Gunakan bantal untuk melindungi bagian perut saat tidur miring. Letakkan di bawah kaki jika kamu berbaring telentang untuk menjaga kaki tetap di atas jantung untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Jika kamu tidur menyamping, gunakan penyangga di antara kedua kaki untuk menjaga otot tubuh bagian bawah tetap rileks. Kuncinya adalah memastikan punggung tetap sejajar. Pastikan bantal tidur memiliki ketinggian yang pas sehingga posisi leher dan bahu benar, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Sleep Core Labs. Diakses pada 22 Desember 2020. 7 Ways to Get Better Sleep While on Your Period

Dormio. Diakses pada 22 Desember 2020. 5 Tips To Get Better Sleep During Menstruation

Metro UK. Diakses pada 22 Desember 2020. Experts say this is the best position to sleep in when you’re on your period

    register-docotr