Kesehatan Wanita

Hati-Hati, Hindari Deretan Kebiasaan yang Membahayakan Miss V Ini!

March 21, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Miss V merupakan salah satu bagian paling sensitif pada wanita yang harus dijaga dengan baik kebersihannya. Namun, beberapa hal ini sering dilakukan tanpa sadar sehingga bisa berakibat fatal.

Kebiasaan yang membahayakan miss V

Hindari steam vagina

Melansir penjelasan dari laman Healthline, steam vagina adalah pengobatan alami kuno yang perawatannya dilakukan dengan  uap herbal. Perawatan ini disebut dapat membersihkan vagina dan rahim, mengatur menstruasi, serta meredakan kram menstruasi dan kembung. 

Namun hingga saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan apakah steam vagina itu aman. Justru suhu vagina yang terlalu panas dapat menjadi lingkungan bagi bakteri penyebab infeksi jamur dan infeksi vagina untuk berkembang.

Memasukkan benda asing ke dalam miss V 

Perlu kamu ketahui bahwa memasukkan benda asing apapun ke dalam miss V tentu saja memiliki potensi untuk menyebabkan infeksi. Gejala yang paling umum dari infeksi akibat  benda asing adalah perubahan keputihan dan bau tidak sedap.

Memakai pakaian yang terlalu ketat 

Ketika menggunakan pakaian seharusnya carilah yang ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh, khususnya jika kamu memakai pakaian dalam terlalu ketat hal itu dapat menimbulkan efek samping tidak baik pada miss V. 

Gunakan pakaian dalam yang pas dengan ukuran tubuh dan jangan tidak terlalu ketat. Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan, iritasi, panas, serta kelembaban dapat menumpuk di area vagina.

Bakteri akan cepat berkembang biak pada lingkungan seperti ini dan menyebabkannya infeksi. 

Hindari douching miss V 

Douching adalah salah satu cara yang dilakukan wanita untuk mencuci atau membersihkan Miss V menggunakan cairan khusus seperti sabun pembersih khusus maupun cairan racikan dari air dan cuka.

Tetapi menurut laman NHS, menggunakan douche dapat mengganggu bakteri normal vagina, jadi cara ini sangat tidak disarankan untuk digunakan. Tidak ada bukti bahwa douching melindungi miss V dari infeksi, dan bahkan malah dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Menyeka miss V dari belakang ke depan

Ketika kamu menyeka dari anus menuju vagina, hal itu dapat menyebarkan bakteri berbahaya. Melansir penjelasan dari laman Women Working, menyeka dari belakang ke depan dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan vaginosis bakteri pada wanita.

Jika kamu tidak dapat menjangkau untuk menyeka dari depan ke belakang, coba seka bagian satu per satu dengan kertas toilet yang berbeda.

Memakai pembalut terlalu lama

Menggunakan pebalut terlalu lama atau lebih dari delapan jam merupakan faktor risiko utama yang menimbulkan sindrom syok toksik pada vagina.

Menurut Women Working, sindrom syok toksik adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh racun yang dapat menimbulkan demam, syok, dan masalah pada beberapa organ tubuh. Mengganti pembalut secara teratur adalah alternatif yang lebih sehat.

Cara membersihkan miss V secara tidak benar

The Center for Young Women’s Health merekomendasikan pembersihan area vulva dan labia di luar area tersebut. Jangan pernah mencoba menggosok bagian dalam vagina dengan sabun.

Merokok

Rokok dapat mempengaruhi lebih dari sekedar paru-paru. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports edisi Desember 2018 dilansir dari Women Working mengatakan merokok dapat menyebabkan vaginosis bakteri dan bau tak sedap pada vagina.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Obat Jamur Vagina yang Bisa Dibeli di Apotek

Kondisi miss V seperti apa yang harus membuat kamu periksa ke dokter?

Melansir penjelasan dari laman Healthline, segera lakukan pemeriksan ke dokter apabila kamu mengalami beberapa hal ini pada bagian miss V:

  • Nyeri saat buang air kecil, berhubungan seks, atau bermasturbasi.
  • Bau menyengat dan tidak sedap yang berasal dari vagina.
  • Lecet, luka, atau kutil di sekitar alat kelamin.
  • Kotoran berwarna hijau, kuning, atau abu-abu.
  • Cairan kental yang terlihat seperti keju.
  • Vagina gatal terus-menerus.
  • Perdarahan vagina yang tidak bisa dijelaskan.

Sebaiknya temui dokter kesehatan vagina jika memiliki pertanyaan dan kekhawatiran lain ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Womenworking.com (2019) diakses pada 15 Maret 2021. 7 Harmful Habits That Can Actually Damage a Vagina
  2. Prevention.com (2018) diakses pada 15 Maret 2021. 4 Things You Should Never, Ever Do To Your Vagina 
  3. Healthline.com (2018) diakses pada 15 Maret 2021. Everything You Need to Know About Vaginal Steaming 
  4. Nhs.uk (2018) diakses pada 15 Maret 2021. Keeping your vagina clean and healthy
  5. Healthline.com (2018) diakses pada 15 Maret 2021. How to Clean Your Vagina and Vulva
    register-docotr