Kesehatan Wanita

Kenali Bedanya Flek Tanda Hamil dengan Flek Haid, Yuk Simak Ulasannya!

June 12, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Masih banyak perempuan yang merasa bingung untuk membedakan flek tanda hamil dengan flek saat haid pada umumnya. Padahal terdapat beberapa perbedaan yang signifikan yang mungkin dirasakan lho!

Mengeluarkan flek atau bercak darah sebelum jadwalnya menstruasi atau merasakan flek tetapi tidak kunjung muncul pendarahan, kadang membuat kekhawatiran tersendiri bagi perempuan.

Namun, flek tersebut tak selalu mengkhawatirkan, ini bisa disebabkan beberapa faktor, kehamilan misalnya.

Apa yang terjadi saat haid?

Terjadi 21 hingga 35 hari ketika rahim melepaskan lapisannya, menandai dimulainya reproduksi baru. Periode menstruasi dapat berlangsung beberapa hari bahkan bisa sampai satu minggu lamanya.

Siklus menstruasi dimulai dengan ovulasi, di mana sel telur dilepaskan oleh ovarium. Ketika telur melewati tuba falopii, telur dipersiapkan untuk pembuahan oleh berbagai hormon reproduksi.

Pada saat yang sama, dinding rahim bagian dalam menebal dan suplai darah ke rahim meningkat dalam persiapan untuk implantasi.

 Jika sel telur tidak dibuahi, ia keluar dari tubuh melalui vagina, bersama dengan lapisan dalam dinding rahim, muncul dalam bentuk pendarahan vagina, atau yang biasa kita sebut dengan haid.

Tanda-tanda sebelum haid

Saat haid biasanya wanita akan mengalami pendarahan ringan bahkan berat. Banyak wanita pendarahan ringan di awal dan akhir periode mereka. Periode darah sering berubah warna, konsistensi, dan mengalir dari satu hari ke hari berikutnya.

Kamu mungkin akan merasakan tanda-tandanya ketika hari menstruasi segera datang. Tanda-tanda yang biasa dirasakan meliputi:

  • Keputihan
  • Payudara yang sakit bahkan bengkak
  • Merasakan kram perut
  • Nyeri punggung bagian bawah
  • Merasa murung atau perubahan suasana hati

Mengenal flek tanda hamil

Banyak wanita yang salah mengartikan pendarahan implantasi ini sebagai tanda flek menstruasi karena terjadi begitu awal sehingga mereka tidak menyadari bahwa sedang hamil.

Dilansir dari healthline.com, sekitar 20% wanita telah melihat selama tiga bulan pertama kehamilan mereka. Seringkali darah muncul pada beberapa hari pertama kehamilan, ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim.

Pendarahan ini biasanya terjadi satu hingga dua minggu setelah pembuahan dan dapat menyebabkan flek.

Flek seharusnya hanya berlangsung beberapa hari, mungkin kamu juga akan merasa kram ringan. Jika kehamilan berlanjut, kamu akan mengalami bercak minor sepanjang trimester pertama.

Flek pada kehamilan ektopik

Flek juga bisa terjadi kepada wanita yang mengalami kehamilan ektopik. Kehamilan ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya ke dalam jaringan di luar rahim. Tanda-tanda dari kehamilan ektopik meliputi:

  • Sakit perut
  • Merasa tidak nyaman di bagian panggul
  • Pusing secara tiba-tiba
  • Sakit perut yang parah
  • Menstruasi terlewatkan

Jika kamu merasakan ciri-ciri kehamilan ektopik, segeralah konsultasikan ke tenaga medis. Kehamilan ini dapat menyebabkan pendarahan internal yang mengancam jiwa jika tidak ditangani.

Perbedaan antara flek tanda haid dengan flek tanda hamil

Banyak wanita yang tidak tahu persis apakah ia sedang mengalami menstruasi atau flek kehamilan. Ini terjadi karena memang keduanya sangat mirip.

Seberapa banyak flek yang dikeluarkan adalah perbedaan utama antara flek hamil dan haid. Selain itu, ada juga perbedaan-perbedaan lainnya seperti berikut:

  • Sifat dan jumlah

Flek saat haid biasanya disertai pendarahan yang berat dan berwarna merah, yang berlangsung selama tiga hingga tujuh hari. Sedangkan flek tanda hamil tidak melibatkan pendarahan yang sebenarnya, biasanya ditandai dengan bercak-bercak merah muda dan coklat.

  • Gejala yang terkait

Kamu juga bisa mengetahui perbedaan antara flek tanda haid dengan hamil melalui gejalanya. Berbeda dengan gejala yang berhubungan dengan menstruasi, kamu tidak akan mengalami rasa sakit dan kram atau sakit pada punggung selama flek implantasi.

  • Waktu terjadinya

Dalam kebanyakan kasus, flek tanda kehamilan terjadi beberapa hari (tiga hingga tujuh) sebelum tanggal jatuh tempo menstruasi. Ini mungkin yang menjadi alasan banyak wanita salah mengira sebagai flek menstruasi, padahal bukan.

Kamu harus menunggu satu atau dua hari kalau menstruasi dimulai. Jika pendarahan tidak menjadi berat maka itu hanya flek yang bisa jadi sebuah tanda kehamilan.

  • Durasi

Durasi adalah faktor penting untuk mengetahui perbedaan antara flek menstruasi atau flek tanda kehamilan. Biasanya flek untuk tanda kehamilan tidaklah berlangsung lama.

Jangan lupa konsultasikan masalah kesehatan bersama Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2019) diakses 9 Juni 2020. Vaginal Bleeding
  2. Healthline.com (2019) diakses 9 Juni 2020. Is It Spotting or a Period? Causes, Symptoms, and More
  3. Healthline.com (2018) diakses 9 Juni 2020. What Does Spotting Look Like and What Causes It?
  4. Newhealthadvisor.org (2017) diakses 9 Juni 2020. Defference between Spotting and Period
    register-docotr