Kesehatan Wanita

Jangan Sampai Kendur, Ini Cara Ampuh Merapatkan Miss V usai Melahirkan

January 23, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Vagina yang melonggar akan membuat sebagian wanita kurang bergairah untuk kembali melakukan hubungan intim dengan suami. Salah satu penyebab longgarnya vagina bisa karena habis melahirkan. Lalu bagaimana cara merapatkan miss V pada wanita? 

Bagaimana cara merapatkan miss V?

Ketika berbicara tentang miss V atau vagina, ada banyak mitos dan kesalahpahaman di kalangan wanita. Beberapa orang, percaya bahwa vagina bisa kehilangan elastisitasnya dan akan kendur selamanya. Namun, hal itu ternyata tidak benar. 

Vagina pada wanita itu elastis. Tentu saja hal itu berarti vagina dapat meregang untuk mengakomodasi hal-hal yang masuk (sepert penis atau mainan seks) atau juga untuk hal-hal yang keluar seperti melahirkan bayi. 

Namun, kamu jangan khawatir, karena tidak butuh waktu lama bagi vagina untuk kembali ke bentuk semula atau kembali merapat.

Vagina mungkin menjadi sedikit lebih longgar seiring bertambahnya usia atau memiliki anak. Namun, secara keseluruhan, otot vagina mengembang dan menarik seperti akordeon atau karet gelang.

Melansir penjelasan dari Healthline, ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan otot vagina dan memperkuat otot pelvik yang membantu ibu untuk mengembalikan ukuran vagina.

Senam kegel 

Latihan otot panggul atau senam kegel, adalah latihan mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul. Senam kegel juga tidak membutuhkan peralatan apapun, sehingga memudahkan kamu untuk melakukannya kapan saja. 

Cara melakukannya:

  • Kontraksikan otot-otot dan tahan selama 5 detik.
  • Lepaskan selama 5 detik.
  • Ulangi gerakan senam kegel sebanyak 10 kali selama 3 kali sehari.

Squat 

Squat melibatkan otot terbesar di tubuh dan memiliki salah satu hasil terbaik dalam hal peningkatan kekuatan. Otot utama yang bekerja yaitu glutes, hamstring, quadriceps. Perlengkapan yang dibutuhkan saat melakukan gerakan squat adalah barbel.

Cara melakukannya:

  • Berdirilah dengan posisi tegak, kaki sedikit lebih lebar dari lebar bahu dan jari kaki sedikit menonjol. Jika menggunakan barbel, barbel harus diletakkan di belakang leher pada otot trapezius. 
  • Tekuk lutut, dorong pinggul dan pantat ke belakang seolah-olah kamu akan duduk di kursi. 
  • Turun ke bawah sampai paha sejajar dengan lantai, pertahankan berat badan pada tumit dan lutut sedikit tertekuk ke luar.
  • Luruskan kaki dan kembali ke posisi tegak.
  • Lakukan ulang gerakan ini sebanyak 15 kali. 

Bridge 

Bridge adalah latihan yang bagus untuk glutes. Jika dilakukan dengan benar, ini juga mengaktifkan otot dasar panggul dalam prosesnya. Meski tanpa beban, jeda dan denyut nadi gerakan ini akan membuat kamu merasakannya.

Otot bekerja yang bekerja jika kamu melakukan gerakan ini adalahh glutes, hamstring, dan panggul. Kamu juga tidak membutuhkan peralatan apapun.

Cara melakukannya:

  • Berbaring di lantai.
  • Tulang belakang harus menghadap ke tanah, dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90 derajat.
  • Telapak kaki rata, dan lengan lurus di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Tarik napas dan dorong tumit.
  • Angkat pinggul dari lantai dengan menekan glutes, paha belakang, dan dasar panggul.
  • Tubuh bertumpu pada punggung atas dan bahu harus membentuk garis lurus ke bawah dari lutut.
  • Berikan jeda selama 1–2 detik dan kembali ke posisi awal.
  • Lakukan berulang sebanyak 10–15 kali dan 2–3 set, istirahat 30-60 detik di antara set.

Thermiva

Menurut Journal of Obstetrics and Gynecology of India, tindakan thermiva ini merupakan salah satu tindakan yang digunakan untuk kembali merapatkan vagina.

Perlu kamu ketahui bahwa prosedur perawatan kewanitaan ini menggunakan tenaga radio frekuensi. Prosedur dilakukan dengan memasukkan alat berbentuk tongkat sebesar jari telunjuk ke area labia dan vulva jaringan torestore.

Ketika dimasukkan, alat tersebut dalam keadaan panas bersuhu 42-45 derajat yang menaikkan pembuluh darah dan merangsang kolagen.

Lalu, gelombang frekuensi radionya akan memanaskan jaringan dan mengaktifkan kembali kolagen di area vagina.

Kolagen baru yang dihasilkan dari stimulasi frekuensi radio ini dapat membantu mengencangkan vagina.

Baca juga: Ini 8 Faktor yang Meningkatkan Risiko Kanker Vagina

Vagina cones

Cara lainnya kamu juga dapat memperkuat otot dasar panggul dengan menggunakan kerucut vagina. Ini adalah benda seukuran tampon berbobot yang dimasukkan ke dalam vagina.

Cara melakukannya:

  • Masukkan vagina cones paling ringan ke dalam vagina.
  • Peras otot. Tahan di tempatnya selama sekitar 15 menit.
  • Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 13 Januari 2021. Is It Possible to Have a Loose Vagina?
  2. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2016) diakses pada 13 Januari 2021. ThermiVa: The Revolutionary Technology for Vulvovaginal Rejuvenation and Noninvasive Management of Female SUI 
  3. Healthline.com (2019) diakses pada 13 Januari 2021. 5 Pelvic Floor Exercises for Women 
    Berita Terkait
    register-docotr