Kesehatan Pria

Penting, Ini 5 Manfaat VCO untuk Pria yang Perlu Kamu Tahu!

January 23, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada beberapa manfaat virgin coconut oil (VCO) untuk pria yang jarang diketahui. Padahal, salah satunya sangat penting, yaitu meningkatkan kualitas sperma.

VCO sendiri merupakan minyak kelapa yang dihasilkan tanpa proses pemanasan atau penambahan bahan kimia lainnya. Situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut minyak kelapa tengah populer, banyak produk yang memakai minyak ini dalam kandungan mereka.

Baca Juga: Penting untuk Pria! Ini Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Kamu

Kandungan minyak kelapa

Dilansir laman yang sama, dalam 1 sendok makan minyak kelapa terdapat:

  • 121 kalori
  • 0 gram protein
  • 14,5 gram lemak, di mana 11,2 gramnya merupakan lemak jenuh
  • 0 miligram kolesterol

Minyak kelapa juga mengandung vitamin E, tapi tanpa serat dan sedikit bahkan hampir tidak ada vitamin dan mineral.

Manfaat VCO untuk pria

Mulai dari meningkatkan kualitas sperma hingga menjaga berat badan yang sehat, berikut ini adalah manfaat VCO untuk pria yang perlu kamu pahami:

1. Mendorong pembakaran lemak

Setiap makanan yang kamu konsumsi akan menghasilkan kalori. Tiap makanan juga memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kemampuan tubuh dan hormon untuk memproses penggunaan kalori ini.

Sebuah penelitian dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyebut kandungan medium-chain triglyceride (MCT) atau rantai asam lemak yang sedang dari VCO mampu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menyebut konsumsi 15 gram hingga 30 gram MCT per hari dapat meningkatkan energi yang dipakai selama 24 jam hingga 5 persen.

2.Terhindar dari masalah obesitas dan fertilitas

Dengan banyaknya kalori dan lemak yang terbakar, maka kamu pun bisa terhindar dari obesitas. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Andrologia menyebut hubungan antara obesitas dan infertilitas pada pria. Penelitian tersebut menyebut masalah fertilitas ini bisa berupa gangguan pada steroidogenesis testis dan metabolisme yang tidak normal pada testis.

3. Menjaga kualitas sperma

Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Andrology menyebut VCO bisa melindungi bahkan meningkatkan kualitas sperma

Dalam penelitian tersebut dikatakan kalau penggunaan VCO sebagai pengobatan pembantu atas efek terapi antiretrovirus membuahkan hasil yang efektif.

Peneliti menyebut kalau terapi antiretroviral yang dijalani oleh orang dengan HIV/AIDS serta konsumsi alkohol bisa mengganggu fungsi testis. Beruntungnya, lewat pengobatan pembantu menggunakan VCO ini efek tersebut bisa dicegah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor 1 pada pria di Amerika Serikat. Pada 2017 saja ada 347.879 pria yang meninggal karena penyakit ini.

Sementara dilansir Healthline, salah satu manfaat VCO untuk pria adalah meningkatkan kesehatan jantung. Kelapa pada umumnya, merupakan makanan yang tinggi protein yang sudah banyak dikonsumsi secara turun temurun.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mencatat bagaimana orang-orang di Tokelau, sebuah kepulauan di  Pasifik Selatan mendapatkan 60 persen kebutuhan kalori mereka dari kelapa.

Peneliti menulis tidak hanya keseluruhan kesehatan mereka saja yang terjaga, masyarakat di kepulauan tersebut pun memiliki penyakit jantung yang sangat kecil.

Baca Juga:

5. Menjaga kualitas kulit

Secara umum VCO bisa menjaga kualitas kulit, rambut dan gigi. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan bukan dengan mengonsumsinya. Kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke bagian tubuh untuk merasakan manfaat ini.

Sebuah penelitian yang diadakan pada 2004 menyebut kalau VCO bisa dijadikan pelembap kulit. Sementara penelitian lainnya menyebut bagaimana VCO bisa mengurangi gejala penyakit eksim. 

Hal ini merupakan berita baik, mengingat eksim pun bisa terjadi di penis. Situs kesehatan Healthline menyebut kondisi ini bisa terjadi karena dorongan gen, lingkungan serta sampo atau sabun yang kamu pakai.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang manfaat VCO untuk pria yang bisa jadi satu pengetahuan baru. Jangan ragu untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 15 Januari 2021. Top 10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil
  2. MedicalNewsToday, diakses 15 Januari 2021. Coconut oil: Benefits, uses, and controversy
  3. ScienceDirect, diakses 15 Januari 2021. Chapter 16 – Virgin Coconut Oil as Functional Oil
  4. Wiley Online Library, diakses 15 Januari 2021. The effect of topical virgin coconut oil on SCORAD index, transepidermal water loss, and skin capacitance in mild to moderate pediatric atopic dermatitis: a randomized, double‐blind, clinical trial
  5. The American Journal of Clinical Nutrition, diakses 15 Januari 2021. Cholesterol, coconuts, and diet on Polynesian atolls: a natural experiment: the Pukapuka and Tokelau Island studies13
  6. National Library of Medicine, diakses 15 Januari 2021. A randomized double-blind controlled trial comparing extra virgin coconut oil with mineral oil as a moisturizer for mild to moderate xerosis
  7. National Library of Medicine, diakses 15 Januari 2021. Effects of medium-chain triglycerides on weight loss and body composition: a meta-analysis of randomized controlled trials
  8. National Library of Medicine, diakses 15 Januari 2021. Twenty-four-hour energy expenditure and urinary catecholamines of humans consuming low-to-moderate amounts of medium-chain triglycerides: a dose-response study in a human respiratory chamber
  9. Wiley Online Library, diakses 15 Januari 2021. Obesity and male infertility: Mechanisms and management – Leisegang – – Andrologia
  10. CDC, diakses 15 Januari 2021. Men and Heart Disease | cdc.gov
  11. Healthline, diakses 15 Januari 2021. Eczema on Penis: Types, Symptoms, Treatment, and More
  12. National Library of Medicine, diakses 15 Januari 2021. Virgin coconut oil extract mitigates testicular-induced toxicity of alcohol use in antiretroviral therapy
    register-docotr