Kesehatan Wanita

Bermanfaat Redakan Nyeri Haid, Lakukan 3 Gerakan Yoga Ini saat Datang Bulan!

September 8, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Hampir setiap wanita pernah mengalami nyeri haid pada saat menstruasi. Proses peluruhan dinding rahim menyebabkan pelepasan prostaglandin, senyawa kimia menyerupai yang bertanggung jawab atas munculnya rasa nyeri saat menstruasi.

Alih-alih menggunakan obat pereda nyeri dan minuman tertentu, kamu bisa melakukan beberapa gerakan yoga untuk meredakan rasa sakit dan kram itu. Apa saja gerakan yoga yang bermanfaat untuk meredakan nyeri haid? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 5 Tips Mengatasi PMS dengan Cara Alami: Kompres Hangat hingga Yoga

Sekilas tentang nyeri haid

Nyeri haid adalah kondisi yang ditandai dengan mengerasnya perut bagian bawah disertai denyutan-denyutan menyakitkan pada sebelum dan selama menstruasi. Dalam dunia medis, keadaan ini disebut dengan dismenore.

Mengutip Medical News Today, nyeri haid biasanya dimulai setelah proses ovulasi dimulai, yaitu ketika sel telur dilepaskan dari ovarium untuk menuju tuba fallopi.

Rasa sakit yang muncul dapat dirasakan sejak beberapa hari sebelum menstruasi dan biasanya berangsur mereda pada pertengahan haid.

Manfaat yoga untuk nyeri haid

Yoga adalah olahraga yang memadukan beberapa aspek menjadi satu, yaitu pikiran, pernapasan, peregangan, dan keseimbangan. Olahraga yang berasal dari India ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meredakan nyeri haid.

Beberapa gerakan yoga yang berpusat pada penekanan panggul, pinggul, area perut dan punggung bagian bawah dipercaya bisa meringankan rasa sakit yang ditimbulkan akibat haid. Rasa nyeri itu biasanya muncul di sekitar area-area tersebut.

Kombinasi gerakan yoga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen di dalam tubuh. Selain itu, beberapa gerakan yoga juga bisa meregangkan otot-otot di area munculnya rasa nyeri saat menstruasi, terutama perut dan punggung bagian bawah.

Gerakan yoga untuk mengatasi nyeri haid

Ada beberapa gerakan yang diyakini bisa membantu meringankan gejala nyeri haid di sekitar panggul, perut bagian bawah, dan punggung. Masing-masing gerakan memiliki peranan untuk mengurangi rasa sakit itu, di antaranya adalah:

1. Child pose

Gerakan child pose. Sumber foto: www.verywellfit.com

Child pose adalah salah satu gerakan yoga yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi nyeri haid. Caranya cukup mudah, yaitu duduklah dengan posisi kedua lutut terlipat menumpuk, lalu rebahkan tubuh ke depan. Setelah itu, rentangkan tangan ke depan sejauh-jauhnya.

Ketika melakukan gerakan ini, posisi tubuh bertumpu pada paha bagian atas. Selain menguatkan tulang belakang, gerakan ini bisa meredakan rasa nyeri haid yang muncul di area punggung. Ini karena child pose membuat otot-otot di sekitar tulang belakang meregang dan mengendur.

2. Gerakan lutut ke dada

Gerakan lutut ke dada. Sumber foto: www.thedailymeal.com

Mengutip Do You Yoga, pose yoga paling efektif untuk meredakan nyeri haid adalah gerakan lutut ke dada. Caranya sangat mudah, cukup tekuk lutut seperti saat melakukan sit-up, lalu tempelkan ke atas dada dalam kondisi badan berbaring.

Gerakan ini bisa memberikan tekanan secara langsung pada perut bagian bawah. Pose ini juga dapat meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen di area perut. Asupan darah yang cukup bisa menciptakan sensasi menenangkan dan rileks untuk area di sekitarnya.

Tidak hanya itu, saat kamu menarik dan menekuk lutut ke atas dada, otot-otot di punggung akan ikut mengendur. Hanya dengan melakukan satu gerakan, kamu sudah bisa meredakan nyeri haid di dua area, yaitu di perut bagian bawah dan punggung.

Baca juga: Jangan Ragu untuk Memulai, Ini Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Kamu Terapkan

 3. Camel pose

Gerakan camel pose. Sumber foto: www.yogateket.com

Camel pose adalah gerakan semi kayang yang bisa menarik otot-otot di sekitar perut, tempat di mana nyeri haid dirasakan. Duduklah di atas lutut, lalu posisikan badanmu setengah berdiri.

Kemudian, regangkan tubuhmu ke belakang sambil mendongak. Gerakkan kedua tanganmu hingga menyentuh tumit.

Gerakan ini mungkin akan sulit dilakukan saat menstruasi, tapi efeknya bisa lebih terasa pada  nyeri haid di sekitar perut. Tarikan pada perut bisa mengakhiri kontraksi pada otot-otot uterus dan meredakan kram yang ditimbulkannya.

Pose ini juga bisa mengatasi nyeri haid yang terasa di area punggung bagian bawah. Semakin ke belakang tubuh diregangkan, maka otot-otot di sekitar tulang belakang akan ikut tertarik pula.

Nah, itulah beberapa gerakan yoga dan manfaatnya untuk meredakan nyeri haid. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa kombinasikan beberapa gerakan di atas sekaligus. Selamat mencoba!

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Medical News Today, diakses 9 September 2020, What to know about menstrual cramps.
  2. Do You Yoga, diakses 9 September 2020, 6 Yoga Poses to Relieve Menstrual Cramps.
  3. NDTV, diakses 9 September 2020, Yoga Poses For Women To Get Relief From Menstrual Cramps.

    Berita Terkait
    register-docotr