Kesehatan Wanita

3 Fakta dan 3 Mitos Seputar Menopause yang Wajib Kamu Ketahui

August 22, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Memasuki usia lanjut bagi perempuan berarti harus menyesuaikan diri dengan berbagai hal. Di momen yang disebut dengan masa menopause ini konon ada banyak perubahan yang harus dihadapi.

Namun, jangan takut dulu kalau mendengar banyak mitos dan fakta seputar menopause yang beredar. Yuk, seleksi informasi seputar hal ini terlebih dulu.

Apa itu menopause?

Dilansir dari Betterhealth, menopause adalah kejadian alami yang pasti terjadi pada setiap perempuan. Biasanya ini dicirikan dengan berhentinya siklus menstruasi.

Saat kamu berusia 30 sampai 40 tahun, kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh akan semakin menurun. Momen ini disebut masa pre-menopause. Di sini siklus menstruasi yang datang setiap bulan biasanya akan mengeluarkan darah yang semakin sedikit.

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh akan berhenti mengalami haid dan di sini lah momen menopause mulai terjadi.

Menopause juga bisa terjadi lebih cepat akibat penanganan medis tertentu seperti kemoterapi. Namun, secara umum momen ini dimulai saat perempuan memasuki usia 40 tahun.

Fakta dan Mitos Seputar Menopause

Berikut adalah beberapa fakta dan mitos yang sering beredar seputar menopause:

Fakta: Ada gejala khusus sebelum menopause

Dilansir dari Medicalnewstoday.com, menopause memang bukan merupakan sebuah penyakit. Namun, ia dapat hadir dengan didahului beberapa gejala khusus seperti:

Hot flashes

Ini merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan rasa kepanasan yang begitu hebat secara tiba-tiba di tubuh bagian atas.

Sekitar 75 persen perempuan diketahui merasakan gejala ini sebelum tiba di masa menopause mereka.

Berkeringat di malam hari

Meski udara di malam hari terbilang sejuk, beberapa perempuan merasakan hawa panas yang membuat mereka berkeringat saat tidur menjelang masa menopausenya.

Vagina menjadi kering

Salah satu tanda akan terjadinya menopause pada perempuan adalah organ kewanitaannya menjadi kering. Hal ini menimbulkan rasa sakit saat berhubungan suami istri.

Fakta: menopause menyebabkan kenaikan berat badan

Hal ini juga merupakan sebuah fakta yang terbukti secara ilmiah. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017, sebagian besar orang mengalami kenaikan berat badan menjelang menopause. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Rasa lapar yang meningkat akibat perubahan hormon yang mengontrol nafsu makan
  2. Perubahan metabolisme tubuh yang dipengaruhi hormon
  3. Kebiasaan menjalani pola makan yang kurang sehat sebelum menopause

Fakta: menoupase membuat stres

Fakta ini diperoleh dari banyaknya keluhan perempuan yang selama masa menopause mereka merasa kesulitan untuk fokus dan mengingat sesuatu. Kondisi yang biasa disebut brain fog ini umumnya dikarenakan perempuan mengalami banyak perubahan fisik dan mental di momen ini.

Mitos: menopause berarti kehidupan seks berakhir

Apakah hal ini benar? Jawabannya adalah tidak. Mitos ini sering beredar karena indung telur yang berhenti berfungsi ketika menopause juga menurunkan kadar hormon estrogen.

Secara tidak langsung, penurunan ini membuat aliran darah ke vagina berkurang dan membuatnya menjadi kering selama berhubungan intim. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cairan pelumas selama berhubungan seksual.

Mitos: terapi hormon saat menopause sangat berbahaya

Hal ini juga tidak benar adanya. Dilansir dari Healthcentral, gejala-gejala menjelang menopause seperti hot flashes dan insomnia bisa membuat tubuh merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya beberapa tindakan medis seperti terapi hormon bisa menjadi solusi.

Namun, perlu diingat bahwa pemberian terapi ini harus dilakukan melalui proses diagnosis yang mendalam agar tetap aman bagi kesehatan.

Mitos: menopause membuat hidup menderita

Eits… mitos yang satu ini jangan sampai kamu telan mentah-mentah, ya. Memang beberapa perubahan fisik seperti kenaikan berat badan, tulang keropos, sampai penurunan gairah seksual bisa membuat perempuan merasa tertekan.

Namun, itu semua bukan berarti akhir dari segalanya. Kamu tetap bisa mengakalinya dengan menjaga pola hidup yang sehat, mengonsumsi suplemen kalsium secara cukup, sampai menggunakan alat bantu seks seperti pelumas jika diperlukan.

Demikian beberapa fakta dan mitos seputar menopause yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Myths and facts about menopause, https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/myths-and-facts-menopause diakses pada 19 Agustus 2020

10 essential menopause facts, https://www.medicalnewstoday.com/articles/317765#stress diakses pada 19 Agustus 2020

Don’t Believe Everything You Hear About Menopause, https://www.healthcentral.com/slideshow/ten-things-you-should-know-about-menopause diakses pada 19 Agustus 2020

 

 

    Berita Terkait
    register-docotr