Kulit & Perawatan Tubuh

3 Fakta dan Mitos Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah, Sudah Tahu Belum?

August 22, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pastinya kamu seringkali mendengar mengenai mitos dan fakta seputar jerawat yang masih menjadi pertanyaan. Termasuk tentang cara-cara untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Agar tidak salah memahaminya, inilah 3 fakta dan 3 mitos mengenai jerawat di wajah yang wajib kamu ketahui!

Fakta-fakta cara menghilangkan jerawat di wajah

Ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui agar kamu terbebas dari jerawat, di antaranya adalah:

1. Tidak boleh membersihkan wajah terlalu sering

Memang membersihkan wajah adalah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Tetapi jika aktivitas ini dilakukan lebih dari 2 kali sehari, efeknya justru akan menghilangkan minyak alami pada wajah.

Padahal minyak alami tersebut memiliki fungsi penting yakni untuk membantu melembapkan wajah. 

Selain itu, penggunaan scrub wajah pun jika berlebihan dapat mengiritasi kulit dan menjadikan kulit lebih cepat kering. Sebaiknya penggunaan produk scrub cukup digunakan seminggu 2 kali. Untuk sehari-hari, gunakan produk wajah yang lembut dan usap wajah dengan perlahan.

2. Jangan pernah memencet jerawat

Banyak orang yang menganggap dengan memencet jerawat dapat membuat jerawat lebih cepat hilang. Tetapi sebaliknya, kebiasaan ini justru dapat memicu iritasi dan meninggalkan luka dan noda kehitaman pada wajah.

Selain itu, memencet jerawat hanya akan memperburuk kondisi wajah, karena akan meninggalkan bekas yang lebih sulit untuk dihilangkan. 

Tangan yang kotor akan meninggalkan bakteri di wajah dan menjadi penyebab jerawat yang akan menyebabkan jerawat akan tumbuh lebih banyak dan wajah juga akan lebih berminyak.

3. Menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah

Kulit kamu sangat membutuhkan tabir surya atau sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan jahat sinar matahari. Sebaiknya pilihlah sunscreen non-komedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori yang bisa memicu jerawat. 

Pilihan tekstur sunblock juga bisa disesuaikan bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat atau mudah berjerawat. Jika kulit kamu berminyak atau berjerawat, kamu bisa menggunakan sunscreen yang berbahan dasar gel.

Mitos-mitos cara menghilangkan jerawat di wajah

Pastinya banyak di antara kamu yang seringkali masih percaya dengan mitos mengenai jerawat ini. Hal ini tidak jarang mengakibatkan salah penanganan sehingga membuat jerawat makin parah. 

Inilah 3 mitos mengenai jerawat yang membuat kita menjadi keliru, antara lain:

1. Sering mencuci muka dapat menghilangkan jerawat

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencuci muka sesering mungkin dapat mencegah munculnya jerawat. Padahal pada kenyataannya terlalu sering mencuci muka ternyata membuat masalah baru di kulit, lho.

Fungsi dari sabun cuci muka pada umumnya adalah mengangkat kotoran sisa riasan dan skincare, serta mengangkat minyak berlebih pada kulit. Jadi, jika kamu terlalu sering cuci muka minyak di wajah akan terangkat lama-lama kulit akan terasa kering dan tidak elastis.

2. Jerawat boleh dihilangkan dengan cara dipencet

Dengan memencet jerawat apalagi jerawat yang meradang, hal ini dapat merangsang bakteri, minyak serta sel kulit mati untuk semakin masuk kedalam kulit dan menyebabkan peradangan pada kulit.

3. Sunscreen dapat memicu jerawat

Ada banyak orang yang mengatakan dengan menggunakan sunscreen dapat menimbulkan jerawat. Sunscreen juga berguna untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang membuat kulit menjadi kusam dan berjerawat.

Padahal yang membuat wajah kamu berjerawat bukan karena menggunakan sunscreen, tetapi karena kamu menggunakan sunscreen yang tidak sesuai dengan jenis kulit. 

Sebaiknya jika kulit kamu mudah berjerawat atau sensitif, gunakan physical sunscreen sehari-hari agar tidak mudah timbul masalah lain di wajah.

Jadi, sekarang sudah tahu kan mitos dan fakta seputar jerawat yang seringkali membuat kamu keliru? Mulai sekarang jangan percaya mitos tersebut ya, karena hanya dapat membuat wajah kamu berjerawat dan menimbulkan masalah pada kulit kamu.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. wakehealth.edu diakses 19 Agustus 2020. Common Myths About Acne. 19 Agustus 2020 pukul 20.00.
  2. aadermatology.com (2017) diakses 19 Agustus 2020. The Top 12 Acne Myths And Why They Aren’t True. 19 Agustus 2020 pukul 20.30.
    Berita Terkait
    register-docotr