Kesehatan Seksual

Yum…, Tak Hanya Enak 6 Jenis Makanan Ini Ternyata Membuat Vagina Menjadi Sehat

September 12, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Vagina adalah organ kewanitaan yang memiliki banyak fungsi bagi seorang perempuan. Mulai dari alat reproduksi, saluran keluarnya darah kotor, tempat masuknya sperma saat berhubungan seksual, dan banyak lagi.

Mengingat fungsinya yang begitu banyak, sudah seharusnya kamu memerhatikan kesehatan vagina. Selain menjaga kebersihannya, apa kamu tahu, kalau ada beberapa jenis makanan yang juga bisa turut membuat vaginamu menjadi semakin sehat?

Baca Juga: Ketahui Makanan yang Bisa Mengatasi Vagina Kering saat Bercinta

Ubi untuk meningkatkan kesuburan

Dilansir dari Healthline, konsumsi ubi-ubian manis seperti ubi merah atau ubi ungu, sangat membantu perempuan yang ingin memiliki keturunan. Kandungannya yang kaya akan beta karoten dan vitamin A, telah terbukti meningkatkan kesuburan dan mendukung pertumbuhan janin yang baik.

Nutrisi yang terdapat dalam ubi manis juga bisa membantu tubuh menghasilkan hormon seks, dan sering dianjurkan untuk membantu mengatasi gangguan polycystic ovary syndrome (PCOS).

Tak hanya itu ubi manis juga dipercaya dapat memperkuat jaringan otot pada vagina dan dinding rahim.

Untuk mengonsumsinya setiap hari, kamu hanya perlu mengukus ubi selama beberapa menit, dan menyantapnya langsung atau disajikan dengan teh hangat.

Probiotik si pembasmi bakteri jahat

Seperti yang kita tahu, salah satu fungsi vagina adalah menjadi saluran keluarnya darah haid dan air kencing. Ini membuat vagina rentan dihinggapi bakteri jahat penyebab infeksi dan iritasi.

Ketimbang memakai sabun pembersih wanita untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan cara yang lebih alami saja.

Bukan apa-apa, tak jarang kandungan kimia yang terdapat di dalamnya, malah turut merusak keberadaan bakteri baik yang diperlukan vagina. Jadi tak ada salahnya untuk mengonsumsi probiotik alami seperti yoghurt, atau kefir saja sebagai solusi akan hal ini.

Selain baik untuk pencernaan, probiotik ternyata juga bisa membantu mencegah terjadinya infeksi jamur pada vagina. Bahkan kandungan kalsium di dalamnya, juga bisa meredakan gejala-gejala PMS yang mengganggu seperti keram, dan perubahan suasana hati menjadi murung.

Baca juga: Penasaran Obat Sakit Gigi Semprot? Ketahui Apa Kelebihan, Fungsi dan Efek Sampingnya!

Jus cranberry

Dilansir dari Medicalnewstoday, meminum jus cranberry atau mengonsumsi suplemen yang berbahan dasar buah ini, bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kencing.

Hal ini diamini berbagai penelitian, salah satunya seperti yang dilakukan pada 2016 . Di situ disebutkan bahwa meminum sekitar 8 ons jus cranberry setiap hari selama 24 minggu, terbukti menurunkan presentase perempuan dewasa mengalami infeksi saluran kencing.

Sebutir apel sehari untuk mencapai orgasme

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 menyebutkan bahwa perempuan yang memakan apel sekali dalam sehari memiliki kehidupan seksual yang lebih baik.

Salah satu penyebabnya adalah adanya enzim phytoestrogen phloridzin. Enzim tersebut ternyata dapat mendorong performa seks lebih baik, dengan meningkatkan kemampuan vagina melumasi dirinya sendiri.

Alpukat untuk melicinkan vagina

Senang mengonsumsi alpukat sebagai taburan di atas roti panggang? Lanjutkan kebiasaan ini karena alpukat adalah salah satu makan yang baik untuk kesehatan vagina.

Bagaimana tidak? Kandungan lemak baik, vitamin B6 dan potasium di dalamnya sangat bagus untuk meningkatkan gairah seksual. Mengonsumsi alpukat setiap hari bisa membuat vagina licin, memperkuat dinding rahim, dan meningkatkan kadar hormon estrogen.

Bahkan kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat juga sering direkomendasikan para dokter untuk memperbesar peluang kesuksesan program hamil melalui teknik bayi tabung.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Program Diet Kamu

Cokelat hitam

Cemilan yang menjadi favorit banyak orang ini, ternyata tak cuma dapat membantu memperbaiki suasana hati yang buruk. Tapi juga menjadikan vagina lebih sehat setiap saat.

Dengan kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi, dilansir dari Bedsider, perempuan yang memakan sepotong cokelat hitam sehari diketahui terbukti memiliki gairah seksual yang lebih stabil.

Ini karena cokelat hitam sangat kaya akan magnesium yang dapat membantu merilekskan saraf yang tegang, methylxanthines untuk meningkatkan libido, dan phenylalanine, sejenis asam amino yang memproduksi hormon kebahagiaan yang disebut dopamine.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Can diet improve a person’s vaginal health? https://www.medicalnewstoday.com/articles/327507#utis diakses pada 10 September 2020

8 Bites for Your Bits: Your Vagina’s Favorite Foods, https://www.healthline.com/health/womens-health/food-for-vagina diakses pada 10 September 2020

Foods that make your vagina happy and healthy (yes, really), https://www.bedsider.org/features/591-foods-that-make-your-vagina-happy-and-healthy-yes-really diakses pada 10 September 2020

    Berita Terkait
    register-docotr