Kesehatan Seksual

Viral Kondom Rasa Cimol, Cek Manfaat dan Risikonya bagi Kesehatan

April 1, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Beberapa saat yang lalu dunia maya dihebohkan dengan kemunculan kondom merek Fiesta rasa cimol hingga kopi kekinian.

Brand manager produsen kondom, David Dwi Santoso, mengatakan bahwa varian rasa tersebut diluncurkan berdasarkan tren terkini dan minat dari masyarakat.

Nah, penasaran dengan sensasi yang ditawarkan saat memakai kondom rasa tersebut? Jangan lupa cari tahu dulu apa manfaat dan risikonya lewat ulasan berikut.

Baca juga: Agar Aman, Yuk Ketahui Cara Memasang Kondom Wanita Secara Benar

Sekilas tentang kondom rasa

Pada dasarnya kondom rasa dirancang untuk digunakan selama seks oral. Bahan kimia penyedap rasa yang ada pada kondom, umumnya aman dan tidak menyebabkan iritasi pada mulut, tenggorokan, ataupun tangan.

Bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kondom adalah lateks yang memiliki bau dan rasa tidak sedap. Untuk menyiasati ini, kondom rasa kemudian dilapisi aroma tertentu untuk menutupi kedua hal tersebut.

Kondom rasa umumnya aman digunakan oleh siapa saja. Tapi jika kamu memiliki alergi lateks, maka sebaiknya tidak memakai benda ini saat beraktivitas seks.

Manfaat kondom rasa bagi aktivitas seksual

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari penggunaan kondom dengan rasa tertentu.

1. Meningkatkan permainan seks oral

Inilah alasan utama mengapa kondom memiliki rasa! Karena kondom tanpa rasa terasa tidak enak, kondom beraroma dirancang dengan cermat untuk meningkatkan kualitas seks oral.

Tapi apakah seks oral itu? Ini adalah bagian penting dari pemanasan, tepatnya saat kamu merangsang berbagai bagian tubuh pasangan dengan mulut, bibir, dan lidah.

Umumnya kaum pria menyukai sensasi ini, dan rasa pelumas pada kondom bisa menjadi daya tarik bagi wanita untuk melakukan seks oral pada pasangannya. Itulah manfaat utama dari kondom rasa.

2. Membuat pengalaman seksual menjadi lebih hidup

Seiring dengan perkembangan zaman, industri kondom secara konsisten telah mengubah dirinya untuk membuat seks terasa lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menciptakan kondom dengan berbagai rasa.

Kondom jenis ini dipercaya dapat membantu hubungan intim bersama pasangan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Sensasi rasa yang ditawarkan akan memberikan pengalaman unik dan mengesankan. Sehingga membuat kehidupan seksual menjadi semakin bergairah.

3. Mencegah tertular penyakit menular seksual

Pemakaian kondom tidak hanya berfungsi untuk membantu merencanakan kehamilan. Lebih dari itu, benda ini juga berfungsi untuk mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS).

Gangguan kesehatan tersebut dapat ditularkan melalui semua jenis aktivitas seksual, termasuk seks oral yang dilakukan tanpa perlindungan.

Dilansir dari Healthline, banyak PMS yang disebarkan melalui seks oral, meliputi klamidia, gonore, sifilis, HPV, dan bahkan HIV.

Itulah mengapa menggunakan perlindungan, misalnya dengan memakai kondom rasa, bisa menurunkan risiko terkena penyakit menular seksual saat melakukan seks oral.

Baca juga: KB untuk Ibu Menyusui yang Aman Apa Ya? Yuk Moms Simak 7 Pilihan Berikut

4. Aroma kondom rasa membuat suasana hati terasa senang

Kondom rasa biasanya dilengkapi dengan aroma khas yang melengkapi cita rasanya. Misalnya kondom rasa stroberi, akan memiliki aroma buah stroberi yang segar pula.

Bagi sebagian orang, mencium aroma seperti itu akan membuat suasana hati mereka menjadi senang dan lebih rileks saat berhubungan seks.

5. Menutupi bau alat kelamin

Selain menutupi aroma bau lateks, kondom rasa juga memiliki tujuan lain, yakni untuk menutupi bau alat kelamin saat kamu menginginkannya.

Banyak orang yang sebenarnya bukan penggemar bau alat kelamin yang khas. Karenanya, aroma kondom rasa dapat membantu menutupi hal tersebut, sehingga membuat kamu dan pasangan sama-sama nyaman saat berhubungan intim.

Dapatkah kondom rasa digunakan untuk seks vagina?

Dilansir dari Medlife, jawabannya adalah tidak. Salah satu alasannya adalah karena sebagian besar kondom perasa mengandung gula.

Pemanis yang digunakan untuk produk ini biasanya meliputi gliserin, aspartam, atau sakarin. Semuanya dapat memengaruhi keseimbangan pH vagina, dan meningkatkan risiko vaginosis bakteri atau kandida vagina.

Selain itu, bahan kimia penyedap rasa yang melapisi kondom juga berpotensi menyebabkan iritasi pada jaringan mukosa vagina.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Ayo Bandung, Demi Netizen, Fiesta Luncurkan Kondom Rasa Cimol Pedas dan Mie Goreng, diakses pada 31 Maret 2021
  2. Healthline, Why Are Condoms Flavored?, diakses pada 31 Maret 2021
  3. Medlife, Flavoured Condoms and Its Benefits, diakses pada 31 Maret 2021
  4. Time of India, What EXACTLY is the purpose of flavoured condom? We tell you,
  5. Durex, Why do Condoms have flavours?, diakses pada 31 Maret 2021
  6. The Sunday Times, Should you ONLY use flavoured condoms for oral sex? diakses pada 31 Maret 2021
    register-docotr