Kesehatan Seksual

Sulit Terangsang sebelum Berhubungan Seksual? Jangan Diabaikan dan Cari Tahu Penyebabnya!

February 28, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mengalami masalah yang berhubungan dengan seksualitas? Bicarakanlah dengan pasangan, apalagi jika menyangkut sulitnya terangsang saat akan berhubungan intim. Karena ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan seseorang sulit terangsang saat akan berhubungan seksual. 

Sebaiknya dibicarakan untuk mengetahui penyebabnya dan kemudian sama-sama mencari cara untuk mengatasinya. Nah, berikut adalah sejumlah penyebab yang membuat seseorang sulit terangsang saat akan berhubungan intim serta cara mengatasinya.

Baca Juga: Konsumsi Torpedo Kambing Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria, Benarkah Demikian?

Penyebab sulit terangsang saat akan berhubungan seksual

Sulit terangsang bisa terjadi karena rendahnya gairah. Ini bisa terjadi pada pria dan wanita. Ada banyak faktor yang menyebabkan ini terjadi. Meski ada beberapa kesamaan penyebab, tetapi ada beberapa perbedaan kondisi pada pria dan wanita.

Berikut sederet penyebab sulit terangsang pada pria dan wanita. 

Penyebab sulit terangsang pada wanita

Sulitnya terangsang saat akan berhubungan intim termasuk kedalam disfungsi seksual yang biasanya disebabkan oleh:

1. Masalah psikologis

Masalah emosional dan mental dapat memengaruhi gairah seksual, beberapa yang umum terjadi antara lain:

  • Adanya masalah hubungan dengan pasangan
  • Pikiran negatif
  • Stres
  • Trauma
  • Masalah kecemasan
  • Citra diri yang buruk.

2. Penyebab hormonal

Hal umum yang memengaruhi hasrat seksual adalah perubahan hormon. Semakin bertambah usia, akan memengaruhi hormon seseorang. Semakin menurun kadar hormon akan membuat kamu merasa tak bergairah.

Bagi perempuan, menopause juga akan berpengaruh pada hormon dan akan mengurangi gairah seksual.

Selain pertambahan usia, pada wanita beberapa hal ini juga akan memengaruhi kadar hormon dalam tubuh. 

  • Kehamilan
  • Menyusui
  • Penggunaan alat kontrasepsi, seperti pil KB.

3. Penyebab anatomi

Beberapa masalah anatomi yang memengaruhi sulitnya wanita terangsang antara lain:

  • Berkurangnya aliran darah ke vagina
  • Kerusakan saraf panggul
  • Infeksi vagina atau kandung kemih
  • Penipisan atau pengeringan jaringan vagina.

4. Penyebab lainnya

  • Pengaruh obat-obatan. Beberapa perawatan seperti mengonsumsi antidepresan juga bisa memengaruhi gairah seksual.
  • Perawatan medis. Orang yang mengidap kanker dan menjalani kemoterapi atau radiasi, bisa mengalami penurunan gairah dan sulit menerima rangsangan. 
  • Rangsangan yang kurang. Cobalah untuk lebih fokus melakukan foreplay. Menambah rangsangan bisa membantu kamu untuk lebih siap untuk berhubungan intim. 
  • Penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi sistem saraf dan vaskular, yang dapat memengaruhi hormon, aliran darah dan sinyal yang dibutuhkan tubuh untuk terangsang.

Penyebab sulit terangsang pada pria

Sama seperti wanita, ada sejumlah penyebab yang memengaruhi sulitnya terangsang. Beberapa penyebab tersebut antara lain:

1. Masalah psikologis

Pria yang mengalami masalah psikologis seperti stres, depresi, masalah kecemasan, trauma dan masalah dalam hubungan juga akan kesulitan terangsang. 

Saat sulit terangsang, penis tidak akan mengalami ereksi. Ketidakmampuan ereksi ini dikenal dengan istilah medis disfungsi ereksi. Jika mengalaminya, kamu perlu melakukan konsultasi dengan dokter. 

2. Penyebab hormonal

Seperti wanita, pertambahan usia juga berpengaruh pada gairah seksual pria. Cobalah untuk melakukan pemanasan lebih lama sebelum berhubungan seksual. Ini dapat membantu kamu untuk mempertahankan ereksi. 

3. Penyebab lainnya

Gaya hidup seperti merokok dan terlalu banyak minum minuman beralkohol juga bisa memengaruhi tingkat gairah seksual. Di luar itu, berikut beberapa penyebab sulitnya terangsang pada pria. 

  • Gangguan neurologis. Salah satunya adalah multiple sclerosis, yaitu penyakit yang memengaruhi sistem saraf. Di mana ini akan menyebabkan gangguan pengiriman sinyal impuls ke penis. 
  • Kondisi kesehatan yang berhubungan dengan aliran darah. Misalnya diabetes atau penyakit vaskular, dapat memengaruhi suplai darah ke penis. Ini juga akan memengaruhi rangsangan yang diterima. 
  • Pengaruh obat-obatan. Mengonsumsi obat yang menurunkan kadar testosteron juga dapat membuat libido rendah. Ini memungkinkan adanya gangguan terhadap penerimaan rangsangan. Obat tekanan darah adalah salah satu contohnya. 

Baca Juga: Mengenal Fingering saat Foreplay Hubungan Seks: Ini Risiko dan Tips Aman Melakukannya

Apa yang bisa dilakukan jika sulit terangsang? 

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah memperpanjang rangsangan. Kamu dan pasangan bisa melakukan foreplay dengan mengeksplorasi zona sensitif seksual. 

Dilansir dari Healthline, selain dengan dengan berciuman atau sentuhan, kamu dan pasangan juga bisa menggunakan mainan seksual untuk meningkatkan rangsangan. 

Jika tidak juga membantu, sebaiknya jadwalkan untuk melakukan konseling bersama ahli. Ajak pasangan untuk melakukan konseling. Jika memerlukan terapi, kamu dan pasangan juga perlu saling membantu untuk mengatasi masalah tersebut. 

Selain itu, komunikasi yang sehat antar pasangan dibutuhkan untuk membangun keintiman. Ini dapat membangun kembali kehangatan dan mendorong timbulnya rangsangan saat akan berhubungan intim. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar masalah kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 26 Februari 2021
Understanding Female Sexual Arousal Disorder
Healthline, diakses 26 Februari 2021
Everything You Need to Know About Female Arousal
WebMd, diakses 26 Februari 2021
Sexual Problems in Men
NHS, diakses 26 Februari 2021
Loss of libido (reduced sex drive)

    register-docotr