Kesehatan Seksual

Sakit saat Ejakulasi? Ini 7 Penyebab & Cara Mengatasinya!

June 13, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Munculnya rasa sakit saat ejakulasi bisa mengganggu aktivitas seks. Jika dibiarkan, hal itu mungkin juga berdampak pada hubunganmu dengan pasangan. Penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya agar mudah dalam mengatasinya.

Lantas, apa saja hal yang bisa membuat ejakulasi terasa menyakitkan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sakit saat ejakulasi, normalkah?

Dalam dunia medis, ejakulasi yang menyakitkan disebut dengan disorgasmia atau orgasmalgia. Kondisi itu dapat terjadi secara ringan atau nyeri parah, selama atau setelah ejakulasi. Bahkan, rasa sakit tersebut bisa menjalar ke penis, skrotum, dan bagian di sekitarnya.

Bicara normal atau tidak, sakit saat ejakulasi adalah hal yang tidak biasa. Sebab, kondisi itu dapat mengindikasikan masalah pada sistem reproduksi.

Penyebab sakit saat ejakulasi

Ada banyak hal yang bisa memicu rasa sakit saat ejakulasi. Mulai dari adanya masalah pada prostat, gangguan saraf, hingga faktor psikologis. Berikut beberapa penyebab munculnya rasa sakit ejakulasi yang perlu kamu tahu:

1. Peradangan pada prostat

Ejakulasi yang menyakitkan bisa disebabkan oleh masalah pada prostat, kelenjar yang ada di dekat kandung kemih. Prostatitis misalnya, bisa membuat prostat membengkak karena aktivitas peradangan.

Pembengkakan itu sering dipicu oleh infeksi saluran kemih dan kerusakan saraf. Bukan cuma prostatitis, pembesaran prostat atau BPH (benign prostatic hyperplasia) juga dapat menyebabkan sakit saat ejakulasi.

Khusus untuk kasus BPH, pria yang mengidapnya biasanya mengalami gejala lain seperti nyeri saat kencing dan sulit buang air kecil.

2. Kanker prostat

Meski sering tanpa gejala, pria yang mengidap kanker prostat bisa merasakan sakit saat ejakulasi. Tak hanya itu, gejala lain yang mungkin juga muncul meliputi disfungsi ereksi, darah dalam urine atau air mani, hingga masalah saat buang air kecil.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 6 Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda yang Sering Diabaikan

3. Efek operasi

Beberapa jenis operasi dapat memicu sejumlah efek samping, termasuk ejakulasi yang menyakitkan. Prostatektomi misalnya, yaitu prosedur untuk mengangkat sebagian atau semua bagian prostat dan jaringan di sekitarnya.

Prosedur itu umumnya digunakan untuk mengatasi kanker. Selain sakit ketika orgasme, operasi tersebut juga bisa menyebabkan efek lain seperti disfungsi ereksi dan nyeri di penis atau testis.

4. Masalah pada vesikula seminalis

Vesikula seminalis adalah kelenjar tempat sperma bercampur dengan air mani sebelum dikeluarkan saat orgasme. Adanya masalah pada kelenjar itu bisa menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi. Salah satunya adalah pertumbuhan yang sangat keras yang disebut batu.

5. Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS) dapat menimbulkan rasa sakit saat ejakulasi, lho. Rasa sakit itu bisa seperti sensasi terbakar atau nyeri hebat. Bukan hanya ketika ejakulasi, tapi juga terjadi saat buang air kecil. Klamidia dan trikomoniasis adalah dua IMS yang mempunyai gejala tersebut.

Baca juga: 13 Jenis Penyakit Menular Seksual dan Gejala yang Menyertainya

6. Gangguan saraf

Tak banyak orang yang tahu bahwa adanya gangguan pada saraf bisa menimbulkan rasa sakit ketika orgasme. Salah satunya adalah diabetes. Dikutip dari Medical News Today, pengidap diabetes sangat berisiko untuk mengalami ejakulasi yang menyakitkan.

Bukan cuma itu, cedera fisik juga dapat membahayakan saraf hingga menyebabkan sensasi yang tidak biasa selama ejakulasi.

7. Faktor psikologis

Faktor psikologis ternyata dapat menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi. Depresi, stres, cemas, dan tekanan pikiran dapat bermanifestasi sebagai gejala fisik, termasuk orgasme yang menyakitkan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Perawatan untuk ejakulasi yang menyakitkan tergantung dari penyebabnya. Jika berkunjung ke dokter, pemeriksaan lengkap yang mencakup konseling terkait kesehatan mental mungkin akan dilakukan.

Dokter mungkin juga menanyakan konsumsi obat saat ini dan masa lalu, serta riwayat infeksi menular seksual. Jika diperlukan, pemeriksaan panggul dan prostat dapat dijalankan untuk mendeteksi adanya masalah pada organ tersebut.

Berikut beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit saat ejakulasi:

  • Antibiotik untuk mengobati infeksi prostat atau IMS yang disebabkan oleh bakteri
  • Operasi untuk mengatasi kanker dan masalah prostat lainnya
  • Psikoterapi dan perubahan gaya hidup untuk menangani masalah psikologis
  • Kerusakan saraf mungkin tak dapat dipulihkan, tapi dokter bisa mencegahnya agar tidak memburuk
  • Terapi seks
  • Latihan dasar panggul untuk memperkuat otot yang terlibat dalam ejakulasi
  • Obat pereda nyeri dan pelemas otot

Nah, itulah ulasan tentang munculnya rasa sakit saat ejakulasi beserta penyebab dan cara mengatasinya. Jika mengalami keadaan tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 4 Juni 2021, 9 Possible Causes for Painful Ejaculation.
  2. Medical News Today, diakses 4 Juni 2021, Why does it hurt when I ejaculate?
  3. Men’s Health Foundation, diakses 4 Juni 2021, Painful Ejaculation.

    register-docotr