Kesehatan Seksual

Khawatir Berhubungan Seks saat Hamil? Ini Posisi Seks yang Aman dan Apa yang Harus Dihindari

June 18, 2020 | Husni Efendi | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pasangan suami isteri yang melakukan hubungan seks saat hamil, mungkin saja merasakan bingung atau ragu. Mulai dari pertanyaan apakah aman, hingga posisi seks saat hamil seperti apa yang nyaman.

Biasanya saat trimester pertama usia kehamilan, rasa mual yang sering terjadi dan rasa khawatir keguguran menjadi faktor penyebab enggan melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Namun, pada usia kehamilan selanjutnya, saat trimester ketiga, perut yang sudah membesar bisa menjadi persoalan saat ingin melakukan hubungan seks dengan pasangan. Ada posisi-posisi tertentu yang bisa dilakukan agar seks terasa tetap nyaman.

Posisi seks saat hamil

Tidak ada salahnya untuk bereksplorasi walaupun sedang hamil, yang terpenting memastikan kondisi kehamilan sehat dan aman, dikutip dari webmd.com.

Berikut beberapa posisi berhubungan intim saat hamil yang bisa dicoba, supaya aktivitas seks tetap bisa dinikmati bersama:

1. Posisi isteri di atas atau cowboy girl

Saat usia kehamilan, isteri dapat menggunakan posisi ini saat berhubungan. Posisikan isteri duduk di atas suami yang terlentang. Dengan perlahan lakukan penetrasi, dan mulailah permainan dengan ritme yang dibuat senyaman mungkin, jangan lakukan dengan tergesa-gesa.

Posisi ini disarankan, karena isteri bisa leluasa mengatur kecepatan dan kenyamanannya sendiri, sekaligus mengatur seberapa kedalaman penetrasi yang ingin dirasakan. Manfaat lain dari posisi ini adalah bagus untuk menghindari tekanan pada perut istri.

Posisi ini dapat menjadi salah satu pilihan selama masa kehamilan, dan suami tidak merasa berat dan tertekan oleh bobot isteri yang sedang hamil.

2. Posisi menungging atau doggie style

Posisi menungging atau doggie style bisa menjadi posisi alternatif isteri ketika melakukan hubungan seks saat hamil. Ini juga bisa dirasakan nyaman suami untuk melakukannya, karena penetrasi dapat dilakukan dengan posisi tubuh suami tidak banyak memberi tekanan pada perut.

Saat masa kehamilan, posisi ini menguntungkan untuk isteri karena akan membebaskan perut dari beberapa tekanan. Isteri hanya memosisikan diri untuk menungging senyaman mungkin dan bisa dilakukan di kasur atau sofa.

Kemudian suami melakukan penetrasi dengan perlahan dari arah belakang, selalu pastikan isteri tetap merasa nyaman saat melakukan gaya ini. Jangan ragu untuk saling mengomunikasikan kemauan masing-masing saat berhubungan intim, supaya keduanya bisa saling menikmati.

3. Reverse cowboy girl

Sama dengan posisi isteri di atas atau cowboy girl yang dibahas di awal tadi, perbedaan posisi ini hanya pada ke mana arah isteri menghadap. Saat pada posisi cowboy girl isteri menghadap ke suami, posisi reverse cowboy girl, isteri hanya perlu membelakangi suami.

Sensasi dari posisi ini menawarkan sudut pandang yang berbeda, dan isteri tetap bisa memegang kendali dalam permainan. Perut tetap nyaman karena tidak banyak tekanan, dan kenikmatan seks pun bisa didapatkan pasangan.

Posisi seks yang harus dihindari saat hamil

Beberapa poin di atas adalah alternatif posisi yang disarankan, tetapi selain referensi posisi yang nyaman bagi isteri yang sedang hamil, ada posisi berhubungan intim yang tidak disarankan untuk dilakukan saat masa hamil.

Beberapa posisi seks yang tidak dianjurkan saat hamil tersebut adalah:

1. Posisi missionary

Ini adalah posisi yang biasanya paling umum biasa dilakukan oleh setiap pasangan. Dengan posisi isteri di bawah dan suami di atas.

Namun, saat masa kehamilan, posisi ini tidak disarankan karena posisi isteri akan berada dalam kondisi berbaring dan terlentang saat melakukan hubungan intim.

Ini bisa berbahaya karena punggung dan syaraf tulang belakang akan mengalami tekanan yang berlebih, dengan penambahan bobot perut yang membesar.

Kemudian posisi suami yang berada di atas juga berpotensi membahayakan janin karena menekan perut isteri. Bisa dipastikan posisi ini tidak akan nyaman bagi isteri, karena salah satu pihak tidak nyaman tentu posisi ini tidak dianjurkan.

Selalu menjaga komunikasi dengan pasangan perihal posisi apa saja yang dirasakan nyaman atau tidak nyaman akan membantu masing-masing bisa menikmati kualitas hubungan seks yang diinginkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

– WebMD, Sex During Pregnancy: Is It Safe? diakses 16 Juni 2020

https://www.webmd.com/baby/features/sex-during-pregnancy-is-it-safe#1

 

– Verywellfamily.com, Sex Positions to Try During Your Pregnancy, diakses 16 Juni 2020

https://www.verywellfamily.com/sex-positions-for-pregnancy-2759947

 

– Medicalnewstoday.com, What to know about sex during pregnancy,  diakses 16 Juni 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321648

 

– Healthline.com, Will It Hurt the Baby? Plus 9 More Questions About Safe Pregnancy Sex, diakses 16 Juni 2020

https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnant-sex

 

– Womenshealthmag.com, The 11 Best Sex Positions Pregnancy Sex Positions, According To Doctors, diakses 16 Juni 2020

https://www.womenshealthmag.com/life/g19991030/pregnancy-sex-positions/?utm_campaign=womheal-2020-tradetracker&utm_medium=affiliate&utm_source=tradetracker&utm_term=137180

 

– Nhs.uk, Sex in pregnancy, diakses 16 Juni 2020

https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/sex-in-pregnancy/

    register-docotr