Kesehatan Seksual

Apa Penyebab Selangkangan Mengelupas dan Bagaimana Mengatasinya?

April 6, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Penyebab selangkangan mengelupas umumnya akan diawali dengan kulit gatal dan ruam. Rasa gatal pada area selangkangan seringkali tanpa sengaja terus-menerus digaruk sehingga memperburuk situasi.

Untuk mengatasi gatal pada kulit ini, maka perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Nah, jika ingin mengetahui penyebab selangkangan mengelupas lebih lanjut yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Panduan Aman Berhubungan Seks setelah Melahirkan yang Wajib Moms Ketahui

Apa saja penyebab selangkangan mengelupas?

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, selangkangan mengelupas akibat gatal termasuk masalah umum dan tidak selalu berkaitan dengan infeksi menular seksual.

Namun, terdapat beberapa beberapa penyebab selangkangan mengelupas yang perlu kamu ketahui yakni:

Infeksi jamur

Penyebab selangkangan mengelupas, salah satunya adalah akibat infeksi jamur yang seringkali disebut sebagai jock itch. Jamur biasanya hadir dalam jumlah kecil di kulit, namun jika pertumbuhannya berlebihan maka dapat menyebabkan infeksi.

Perlu diketahui, jock itch paling sering dialami pada atlet karena jamur dapat tumbuh dengan subur di kulit lembap dan hangat yang ditutupi pakaian ketat. Tanda umum dari infeksi jamur adalah ruam merah, bersisik, dan terasa sangat gatal.

Infeksi jamur lainnya bisa terlihat sedikit berbeda di mana akan tampak kering dan bersisik sehingga berpeluang menyebabkan kulit mengelupas. Biasanya, infeksi ini bisa berkembang di berbagai bagian tubuh, seperti alat kelamin, paha dalam, pantat, hingga lipatan bokong.

Reaksi alergi atau iritasi

Alergi atau iritasi juga menjadi penyebab selangkangan mengelupas paling umum di mana dapat berkembang pada pria, wanita, maupun anak-anak.

Namun, biasanya wanita lebih rentan terkena alergi atau iritasi karena penggunaan douche vagina, semprotan kebersihan feminim, dan panty liner beraroma.

Banyak faktor lain yang bisa menyebabkan reaksi alergi, termasuk sabun wangi, tisu basah, dan pakaian dalam. Karena itu, agar rasa gatal akibat alergi menghilang maka perlu menghindari faktor pemicu.

Penyebab selangkangan mengelupas akibat psoriasis

Penyebab selangkangan mengelupas lainnya bisa dikarenakan psoriasis. Psoriasis merupakan kondisi kulit umum yang penyebabnya tidak diketahui, tetapi dokter menduga masalah ini dikarenakan gangguan autoimun. 

Masalah kulit satu ini dapat menghasilkan ruam kemerahan, bersisik, dan gatal di bagian tubuh mana saja. Namun, biasanya psoriasis dapat berkembang di area genital, penis, skrotum, dubur, lipatan bokong, serta paha bagian atas.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah jenis ruam yang umum terjadi saat kulit bersentuhan dengan alergen atau iritan, seperti bahan kimia keras. Lateks pada kondom termasuk alergen yang dapat menimbulkan ruam.

Ruam ini dapat muncul di area genital dan sekitarnya, termasuk selangkangan. Penderita dermatitis kontak kemungkinan besar juga akan mengalami ruam merah yang sangat gatal sehingga berisiko menyebabkan kulit mengelupas.

Bagaimana cara mengatasi selangkangan mengelupas?

Jika kamu sudah mengetahui penyebab selangkangan mengelupas, maka tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya. Beberapa cara mengatasi selangkangan yang gatal dan mengelupas, antara lain sebagai berikut:

Jaga area selangkangan tetap kering

Area selangkangan yang basah dan lembap bisa menjadi tempat pertumbuhan jamur dengan cepat. Karena itu, untuk mengatasi kondisi ini maka kamu perlu menjaga agar area tersebut tetap kering dan tidak lembap.

Pastikan untuk menggunakan celana yang longgar agar kulit di area selangkangan tidak lembap.

Gunakan obat-obatan

Terlepas dari penyebabnya, rasa gatal dapat diobati dengan krim yang dijual bebas atau OTC, seperti hidrokortison. Obat ini dapat menenangkan peradangan dan meredakan rasa gatal serta ketidaknyamanan.

Untuk seseorang dengan gangguan autoimun, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan masalah tersebut. Namun, obat-obatan tertentu dapat membantu menekan sistem kekebalan sehingga gejala gangguan kulit ini dapat dikontrol.

Kunjungi dokter

Cara mengatasi selangkangan yang gatal dan mengelupas adalah segera menemui dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan yang tepat dan cocok dan melihat apakah ada penyebab penyebab lain dari infeksi.

Kesembuhan bisa didapatkan jika disertai dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Perubahan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu melawan infeksi apapun.

Baca juga: Mengenal Fingering saat Foreplay Hubungan Seks: Ini Risiko dan Tips Aman Melakukannya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Men’s Health (2020), diakses 1 April 2021. 8 Reasons Your Crotch Is Itchy
  2. American Academy of Dermatology Association, diakses 1 April 2021. 8 REASONS YOUR GROIN ITCHES AND HOW TO GET RELIEF
  3. Healthline (2019), diakses 1 April 2021. What Causes Groin Rash and How Is It Treated?
    register-docotr