Kesehatan Seksual

7 Pelumas Seks Alami Ini, Bikin Penetrasi Kamu Makin Mantap

October 2, 2020 | Richaldo Hariandja
no-image

Menggunakan pelumas untuk berhubungan seksual bertujuan untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan kering saat penetrasi penis ke vagina. Selain lubricant, ada juga pelumas seks alami yang dapat membantu kamu dalam hal ini, lho.

Sebenarnya, kamu tidak perlu pelumas karena secara alami vagina akan menghasilkannya saat berhubungan seksual. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu seperti saat menopause, produksi pelumas ini menjadi tidak berjalan baik.

Padahal, memastikan vagina tidak kering adalah hal penting untuk menghindari luka dan membuat penetrasi berjalan baik. Untuk itu, menggunakan pelumas seks alami berikut ini dapat menjadi pilihan kamu.

1. Putih telur sebagai pelumas seks alami

Kalau kamu pernah masak dan tidak sengaja menyentuh putih telur, kamu pasti perhatikan bagaimana zat itu tetap tinggal di jari dan terasa licin. Hal ini berarti putih telur bisa tetap tinggal di lokasi yang kamu oles dan menahan gesekan saat berhubungan seksual.

Akan tetapi, walau putih telur menyerupai sekresi vagina selama masa ovulasi, ternyata keamanan dari zat ini kalau dipakai dalam penetrasi seksual belum diketahui secara pasti.

2. Menggunakan lidah buaya

Banyak lubricant yang dijual di pasaran yang menggunakan pelumas seks alami ini sebagai bahan dasarnya. Lidah buaya sendiri banyak dipakai sebagai bahan alami untuk berbagai tujuan kesehatan, kecantikan dan perawatan kulit.

Meskipun demikian, mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

  • Kulit menjadi kemerahan
  • Terbakar
  • Sensasi pedas di kulit
  • Ruam
  • Reaksi alergi

Akan tetapi, kulit vagina tidak sama dengan kulit bagian tubuh lain, itu sebabnya kemungkinan pengolesan lidah buaya sebagai pelumas tidak akan menimbulkan efek tertentu.

3. Minyak zaitun sebagai pelumas seks alami

Seperti minyak alami lainnya, minyak zaitun dapat menambah kelembapan dan mengurangi gesekan dengan baik. Kulit tidak akan menyerap minyak ini, jadi dia akan menumpuk di pori-pori kalau tidak dibersihkan setelah digunakan.

Seperti produk pelumas seks dari minyak lainnya, jangan pakai minyak zaitun jika kamu melakukan hubungan seksual menggunakan kondom. Hal ini bisa merusak latex, bahan baku kondom.

4. Menggunakan minyak kelapa murni

Berbeda dengan minyak zaitun, minyak kelapa murni justru bisa diserap oleh kulit, sehingga tidak ada sisa yang tertinggal setelah digunakan. Selain itu, minyak yang bisa dijadikan pelumas seks alami ini juga bisa melembapkan kulit dengan baik.

Namun, hati-hati ketika menggunakannya karena minyak kelapa murni bisa meninggalkan noda di baju atau seprai kamu. Kamu juga sebaiknya tidak menggunakan bahan ini sebagai pelumas jika berhubungan seksual dengan kondom.

5. Minyak almond manis

Pelumas seks alami yang satu ini bisa melembapkan dan baik untuk kulit yang sensitif. Baunya yang enak membuat minyak almond manis bukan hanya bisa jadi pelumas, tapi bisa divariasikan untuk seks oral.

Kamu tidak perlu mengoleskannya secara berkala, karena minyak almond manis ini tahan lama untuk tinggal di kulit. Tapi kamu tidak boleh memakai minyak ini jika kamu berhubungan seksual menggunakan kondom, ya!

6. Mentega atau margarin

Kedua produk ini bisa kamu pakai sebagai pelumas seks alami karena karakteristiknya yang menyerupai minyak. Karena itu pula kamu tidak boleh memakai mentega atau margarin kalau kamu berhubungan seks menggunakan kondom, ya!

Salah satu mentega yang bisa kamu pakai adal ghee, mentega yang banyak ditemukan di selatan Asia untuk memasak. Situs kesehatan Healthline menyebut mentega tradisional ini memiliki properti yang dapat menyehatkan dan menyembuhkan penyakit.

Ghee juga bisa melembapkan dan aman bagi kulit yang sensitif. Karena produk ini adalah olahan susu, maka ghee tidak cocok untuk hubungan seksual yang dilakukan dalam durasi panjang.

7. Yogurt untuk pelumas seks alami

Situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut beberapa orang menggunakan yogurt sebagai pelumas alami atau sebagai pengobatan infeksi jamur. 

Yogurt yang tidak menggunakan perasa dan gula ternyata mengandung probiotik yang dipandang oleh berbagai orang dapat menurunkan bakteri yang ada di vagina. Meskipun demikian, anggapan tersebut masih belum terbukti secara ilmiah.

Demikianlah berbagai pilihan pelumas alami untuk kamu saat berhubungan seksual. Tetap jaga kesehatan dan berhubungan sex secara sehat ya!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. MedicalNewsToday (2020) diakses 01 Oktober 2020. Natural lube alternatives
  2. Healthline (2019) diakses 01 Oktober 2020. Everything You Need to Know About Natural Lube
    Berita Terkait
    register-docotr