Kesehatan Seksual

Mudah Dilakukan, Ini Berbagai Latihan untuk Tingkatkan Fungsi Seksual

March 21, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Olahraga atau latihan tertentu diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, ternyata terdapat beberapa latihan yang juga dapat meningkatkan kinerja dan fungsi seksual, lho. Apa saja? Yuk, ketahui selengkapnya di sini.

Mengenal sexercise dan manfaatnya

Sexercise adalah latihan yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan fungsi seksual, sehingga dapat membuat seks lebih terasa memuaskan saat bercinta. Perlu kamu ketahui bahwa latihan tertentu dapat meningkatkan kinerja seksual dengan berbagai cara, seperti:

Baca juga: 6 Posisi Seks yang Ampuh Bakar Kalori untuk Morning Sex, Apa Saja?

1. Menangani disfungsi ereksi (DE)

Pada pria, olahraga teratur, terutama latihan aerobik seperti halnya berlari atau berjalan dapat membantu untuk menangani DE. Bahkan, sebuah meta analisis pada 2017 menemukan bahwa latihan aerobik dengan intensitas sedang hingga tinggi dapat memberikan manfaat yang optimal.

2. Mengurangi risiko kondisi medis tertentu

Latihan tertentu juga dapat membantu untuk mengurangi risiko kondisi medis yang memengaruhi performa seksual, seperti diabetes yang memiliki kaitan dengan DE atau beberapa masalah seksual lainnya.

3. Tingkatkan fungsi seksual

Latihan tertentu juga dapat membantu memperkuat otot dasar panggul yang digunakan ketika berhubungan intim. Latihan kegel misalnya saja dapat membantu menangani inkontinensia urine.

Mengapa kebugaran fisik dapat memengaruhi performa seks?

Ketika kamu dalam kondisi fisik yang baik atau prima, ini dapat berarti kamu memiliki stamina, fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan yang baik pula. Di mana faktor-faktor tersebut juga dibutuhkan untuk meningkatkan performa seks.

Di sisi lain, olahraga juga tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik saja, melainkan juga kesehatan mental. Sehingga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berolahraga secara teratur juga dapat membantu melawan kecemasan hingga gangguan tidur.

Berbagai latihan untuk meningkatkan fungsi seksual dan tips melakukannya

Nah, berikut ini adalah beberapa latihan untuk meningkatkan kinerja dan fungsi seksual yang perlu kamu ketahui.

1. Latihan kardio atau aerobik

Latihan kardio atau yang juga dikenal sebagai latihan aerobik adalah latihan yang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari meningkatkan detak jantung hingga membantu darah membawa lebih banyak oksigen ke jantung dan seluruh tubuh.

Tak hanya itu, latihan aerobik juga dapat membantu menjaga berat badan sehat, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan kebugaran, serta mengatasi DE. Jika dilakukan dengan teratur, latihan aerobik juga dapat meningkatkan perfoma seks.

Adapun beberapa latihan aerobik tersebut di antaranya adalah:

  • Berenang
  • Berjalan
  • Latihan aerobik yang intens, seperti berlari atau jogging serta lompat tali.

2. Latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul dapat memperkuat dasar panggul, yakni sekelompok otot yang menopang kandung kemih. Otot-otot tersebut juga dapat berkontraksi selama orgasme. Berikut ini adalah beberapa latihan untuk memperkuat dasar panggul.

Senam kegel

Latihan kegel. Sumber foto: https://timesofindia.indiatimes.com/
  • Temukan otot yang tepat. Otot-otot yang kamu gunakan untuk menahan aliran air saat buang air kecil merupakan otot yang sama ketika kamu melakukan senam kegel.
  • Kemudian, kontraksikan otot dasar panggul dan tahan selama beberapa detik, kemudian lemaskan. Kamu dapat mengulangi latihan ini selama beberapa kali.
  • Pada awalnya, kamu dapat menahan otot selama 5 detik, kemudian tingkatkan durasi secara bertahap.

Squat

Squat. Sumber foto: https://www.sentinelassam.com/

Squat dapat membantu memperkuat tubuh. Tak hanya itu, latihan ini juga dapat memperkuat otot perut dan dasar panggul. Untuk melakukannya, kamu dapat melakukan gerakan seperti setengah jongkok, kemudian berdiri.

Ketika melakukan latihan ini, punggung harus dalam posisi lurus dan posisi tumit berada di lantai.

Baca juga: Mengencangkan Bokong dengan Gerakan Mudah Berikut Ini, Apa Saja?

3. Latihan fleksibilitas dan kekuatan

Latihan ini dapat membantu meningatkan fleksibilitas dan kekuatan, sehingga dapat lebih memudahkan untuk melakukan posisi seks tertentu. Beberapa latihan fleksibilitas dan kekuatan dapat termasuk:

  • Yoga dan pilates: Latihan ini befokus pada aktivitas yang meningkatkan fleksibilitas
  • Angkat beban: Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot. Sebagai contoh, seseorang yang ingin menggendong pasangannya dapat mencoba latihan yang memperkuat tubuh bagian atas
  • Bodyweight exercises: Bodyweight exercises seperti mengangkat kaki, melipat lutut, dan squat yang dapat memperkuat otot inti, tubuh bagian bawah, hingga otot dasar panggul. Selain itu, latihan push up dan pull up menargetkan tubuh bagian atas, yang mana ini juga dapat membantu memudahkan untuk melakukan posisi seks tertentu.

Itulah beberapa latihan untuk meningkatkan kinerja dan fungsi seksual. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

BMJ Journals (2017). Diakses pada 19 Maret 2021. Physical activity and exercise for erectile dysfunction: systematic review and meta-analysis

Medical News Today (2020). Diakses pada 19 Maret 2021. The benefits of sexercise and how to practice it 

    register-docotr