Kesehatan Seksual

Bikin Bahagia, Simak 5 Manfaat Ciuman untuk Kesehatan

December 24, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Berciuman adalah salah satu bentuk interaksi yang dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang. Tak banyak yang tahu, bahwa selain membuat hati menjadi senang, ada banyak manfaat ciuman untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Hal ini bahkan juga telah diteliti oleh berbagai studi ilmiah, lho. Penasaran apa saja hasilnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Penularan HIV Lewat Ciuman, Cuma Mitos atau Fakta?

Manfaat ciuman untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline dan beberapa sumber lainnya, berikut adalah manfaat ciuman yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan.

Memicu perasaan bahagia

Berciuman dapat memicu otak melepaskan senyawa kimia yang membuat hati merasa sangat bahagia.

Beberapa hormon tersebut di antaranya termasuk okitosin, dopamin, dan serotonin, yang berfungsi mendorong perasaan kasih sayang dan keterikatan.

Tindakan afeksi yang satu ini juga dapat menurunkan kadar kortisol penyebab stres di tubuh kamu. Tak heran jika para ahli mengatakan bahwa berciuman bisa menjadi “meditasi sensual,” yang membantu meredakan kecemasan.

Membantu menurunkan tekanan darah

Berciuman juga bisa meningkatkan detak jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh. Hal ini diutarakan oleh Andrea Demirjian, penulis buku, “Kissing: Everything You Ever Wanted to Know About One of Life’s Sweetest Pleasures.”

Ketika pembuluh darah membesar, aliran darah otomatis akan meningkat dan menurunkan tekanan darah. Wah, ini berarti ciuman itu baik untuk hati, secara harfiah maupun kiasan!

Manfaat ciuman untuk kesehatan: meredakan kram

Apabila kamu sering mengalami kram perut saat menstruasi, ternyata hal ini bisa diatasi salah satunya dengan mencium orang tersayang.

Ini bisa menjadi solusi karena pada saat berciuman pembuluh darah yang melebar dan aliran darah yang meningkat bisa membantu menurunkan rasa sakit akibat kram yang kamu alami.

Pada saat yang sama tubuh juga akan mengalami peningkatan hormon kebahagiaan seperti oksitosin. Ini dapat membuat kamu merasa lebih nyaman meski sedang mengalami kram.

Baca juga: Mudah Dibuat, Ini 7 Menu Sarapan Sehat untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

Mencegah gigi berlubang

Berciuman juga bisa merangsang kelenjar ludah memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak.

Dengan demikian mulut akan semakin terlumasi, sehingga makanan jadi lebih mudah ditelan. Ini secara tidak langsung dapat membantu mencegah sisa makanan menempel pada gigi, dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Membakar kalori

Menggunakan otot wajah saat berciuman secara aktif ternyata juga bisa membantu membakar kalori.

Penelitian menunjukkan bahwa kamu dapat membakar 2 hingga 26 kalori per menit, tergantung pada seberapa bersemangat kamu berciuman. Jadi tak ada alasan lagi untuk melewatkan kebiasaan baik ini bersama pasangan, bukan?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Shaping the oral microbiota through intimate kissing, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4233210/ diakses pada 11 Desember 2020

16 Reasons to Smooch: How Kissing Benefits Your Health, https://www.healthline.com/health/benefits-of-kissing#happy-hormones diakses pada 11 Desember 2020

 

 

 

    register-docotr