Kesehatan Seksual

Fantasi Seksual Suami Istri, Bikin Hubungan Makin Romantis

August 25, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Hampir semua orang memiliki fantasi seksual dan dianggap sebagai suatu hal yang tidak baik untuk dilakukan. Namun, nyatanya banyak pasangan menikah melakukan fantasi seksual karena memiliki banyak manfaat lho! 

Perlu diketahui, otak merupakan organ terpenting tubuh yang juga membuat seseorang menjadi kreatif, terutama dalam hal seks. Nah, untuk mengetahui manfaat seksual untuk suami istri yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Miliki Riwayat Penyakit Anemia? Yuk Ketahui Daftar Buah Penambah Darah!

Adakah manfaat melakukan fantasi seksual untuk suami istri?

Pasangan yang berkomitmen untuk berusaha secara sengaja memiliki fantasi tentang satu sama lain lebih cenderung ingin berhubungan seksual dan menghabiskan waktu berkualitas.

Fantasi seksual yang dilakukan oleh suami dan istri biasanya digunakan untuk meningkatkan gairah dan kepuasan seksual. Perlu diketahui, fantasi seksual dapat membuat diri sendiri dan pasangan menjadi lebih bersemangat.

Biasanya, fantasi seksual muncul karena berbagai hal yang berasal dari otak atau pengalaman di masa lalu. Nah, penjelasan lebih lengkapnya berikut beberapa manfaat melakukan fantasi seksual untuk suami istri yang harus dipahami.

Hubungan menjadi lebih baik

Meski dianggap tabu, fantasi seksual untuk suami istri memiliki manfaat meningkatkan hubungan menjadi lebih baik.

Jika kamu dan pasangan yang telah bersama selama bertahun-tahun dan melakukan fantasi seksual, maka diyakini bisa memberikan keajaiban dalam kehidupan seks.

Lebih dekat dengan pasangan

Melakukan fantasi seksual bisa membuat kamu dan pasangan menjadi lebih dekat.

Kedekatan secara fisik memiliki manfaat lain yakni mampu meredakan ketegangan dan frustasi melalui momen intim dari kegiatan fantasi seksual. Hal ini dapat pula membantu menghilangkan stres setelah hari yang melelahkan.

Perlukah membicarakan fantasi seksual dengan pasangan?

Kegiatan fantasi seksual sebenarnya tergantung dengan diri sendiri beserta pasangan dan bagaimana interaksi atau kepercayaan yang dianut dalam berumah tangga.

Jika dalam melakukan kegiatan seksual disertai dengan keterbukaan, maka beritahukan ide yang sudah tercipta di otak untuk berfantasi.

Memberitahukan salah satu fantasi seksual dengan pasangan menjadi hal penting untuk menjaga komunikasi tetap terjalin baik. Diskusikan juga bersama pasangan bagaimana kegiatan fantasi seksual tersebut bisa tersalurkan sesuai dengan keinginan. 

Hal lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan ketika membicarakan fantasi seksual dengan pasangan adalah temanya.

Beberapa hal ini harus dilakukan karena bisa membantu untuk mengenal pasangan dengan lebih baik dan meningkatkan kepercayaan dalam menjalin suatu hubungan, termasuk berumah tangga. 

Untuk membantu fantasi seksual bisa dilakukan dengan aman, kamu bisa melihat dari media seperti film, buku, atau hal yang memiliki unsur seksual lainnya. Percayalah dengan kemampuan pasangan agar fantasi seksual dapat berjalan dengan baik.

Perbedaan fantasi seksual antara pria dan wanita

Fantasi seksual dapat membantu suatu hubungan menjadi lebih baik dan menciptakan kebahagiaan tersendiri. Nah selain itu, perlu diketahui juga jika fantasi seksual antara pria dan wanita memiliki perbedaan.

Dilansir dari NCBI, pria berfantasi lebih dominan dari pada wanita dan cenderung berfokus pada keinginan dan kesenangan pasangannya. Hasrat dan kesenangan lebih terkait dengan erat dalam fantasi laki-laki daripada wanita sehingga keduanya merupakan konstruksi berbeda. 

Sementara untuk wanita, biasanya lebih cenderung memiliki fantasi seksual bersifat romantis. Perlu diketahui, seorang wanita juga bisa memiliki fantasi seksual yang meliputi penyerangan seperti dipaksa untuk melakukan hubungan seksual.

Perbedaan lain ketika melakukan fantasi seksual adalah pria cenderung lebih jelas dibandingkan wanita dan memiliki keinginan untuk berhubungan dengan pasangan di luar nikah.

Karena itu, jika kamu atau pasangan sudah memiliki fantasi dalam melakukan seks maka segera dibicarakan satu sama lain untuk menghindari kesalahpahaman.

Baca juga: Fakta-fakta Mutasi Virus Corona D614G: 10 Kali Lebih Mudah Menular

Kapan fantasi seksual perlu dikonsultasikan ke psikolog?

Fantasi seksual memang memiliki manfaat sangat bagus, terutama apabila dilakukan dengan pasangan setelah menikah. Namun, terlalu banyak memikirkan fantasi seksual juga tidak baik termasuk jika sudah mengganggu kegiatan sehari-hari.

Untuk itu, konsultasikan segera dengan psikolog atau psikiater untuk mengetahui penyebab utama dan cara tepat mengurangi fantasi yang muncul.

Biasanya, para ahli psikolog akan memeriksakan kondisi kamu dan pasangan dan menanyakan beberapa hal terkait dengan fantasi seksual yang sering dilakukan.

Masalah kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Psychology Today (2018), diakses pada 24 Agustus 2020. Sexual Fantasies: To Tell or Not to Tell?
  2. NCBI, diakses pada 24 Agustus 2020. Power, desire, and pleasure in sexual fantasies
  3. Idiva.com (2012), diakses pada 24 Agustus 2020. 5 Benefits of Sexual Fantasies
  4. Fatherly.com (2018), diakses pada 24 Agustus 2020. Fantasizing About Your Wife May Make You a Better Husband
    Berita Terkait
    register-docotr